Masuk

Tips

Beranda / Tips
Mau Proyek Bangunan Berjalan Lancar? Jangan Lupa Bikin RAB!
Konstruksi Sipil | 10 Jul 2021

Sahabat Jago, sudah kenalan dengan RAB belum? RAB merupakan salah satu bagian yang harus dipahami saat akan memulai sebuah proyek bangunan. RAB adalah singkatan dari Rencana Anggaran Biaya, yakni upaya perhitungan biaya yang dilakukan sebelum mengerjakan proyek konstruksi ataupun bisnis secara umum. Perhitungan biaya dalam RAB antara lain meliputi bahan, alat dan upah, serta biaya-biaya lain yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan atau proyek tersebut.

Tak hanya sebagai proyeksi keuangan dari proyek yang akan dijalani, pembuatan RAB juga dapat membantu menjauhkan Sahabat Jago dari kemungkinan berhutang. Sebab dengan adanya RAB, perencanaan keuangan sampai pengeluaran telah dikelola dan diperhitungkan sematang mungkin. Tanpa RAB, Sahabat Jago bisa saja merugi karena terjadi pembengkakan biaya akibat pembelian bahan bangunan yang tidak sesuai dengan volume pekerjaan atau pengadaan peralatan yang tidak tepat.

Apa saja yang masuk di dalam RAB Bangunan?

Setidaknya ada empat poin dasar yang harus ada di dalam RAB sebuah proyek konstruksi. Berikut penjabarannya:

 

  • Jumlah total biaya pekerjaan

 

RAB yang dibuat harus berisikan uraian jumlah semua biaya material, peralatan, dan upah kerja, termasuk biaya pendukung lainnya. Setelah itu semua biaya yang tertera dapat dijumlahkan untuk melihat total biaya pekerjaan.

 

  • Daftar dan jumlah material yang dibutuhkan

 

Dalam RAB harus dipastikan jumlah masing-masing bahan yang dibutuhkan dalam sebuah proyek. Jumlah material dapat dihitung berdasarkan dari volume pekerjaan. Pastikan penghitungan jumlah material dilakukan dengan cermat untuk meminimalisir kesalahan.

 

  • Peralatan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan proyek

 

Selain material, Sahabat Jago juga harus mencatat di RAB, peralatan apa saja yang diperlukan selama pengerjaan proyek bangunan.

 

  • Pelaksanaan proyek

 

Dari kumpulan data kebutuhan material, peralatan, dan upah pekerja yang tertulis di RAB, Sahabat Jago pun dapat melihat jenis pekerja dan keahlian apa yang diperlukan, sekaligus kebutuhan kontraktor yang akan ditunjuk. Dengan begitu, diharapkan alokasi RAB akan lebih maksimal lagi. Pelaksanaan proyek juga bisa dilaksanakan menggunakan tukang harian, borongan, ataupun jasa kontraktor. 

 

RAB dalam Format Excel

Untuk membuat RAB, Sahabat Jago dapat memanfaatkan aplikasi atau software yang tersedia di internet. Selain itu, Sahabat Jago juga bisa menggunakan aplikasi Microsoft Excel yang mungkin lebih familiar penggunaannya. Sahabat Jago tinggal mempelajari saja rumus-rumus pada aplikasi Microsoft Excel untuk mempermudah perhitungan RAB. Berikut contoh RAB dalam Format Excel:

Bagaimana, Sahabat Jago.. tidak sulit bukan membuat RAB? Kunci penting yang harus selalu diingat saat membuat RAB adalah ketelitian. Perhitungan yang tepat dan cermat dalam RAB akan memudahkan Sahabat Jago dalam mengalokasikan budget yang memang sesuai dengan kebutuhan. 

Jika Sahabat Jago butuh konsultasi lebih jauh mengenai RAB ataupun perihal konstruksi bangunan lainnya, Sahabat Jago dapat segera menghubungi tim Jago Bangunan melalui Facebook.