Masuk

Tips

Beranda / Tips
Material Kayu Dimakan Rayap? Basmi dengan Cara Ini agar Tak Membahayakan Bangunan
Konstruksi Sipil | 18 Aug 2017

Oleh: Jerie

#SahabatJagoBangunan, material bangunan dari bahan kayu merupakan makanan segar bagi rayap. Tak hanya kayu, rayap bahkan memakan segala benda yang berselulosa seperti kain, karpet, dan kertas. Rayap dapat berkembang cepat pada tempat yang lembab dan kurang sinar matahari, dan bertelur puluhan ribu dalam sehari.

Kayu yang dimakan rayap tentu berkurang kekuatannya lantaran keropos hingga ludes tersisa serpihannya saja. Bayangkan jika kayu yang dimakan itu ternyata digunakan untuk konstruksi bangunan seperti rangka atap, kolom, dinding, balok ring, kuda-kuda, maupun rangka pintu, apa yang akan terjadi?

Kayu dimakan rayap. Sumber: disini.Kayu dimakan rayap. Sumber: disini.

Betul, sangat berbahaya jika rangka atap atau dinding yang habis termakan rayap. Akibatnya bangunan bisa roboh dan membahayakan penghuni rumah. Karenanya Anda perlu mengetahui bagaimana cara mencegah dan membasmi rayap agar konstruksi bangunan bermaterial kayu bisa tahan rayap dan aman digunakan.

Sebelum itu, #PakJago akan menjelaskan lebih dulu tentang jenis rayap yang berpotensi merusak konstruksi bangunan. Rayap terbagi menjadi 3 jenis:

Rayap tanah.

1. Rayap tanah. Rayap tanah ini bersarang di tanah dan dapat mencapai ketinggian puluhan meter diatas tanah. Bangunan bertingkat tinggi pun dapat dicapai oleh rayap tanah.

2. Rayap kayu kering. Rayap kayu kering ini bersarang di kayu kering, dan tidak membutuhkan kontak dengan tanah.

3. Rayap kayu basah. Rayap kayu basah ini bersarang di kayu basah, dan sama seperti rayap kayu kering, dia tidak membutuhkan kontak dengan tanah. 

Namun umumnya sebagian besar habitat rayap di dalam tanah, sehingga rayap tanah paling banyak muncul ditanah bangunan yang didirikan serta menyerang material kayu pada bangunan. Dalam koloni rayap tanah, dikenal 3 tingkatan:

- Rayap Pekerja

Merupakan rayap yang bertugas mencari makan dan membagikan makan ke koloninya. Rayap pekerja akan makan ke segala benda berbahan kayu atau benda yang berselulosa (kain, karpet, kertas) dan dapat berjalan sejauh ± 200 meter dari koloninya.

- Rayap Penjaga

Rayap penjaga jumlahnya lebih sedikit dari rayap pekerja. Mereka bertugas menjaga ratu rayap dari serangan serangga lain dan koloni lainnya. Rayap penjaga sangat gigih menjaga ratu rayap.

- Ratu Rayap

Ratu rayap dikenal juga dengan istilah laron. Ia bertugas untuk kawin dan berkembang biak. Laron yang keluar dari sarangnya akan berpindah dan terbang jauh, kemudian melepaskan sayapnya dan masuk kedalam tanah kembali. Laron jantan dan laron betina akan kawin dan melahirkan rayap-rayap baru. Jika sudah mencapai ribuan, rayap akan membentuk koloni sendiri.

Anda bisa mencoba memperhatikan kelompok dan jenis rayap serta perilakunya, agar memudahkan cara untuk membasmi rayap yang menyerang material kayu pada bangunan anda. Selain itu, #PakJago juga akan berbagi bagaimana cara ampuh membasmi rayap agar tak mau kembali lagi. Simak, yuk!

Basmi Rayap Sebelum Konstruksi Dimulai

Membasmi rayap sebelum pondasi dipasang. Sumber: disini.

Cara ini dinilai paling ideal dilakukan. Ialah pembasmian rayap tanah yang dilakukan bersamaan dengan penggalian tanah sebelum pekerjaan pondasi. Anda bisa menggunakan power spray untuk menyemprotkan obat anti rayap. Obat dapat meresap kedalam tanah dan ditunggu selama ± 12 jam sebelum pekerjaan pondasi dan pekerjaan konstruksi lainnya dilakukan.

Obat anti rayap ini dapat bertahan dalam jangka waktu ± 5 tahun. Secara tradisional dapat juga dilakukan dengan menebarkan batu kapur diatas tanah sebelum pondasi diterapkan. Batu kapur ini akan mengeluarkan panas, yang menyebabkan serangga menjauh dari lokasi bangunan.

Basmi rayap setelah Konstruksi Selesai

Membasmi rayap menggunakan power spray. Sumber: disini.

Cara ini dilakukan dengan memberi anti rayap setelah bangunan didirikan. Bahkan pada bangunan yang sudah terpakai dan terkena serangan rayap. Menggunakan power spray dengan cara injeksi atau pengeboran pada pondasi dan tanah. Injeksi obat anti rayap pada sisi luar, sisi dalam pondasi, dan sekitar tanah pondasi. Ini dapat lebih efektif dan obat dapat bertahan dalam jangka waktu ± 3 tahun.

Injeksi Kayu

Membasmi rayap dengan injeksi. Sumber: disini.

Cara ini dilakukan untuk mencegahan serangan rayap pada material bangunan dari bahan kayu, dengan cara injeksi obat anti rayap. Injeksi bisa dilakukan sebelum kayu terpasang atau bisa juga kayu dilapisi dengan spray obat anti rayap.

Sistem Umpan

Membasmi rayap tanah juga bisa dengan sistem pengumpanan. Umpan rayap akan menarik rayap pekerja untuk memakannya, yang didalam umpan telah diberi racun anti rayap. Secara tidak langsung, rayap akan mati dan tidak ada yang memberi makan koloninya. Ketika koloni tidak makan, maka seluruh koloni akan mati juga.

Membasmi rayap pakai sistem umpan. Sumber: disini.

Itulah cara membasmi rayap yang menyerang material bangungunan yang Anda gunakan, tertutama material kyu. Semua cara diatas harus dilakukan oleh tenaga ahli dari perusahaan jasa anti rayap. Biasanya layanan jasa anti rayap memiliki layanan lengkap mulai dari Pest Control (pembasmi kecoa, lalat, nyamuk, semut, sarang tawon); Pembasmi Rayap; Pembasmi Tikus dan Fumigasi (pembasmi hama). Tinggal pilih perusahaan jasa anti rayap mana yang sesuai kebutuhan anda.

#SahabatJagoBangunan, untuk mendapat informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun call center – bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel-artikel #PakJago berikutnya, ya.

 

Editor: Damae Wardani