Masuk

Tips

Beranda / Tips
Memasang Plafon Ada Aturannya, Ketahui Hal Berikut Ini

Oleh: Redaksi

Plafon atau langit-langit adalah bagian dari konstruksi bangunan yang sangat penting. Dalam merencanakan pembuatan plafon Anda harus mempertimbangkan desain dan material yang tepat agar plafon dapat memenuhi satu, dua, atau bahkan ketiga fungsi yang ada berikut:

• Fungsi keamanan: Plafon melindungi ruang dari tampias atau percikan air hujan, menahan jatuhnya kotoran dari celah-celah atap, dan mengantisipasi masuknya hewan pengganggu.  
• Fungsi kenyamanan: Plafon menciptakan ruang isolasi antara atap dan ruang dalam untuk mereduksi panas dan dingin yang merambat ke dalam ruang, sehingga tercipta kenyamanan termal. Plafon juga mereduksi bising air hujan yang jatuh ke atap, dan juga suara pesawat.  
• Fungsi keindahan: Plafon membuat ruang terlihat lebih bersih dan rapi. Plafon juga menutup rangka atap yang boleh jadi kurang menarik. Sebagai sarana dekorasi, plafon berguna sebagai tempat menggantung lampu atau dekorasi ruang.     

Plafon yang Aman dan Nyaman

pixabay.com

Pertimbangkan beberapa hal berikut agar plafon rumah Anda dapat memenuhi fungsi keamanan dan kenyamanan!
•  Pilih material rangka plafon yang kuat, misalnya kayu, hollow, dan aluminium. Konstruksi rangka plafon harus mampu menahan beban plafon dan elemen pelengkap seperti fixture lampu. Material juga tidak mudah lapuk dan harus tahan rayap dan hewan pengerat. Kini bahan logam banyak dipilih karena tidak mudah lapuk dan tahan rayap.
•  Pilih juga lembaran plafon yang tidak mudah lapuk oleh tampias atau tetesan air hujan, kuat menaham tumpukan kotoran, tahan terhadap rayap dan hewan pengerat. Beberapa material lembaran plafon, misalnya papan kayu lambersering, multiplek, gipsum.
•  Jika memilih material alami seperti kayu, bambu, baik untuk rangka atauun panel sebaiknya dilapisi dengan coating antirayap.   
•  Agar tercipta ruang isolasi dengan sirkulasi udara yang baik, tinggi plafon ideal dari permukaan lantai ±3 meter. Lebih tinggi relatif lebih baik (sekitar 3,5–4 meter atau lebih).

Baca Juga: 5 Cara Memilih Bahan Bangunan Berkualitas, Agar Tahan Gempa

Keindahan Plafon Menunjang Keindahan Ruang

pexels.com

Jika Anda memiliki cukup dana untuk pembuatan plafon maka rancanglah plafon yang tidak hanya kuat tetapi juga indah. Keindahan plafon akan mendukung keindahan ruang di bawahnya. Untuk terciptanya keindahan cermatilah beberapa hal berikut.  

• Pilih material plafon yang memancarkan keindahan, seperti kayu lambersering yang memberi kesan natural dan hangat atau bahan gipsum yang relatif mudah dibentuk sesuai selera
• Pilih desain plafon yang sesuai selera Anda dan juga gaya arsitektur hunian. Hunian bergaya modern tentu kurang pas jika diberi plafon penuh ornamen dan ukiran rumit seperti gaya klasik
• Pilih sistem penerangan dan fixture lampu yang mendukung keindahan plafon. Misalnya menggantung chandelier untuk hunian bergaya klasik
• Sesuaikan warna plafon dengan nuansa ruang. Warna terang pada plafon memberi kesan ruang yang lebih tinggi, dan sebaliknya warna gelap membuat ruangan terkesan lebih rendah. Namun jika Anda kurang yakin, warna putih bisa menjadi pilihan paling aman. Selain bersifat netral, warna putih juga membuat ruang terkesan lebih terang dan lapang
• Untuk menambah tampilan estetis plafon, jika perlu, gantungkan elemen dekoratif yang sesuai

Baca Juga: 5 Makanan Ini Ternyata Penyebab Bau Mulut, Perhatikan Mulai Sekarang