Masuk

Tips

Beranda / Tips
Lestarikan Kearifan Lokal, Duta Terampil Semen Gresik di Pamekasan Ini Sukses Berbisnis Konstruksi Kayu Madura
Kisah Inspirasi | 15 Oct 2018

Oleh: Amin Zainullah

Pria bernama lengkap Agus Susanto ini dilahirkan di Pamekasan, 9 Oktober 1978. Ayah Agus, begitu ia biasa disapa, almarhum Mohammad Hanah ialah mandor bangunan yang dikenal berkualitas dan memiliki banyak anak didik. Bahkan setelah mahir, anak didiknya bisa menjadi pemborong di berbagai kota dengan bekal ilmu dan keterampilan yang memadai.

Dari latar belakang keluarga inilah, Agus mengenal pekerjaan konstruksi yang kini dipilih sebagai jalan hidupnya. Hingga kini Agus menjadi pemborong bangunan rumah tinggal berukuran sedang, maksimal terdiri dari 2 lantai. Namun untuk pembangunan pondasi, dinding, dan pekerjaan batu lainnya Agus serahkan ke rekan tukang bangunan lain untuk menggarap. Agus hanya mengambil pekerjaan kayu, mulai atap, jendela, pintu, maupun pekerjaan kayu lainnya di rumah tersebut, yang dibantu oleh beberapa tukang kayu lain.

Ternyata Gampang, Lho.. Begini Cara Menghitung Rancangan Anggaran Biaya (RAB) Rumah Secara Global #TanyaPakJago

Selain menjadi pemborong, Agus lebih banyak bergelut di bengkel kayu miliknya yang beralamat di Jl. Basar, Gang V No. 39, Kelurahan Bugeh, Pamekasan, Madura, persis di samping rumah tinggalnya. Di bengkel inilah Agus mengerjakan pesanan kusen, pintu, dan jendela. Tak hanya itu, Agus juga menerima berbagai pesanan perabot dari kayu jati dengan finishing ukir serta politur sistem sanding. Model-model kayu masif/solid minimalis juga sering dilayaninya.

Pintu kayu jati dengan ukiran khas Madura, karya Agus Susanto (dokumentasi Agus).

Tak hanya terbukti berkualitas, hasil karya Agus bahkan turut melestarikan kearifan lokal melalui pembuatan pintu jati dengan ukiran khas Madura. Materialnya pun menggunakan kayu jati yang ditanam dan tumbuh di tanah Madura. Kecuali jika pasokan menipis, Agus terpaksa mengambil bahan dari pulau Jawa. Bengkel kayu milik Agus sudah dilengkapi dengan peralatan modern seperti mesin ketam, mesin gergaji, mesin amplas, router, bor, kompresor, spray gun, dan alat lainnya guna memastikan produk yang dihasilkan berkualitas terbaik. Tak heran jika produknya menembus pasar di berbagai kota lain di pulau Jawa, terutama wilayah Jawa Timur.

Agus Susanto bersama para pemenang Lomba Tukang Nasional 2009 (dokumentasi Agus).

Keterampilan Agus sebagai tukang kayu memang tak perlu diragukan dan sudah diakui secara nasional. Pada 2009 silam, Agus berhasil menyabet Juara Pertama Lomba Tukang Nasional untuk bidang kerja kayu, dan menjadikannya kian percaya diri untuk menggeluti bidang ini. Berkat ketenangan jiwa dan keterampilan tangannya, Agus mendapat nilai tertinggi dalam waktu tercepat dibanding semua lawannya kala itu.

Wow! Ternyata Ini yang Terjadi pada Seorang Tukang Bangunan Setelah Istrinya Mimpi Kejatuhan Bulan

PT Semen Gresik pun mengakui bakat dan keahlian Agus dalam pekerjaan konstruksi. Tak hanya sebagai tukang kayu, Agus juga menguasai semua bidang pekerjaan tukang bangunan umum. Terbukti saat ia diuji dalam rangkaian kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Tukang Bangunan Semen Gresik 2008, Agus mendapat nilai tertinggi baik teori maupun praktik. Karenanya dalam kegiatan yang bertempat di Hotel Puri Pamekasan itu, Semen Gresik menobatkan Agus Susanto sebagai Duta Terampil Semen Gresik untuk Kabupaten Pamekasan

Agus menjadi salah satu peserta dalam kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Tukang Bangunan Semen Gresik tahun 2008 (dokumentasi Agus).

Buah keuletan Agus tak berhenti sampai di situ. Pada 2014 lalu, ia mendapat kesempatan untuk menunaikan ibadah umroh gratis dari program Arisan Tukang Bangunan Semen Gresik. Kala itu Agus termasuk salah satu dari 5 peserta yang mengumpulkan guntingan zak Semen Gresik terbanyak. Selain umroh, program Arisan Tukang ini juga membagikan total 881 hadiah senilai 440 juta, sebagai bentuk apresiasi Semen Gresik terhadap loyalitas pekerja konstruksi yang menggunakan produknya dan tergabung dalam komunitas binaan Semen Gresik bernama Komunitas Tukang Bangunan Semen Gresik (sekarang Komunitas Jago bangunan).

Selain bekerja di bidang konstruksi, Suami dari Siti Maryam ini juga aktif berperan di lingkungan, terutama di bidang keagamaan. Agus tercatat sebagai takmir masjid Al Ikhsan yang bertanggung jawab untuk mengurusi pembangunan dan perawatan masjid. Peran tersebut sudah dilakoni sejak masih dalam proses pembangunan masjid. Ia aktif membuat desain bangunan dengan bantuan ahli desain, hingga melakukan penggalangan dana dan mengorganisir pelaksanaan pembangunan yang kala itu masih dalam bimbingan almarhum ayahnya.

Simpel Banget, Begini Panduan Membuat Desain dan Konstruksi Bangunan Lapangan Futsal #TanyaPakJago

Bagi Agus, salah satu kunci suksesnya dalam berkarir adalah komitmen. Dalam menjaga hubungan kerja, komitmen sangat diperlukan agar pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Selain menjaga kualitas, ketepatan waktu pengiriman barang juga sangat diperhatikan agar tidak mengecewakan pelanggan. Bahkan jika ada pesanan yang sekiranya tidak cukup waktu untuk mengerjakan maupun mengirim, Agus memilih untuk tidak menerima pesanan tersebut ketimbang hasilnya tidak sesuai harapan.

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani