Masuk

Tips

Beranda / Tips
Lantai Keramik Tiba-Tiba Terangkat? Atasi dengan Cara Ini!
Konstruksi Sipil | 22 Oct 2021

Sahabat Jago pernah mengalami lantai keramik rumah yang terangkat sendiri atau menggelembung? Lantai keramik yang terangkat ini, atau biasa disebut “Popping”, tentu mengurangi keindahan lantai rumah Sahabat Jago. Jika ini tidak segera diatasi bisa memunculkan masalah lain, seperti kaki tersandung atau pecahan keramik yang tidak sengaja terinjak.

 

Penyebab Lantai Keramik Terangkat

 

Selain penggunaan keramik yang kualitasnya kurang baik, ada beberapa penyebab lain yang perlu Sahabat Jago ketahui agar peristiwa seperti ini bisa dihindari.

  1.   Perubahan Suhu Tanah

Meningkatnya suhu tanah adalah penyebab yang paling sering ditemukan. Peristiwa ini biasanya terjadi pada musim panas. Tanah, terutama tanah lempung, menyusut karena kering terkena panas. Meningkatnya suhu juga bisa membuat perekat mengalami muai susut sehingga keramik lepas dan terangkat.

  1.   Keramik Tidak Direndam Air

Sebelum dipasang, sebaiknya keramik direndam air lebih dulu agar perekat yang melapisi bawah keramik lebih mudah menempel dan daya rekatnya lebih kuat.

  1.   Beban Berlebih di Lantai

Sering meletakkan beban berlebih pada lantai ternyata menjadi penyebab lantai keramik terangkat. Ini disebabkan karena beban pada satu sisi keramik akan menekan atau mengungkit sehingga membuat keramik terlepas.

  1.   Udara atau Air Masuk Lewat Garis Nat

Garis nat yang tidak tertutup rapat bisa menjadi jalan masuk udara atau air. Perlahan, udara atau air ini bisa mengikis lapisan semen atau perekat di bawah keramik.

  1.   Dorongan Air dari dalam Tanah

Pemasangan keramik harus dilakukan dengan hati-hati dan perlu kecermatan tinggi. Jika pemasangan kurang tepat, bisa terdapat rongga atau celah di bawah keramik karena perekat yang kurang merata. Air dari dalam tanah bisa menembus celah-celah ini dan mendorong keramik sehingga terangkat.

 

Solusi yang Bisa Sahabat Jago Lakukan

 

Lantai keramik yang terangkat tentu tidak Sahabat Jago inginkan. Selain bisa membahayakan, suara berisik saat keramik diinjak juga cukup mengganggu. Jika ini terjadi, cara memperbaikinya adalah dengan mengganti bagian keramik yang terlepas. Langkah yang bisa Sahabat Jago lakukan adalah lantai keramik dibongkar lebih dulu, lalu pasang besi wiremesh ukuran 8 mm dengan jarak 15x15 cm. Besi wiremesh adalah rangkaian besi berbentuk seperti anyaman yang digunakan untuk memperkuat dak beton atau lantai. Besi wiremesh dicor dan ditunggu hingga benar-benar kering.

Lalu untuk pemasangan keramik, teknik yang benar adalah sisi luar keramik jangan diberi nat lebih dulu. Tunggu hingga pemasangan keramik selesai dan perekat benar-benar kering, atau lebih kurang 1x24 jam. Ini dilakukan agar udara yang ada di bawah keramik bisa keluar secara sempurna.

Demikian penyebab lantai keramik terangkat dan solusi yang bisa Sahabat Jago lakukan di rumah. Ikuti terus tips dan informasi seputar konstruksi dan desain bangunan di situs Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan. Sahabat Jago juga bisa #TanyaPakJago di situs dan Facebook jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.

Sumber: Frequently Asked Questions (pertanyaan yang sering diajukan) Facebook Jago Bangunan