Masuk

Tips

Beranda / Tips
Mau Tampilan Rumah Lebih Modern? Benahi 7 Bagian Fasad Ini

Oleh: Redaksi

Mengubah fasad rumah agar tampil kekinian, bisa jadi pilihan agar rumah terlihat lebih segar dan menarik. Ada saatnya kita bosan dengan tampilan rumah dan ingin mengikuti desain terkini yang sedang digemari. Terlebih jika kita tinggal di sebuah kompleks perumahan, yang awalnya memiliki tampilan fasad sama persis dengan tetangga kanan-kiri. Fasad rumah bisa disiasati dengan melakukan eksplorasi bentuk, dan mengubah bagian-bagian tertentu, sehingga terlihat berbeda dan lebih menarik. Berikut adalah beberapa bagian yang bisa diolah dari fasad:

1. Dinding

pixabay.com

Dinding depan rumah yang ditinggikan, hingga menutup bentuk atap di baliknya, sering dilakukan untuk merubah tampilan fasad rumah. Langkah ini biasanya membuat tampilan rumah berubah cukup signifikan. Desain rumah dengan dinding muka bagian atas yang tinggi dan berbentuk kotak, menguatkan kesan modern. Agar tampilannya lebih apik, buat sentuhan lewat kombinasi material, semisal kamprot pasir dengan kisi-kisi kayu tersusun vertikal. Demikian juga dengan warna yang dikombinasikan, sehingga tampilannya jauh dari monoton.

2. Carport

rumahdijual.com

Keberadaan carport akan memengaruhi fasad rumah, sehingga perlu dipikirkan desainnya agar menyatu dengan tampak rumah secara keseluruhan. Jika gaya modern adalah pilihannya, gunakan atap transparan dari kaca atau fiber, agar tidak menutupi tampak bangunan. Jika lahan rumah tidak terlalu lebar, sebaiknya pilih jenis atap yang transparan, agar memberi kesan lapang. Pertimbangkan pula ketinggian carport, sehingga tetap estetis dan fungsional.

3. Atap

pixabay.com

Banyak pilihan bentuk atap, mulai dari atap datar hingga atap miring dengan banyak variannya, serta  ragam material. Melakukan eksplorasi bentuk atap konvensional, bisa jadi pilihan, tentunya dengan pertimbangan beberapa aspek yang mendasarinya. Semisal untuk pencegahan pancaran matahari secara langsung. Merubah bentuk atap dari atap datar menjadi atap miring atau sebaliknya, juga menjadi upaya signifikan untuk merubah fasad rumah.

Baca Juga: Membangun Tembok Tak Boleh Asal, Terapkan Langkah Ini Lebih Dulu

4. Jendela

pexels.com

Mengubah bentuk jendela, akan membuat tampilan fasad berbeda. Misalnya dari semula berbentuk kotak persegi yang berada di atas ketinggian 90 cm di atas lantai, bisa diganti dengan desain jendela yang menerus hingga lantai. Pilihan bentuk bukaan daun jendela juga patut dipertimbangkan. Untuk daerah tropis, pilih bentuk bukaan yang banyak lebar sehingga optimal memasukkan cahaya ke dalam ruangan.

5. Kanopi

rumahsukasuka.co.id

Berikan sesuatu yang berbeda pada area kanopi rumah, dengan membingkainya menjadi sebuah porte cochere yang cantik. Bisa dengan bentuk ukiran dari kayu, batu, atau cetakan GRC.  Area ini sekaligus bisa menjadi daya tarik yang bersifat mengundang dari sebuah bangunan.

6. Warna

pexels.com

Jika ada kendala berupa larangan untuk merubah bentuk fasad rumah, Anda bisa lakukan hal yang paling simple, yaitu mengecat fasad (dinding) rumah, sehingga nampak berbeda dari tetangga sekitar. Tentu saja, pilih warna yang Anda sukai. Warna putih bisa menjadi bidang kanvas yang pas untuk menampilkan warna-warna lain yang terletak di atas atau di depannya. Warna hijau dari elemen vegetasi akan nampak lebih hidup, dengan latar belakang warna putih.

7. Balkon & Secondary Skin

hug-fu.com

Membuat balkon mungil di lantai dua, cukup membuat tampilan fasad berubah. Tampilan bidang permukaan menjadi tidak monoton dan lebih dinamis, karena ada permainan bidang solid dan void. Jika rumah menghadap ke arah barat, pertimbangkan untuk membuat secondary skin, bentuknya bisa berupa kisi-kisi kayu, besi atau papan. Sehingga panas matahari sore tidak langsung masuk ke dalam rumah.

Baca Juga: 5 Hal Ini Perlu Diperhatikan Saat Merancang Rumah, Demi Hasil Bermutu