Masuk

Tips

Beranda / Tips
Lusicon, Bata Ringan Berbahan Lumpur Lapindo yang Ramah Lingkungan
Konstruksi Sipil | 22 Jul 2017

Oleh: Jerie

Tahukah, #SahabatJagoBangunan, selain bata merah, kini pilihan material bangunan untuk konstruksi dinding kian banyak. Salah satunya bata ringan lusicon. Lusicon atau Lumpur Sidoarjo Conbloc, merupakan produk yang memanfaatkan lumpur panas Sidoarjo (atau lebih dikenal dengan Lumpur Lapindo).

Bentuk lusicon menyerupai bata merah dan berwarna kecoklatan. Komposisinya terdiri dari bahan yang ramah lingkungan. Terbuat dari ± 80% lumpur panas Sidoarjo, diproses kalsinasi yang dibakar pada suhu ± 800°C. Dicampur semen, agregat halus atau pasir, pasta aluminium, dan serbuk kapur. Campuran ini membuat Lusicon menjadi bata yang ramah lingkungan, kuat, awet, dan ukurannya presisi.

Berikut tabel perbandingan material bata ringan lusicon dengan bata merah dan bata ringan lainnya:
Melihat tabel perbandingan di atas, lusicon setara. Ini berarti lusicon mampu bersaing dan bisa disandingkan dengan bata ringan kualitas terbaik. Produk Lusicon dibuat modular dengan ukuran yang sama dengan bata ringan, sehingga lebih mudah diterima masyarakat.

Selain ramah lingkungan, seperti halnya bata ringan, pemasangan bata lusicon lebih mudah dan cepat. Proses tersebut tentu bisa menghemat biaya dan waktu pembangunan. Dengan membeli produk bata ringan lusicon juga berarti Anda membantu menambah nilai ekonomis untuk masyarakat Sidoarjo.

Nah, mau mencoba produk alternatif yang satu ini?

#SahabatJagoBangunan, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun callcenter – Bebas Pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel-artikel #PakJago berikutnya, ya.