Masuk

Tips

Beranda / Tips
Mau Ikut Sertifikasi Tukang Pasang Bata, Juru Gambar, atau Juru Ukur? Baca Panduan Ini Dulu
Konstruksi Sipil | 14 Dec 2018

Oleh: Amin Zainullah

Sahabat Jago Bangunan, pelaksanaan uji sertifikasi tenaga konstruksi ada banyak sekali jenisnya. Biasanya dilaksanakan langsung tanpa pembekalan, namun yang umum dilakukan adalah peserta diberikan pembekalan terlebih dahulu berupa pelatihan sesuai bidang keterampilan yang akan diujikan. 

Berikut ini Pak Jago uraikan contoh pelaksanaan sertifikasi tenaga terampil yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Malang, bertempat di PPPPTK/VEDC Malang, yang diawali dengan pembekalan selama 2 hari, kemudian proses sertifikasi 1 hari.

Proses uji wawancara dalam sertifikasi tenaga kerja konstruksi di PPPPTK/VEDC Malang (dok. Jago Bangunan).

1. Pelatihan dan Sertifikasi Tukang Pasang Bata / kode TA-004

Peserta yang mengikuti pelatihan dan sertifikasi adalah para tukang yang sudah berpengalaman mengerjakan pembangunan gedung namun belum memiliki sertifikat. Selama 2 hari pelatihan mereka dilatih memasang bata ekspos (bata yang tidak diplester) oleh instruktur yang sudah berpengalaman dan muridnya pernah menghasilkan juara baik tingkat provinsi, nasional, regional (Asean Skills) maupun International (World Skills).

Untuk pelaksanaan sertifikasinya para peserta diharuskan membuat pasangan bata berupa pilar ukuran 1, 5 bata x 1,5 bata setinggi 10 lapis saja namun pasangan harus rapi, nat-natnya teratur jaraknya. Penilaian meliputi ketegakan, kerataan, siku dan kerapian. Praktek individual ini adalah dalam rangka menguji Keterampilan/Skills.

Proses uji sertifikasi tukang pasang bata di PPPPTK/VEDC Malang (dok. Jago Bangunan).

Ujian lainnya yaitu uji tertulis berupa test multiple choice/pilihan ganda yang merupakan Uji Pengetahuan/Knowledge. Terakhir mereka harus mengikuti wawancara yang merupakan Uji Sikap/Attitude. Ketiga penilaian di atas adalah proses penentuan apakah seseorang dinyatakan Kompeten/Belum Kompeten.

Gelar Edutainment Jago Bangunan, Semen Indonesia Beri Edukasi Tukang di Rembang dan Pacitan

Tim penguji terdiri dari 3 asesor LPJK Provinsi Jatim yang bekerja bersama-sama melakukan uji terhadap para peserta/asesi satu per satu dengan cara mengamati dan menilai praktek, kemudian mengoreksi hasil jawaban tertulis serta mewawancarai satu per satu.

2. Pelatihan dan Sertifikasi Juru Gambar / Drafter / kode TS-003

Untuk peserta pelatihan dan sertifikasi Juru Gambar/Drafter juga diadakan pelatihan cara membuat dan membaca gambar dari denah , tampak dan potongan, masih dengan cara manual yaitu menggambar dengan pensil di atas kertas ukuran A-3, karena sebagai dasar seorang juru gambar akan lebih baik jika sudah terbiasa menggambar dengan cara manual sebelum menggambar pakai komputer.

Proses uji sertifikasi juru gambar di PPPPTK/VEDC Malang (dok. Jago Bangunan).

Peserta harus tahu bagaimana memproyeksikan garis dari denah ditarik ke atas menjadi tampak, bagaimana cara membuat detail dengan skala besar sehingga akan sangat jelas konstruksi yang dimaksud. Jika sudah terbiasa dengan cara manual maka untuk meningkatkan ke gambar dengan komputer akan lebih mudah.

Wow! Begini Cara Memasang Bata Ringan yang Cepat dan Tepat Hingga 30 Meter Per Hari

Untuk uji skill mereka diharuskan menggambar kusen pintu tunggal, dengan potongan vertikal dan horizontal dalam skala 1 : 20 disertai ukuran lebar dan tinggi pintu, tinggi neut atau sepatu kusen, panjang kupingan dan jumlah angkur dalam waktu 120 menit harus dikumpulkan untuk dievaluasi hasilnya. Untuk uji pengetahuan mereka diharuskan menjawab pertanyaan dengan pilihan ganda dan diakhiri dengan uji sikap dengan cara wawancara.

3. Pelatihan dan Sertifikasi Juru Ukur / Surveyor / kode TS-004

Uji sertifikasi juru ukur/surveyor untuk keterampilannya mereka diuji cara menggunakan alat ukur berupa Pesawat Penyipat Datar (PPD) atau Waterpass Instrument untuk mengukur beda tinggi satu tempat dengan tempat lainnya. Secara bergantian mereka meneropong alat pengukur guna meyakinkan kepada asesor bahwa peserta menguasai penggunaan alat tersebut.

Proses uji sertifikasi juru ukur di PPPPTK/VEDC Malang (dok. Jago Bangunan).

Adapun soalnya sendiri relatif mudah, yaitu menentukan beda tinggi sengan kemiringan tertentu seperti pada pembuatan jalan, namun tingkat ketelitiannya lah yang menentukan benar/tidaknya hasil bacaan pada pesawat.

Seperti halnya sub bidang lainnya, maka untuk juru gambar juga mengerjakan uji tulis untuk menentukan tingkat pengetahuan dan uji wawancara untuk menentukan sikap/attitude, mereka juga harus menghadap team asesor guna menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan keterampilan yang sedang diujikan, apakah bisa dinyatakan kompeten/belum kompeten.

14 Kriteria Rumah Ideal Zaman Now, Cocok Untuk Dihuni 6 Anggota Keluarga

Itulah 3 jenis uji sertiikasi untuk tenaga kerja konstruksi yang terbilang paling sering diikuti ketimbang jenis uji sertifikasi yang lain. Manakah yang pernah Sahabat Jago Bangunan ikuti?

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani