Masuk

Tips

Beranda / Tips
Mau Membangun Rumah Hemat dengan Kualitas Hebat? Ini Caranya!
Konstruksi Sipil | 01 Oct 2021

Membangun rumah yang nyaman dan berkualitas adalah dambaan hampir setiap orang, barangkali termasuk Sahabat Jago juga. Rumah yang dibangun dengan bahan-bahan bangunan dan metode yang bermutu tinggi akan mampu bertahan lama, hingga anak cucu kita juga bisa menikmatinya. Namun, apakah rumah seperti itu bisa dibangun sehemat mungkin?

Tentu saja bisa! Sahabat Jago dapat membuat rumah dengan kualitas jempolan namun tidak banyak menguras tabungan. Bagaimana caranya? Ini tips ala Pak Jago.

Tentukan desain rumah yang ingin dibangun

 

Sebelum membangun rumah, Sahabat Jago perlu menentukan dahulu tipe rumah yang ingin dibangun. Apakah dengan gaya minimalis, industrial, Eropa klasik, Amerika klasik atau model lainnya? Apakah tipe 40, 60, 120, atau yang lain? Tipe rumah yang dibangun akan menentukan detil-detil di dalam konstruksi rumah, sehingga bisa mempengaruhi biaya yang dikeluarkan.

Tentukan RAB dan RAP pembangunan rumah

Di setiap perancangan bangunan, hampir dipastikan selalu ada RAB dan RAP. RAB adalah rencana anggaran biaya, sedangkan RAP adalah rencana anggaran pembiayaan. Di antara keduanya, RAB biasanya memiliki nilai anggaran lebih tinggi karena harganya sudah dilebihkan sedikit sebagai perkiraan yang lebih aman, sedangkan RAP mengikuti harga riil/nyata di pasaran.

Survei dan bandingkan setiap bahan bangunan

Sahabat Jago juga harus melakukan survei bahan bangunan yang hendak digunakan, dan membandingkan harga antara satu penjual dengan penjual lainnya sebelum membeli. Kalau bisa, carilah sekitar 3-5 toko bangunan terdekat dari lokasi pembangunan. Jangan langsung mengiyakan penawaran dari satu toko, siapa tahu di toko lain kita bisa mendapatkan bahan bangunan dengan harga yang lebih rendah.

Jangan lupa pula membandingkan kualitas bahan bangunan yang ingin kita gunakan, karena kita tentu ingin membangun rumah untuk dihuni bertahun-tahun lamanya. Pastikan memilih yang kualitasnya terjamin dan sudah terbukti, seperti halnya Semen Gresik yang sudah dipercaya banyak tukang dan pelaku konstruksi untuk memperkokoh segala jenis bangunan.

Tentukan jenis tukang bangunan yang diinginkan

Ada dua jenis tukang bangunan yang dapat kita pekerjakan untuk membangun rumah: tukang borongan dan tukang harian. Dengan mempekerjakan tukang borongan, kita tidak perlu was-was biaya akan membengkak, karena dalam sistem borongan akad/perjanjian sudah ditentukan di awal pembangunan. Di sisi lain, saat kita mempekerjakan tukang harian kita bisa mendapati hasil pekerjaan yang lebih bagus, karena tidak dilakukan dengan terburu-buru dan cenderung akan mengikuti dengan baik apa yang kita inginkan. Apapun jenis tukang yang kita pilih, kita harus ikut memantau progres rumah yang dibangun, misal sebanyak 2-3 kali seminggu.

Cari alternatif perlengkapan rumah di toko daring

Jika Sahabat Jago ingin membeli pelengkap kebutuhan rumah (seperti alat-alat kelistrikan, lampu, keran, dan lain-lain), tidak ada salahnya untuk melirik toko daring. Toko daring bisa menjadi salah satu alternatif membeli perlengkapan rumah, terlebih lagi dalam kondisi pandemi yang mau tidak mau menyulitkan kita untuk beraktivitas di luar rumah. Namun, pastikan dahulu dengan teliti kualitasnya sebelum dipilih.

Hal ini semakin dipermudah dengan hadirnya toko-toko resmi di situs jual beli daring. Dengan demikian, Sahabat Jago bisa mendapatkan bahan bangunan berkualitas langsung dari produsennya. Salah satunya tentu saja Semen Gresik, yang kini bisa didapatkan dengan mudah melalui toko resminya di Tokopedia.

Buat jadwal dan target pembangunan

Satu hal lagi yang jangan dilupakan adalah, Sahabat Jago perlu menjadwal dan menargetkan pembangunan rumah. Misalnya di awal berkoordinasi awal dengan pemborong, minggu ke-1 fokus membuat bowplank dan pondasi, minggu ke-2 tembok sudah jadi, dan seterusnya hingga bulan-bulan selanjutnya. Dengan demikian, ketika nantinya terjadi kemunduran pekerjaan kita bisa mencocokkan dengan progres yang kita rencanakan, sehingga kita dapat memperkirakan kemungkinan yang terjadi dan memutuskan apa yang mesti dilakukan.

 

Demikian tips membangun rumah yang hemat dengan kualitas yang hebat dari Pak Jago. Ikuti terus informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa berkonsultasi dengan Pak Jago lewat dua situs tersebut bila ada kendala yang perlu diselesaikan.

 

(Rama SP)