Masuk

Tips

Beranda / Tips
Lakukan Ini untuk Mencegah dan Mengatasi Karat pada Pagar Besi
Konstruksi Sipil | 20 Sep 2017

Oleh: Dwi Klarasari

Salah satu kekurangan material besi ialah mudah berkarat. Karat terbentuk oleh proses korosi, yakni reaksi antara logam besi dengan air dan oksigen. Besi yang berkarat akan bersifat rapuh sehingga mudah patah atau ambruk. Nah, agar tidak mudah berkarat, objek besi yang berada di udara terbuka harus mendapat perlakukan khusus. Termasuk pagar besi.

Berkut ini #PakJago berbagi tentang cara mencegah dan mengatasi karat pada pagar besi. Selamat menyimak, #SahabatJagoBangunan.

Mencegah Terjadinya Karat

Sebelum terjadi korosi dan terbentuk karat pada pagar besi, idealnya dilakukan upaya pencegahan. Prinsip pencegahan adalah melindungi besi dari penyebab terjadinya karat, yakni air dan oksigen. Caranya dengan mengaplikasikan senyawa nonlogam yang sukar ditembus air dan udara, seperti cat. Pelapisan dapat dilakukan sebelum atau sesudah pagar dipasang. Berikut langkah-langkahnya.

(Sumber: disini)

- Bersihkan permukaan pagar dari minyak, noda, dan kotoran lain.

- Lakukan pengampelasan agar halus, lalu usap dengan lap kering dan bersih.

- Bersihkan permukaan pagar dengan thinner atau mineral spirit. Gunakan lap bersih.

- Jika pagar sudah kering sempurna, aplikasikan cat primer besi secara merata. Lalu biarkan mengering setidaknya selama satu hari.

- Setelah cat primer kering sempurna, aplikasikan cat besi sebagai pelapis akhir (top coat). Lakukan pelapisan sebanyak dua kali untuk memastikan permukaan besi terlapisi sempurna sehingga terhindar dari kontak dengan air maupun udara. Lakukan setelah lapisan pertama benar-benar kering.

Mengatasi Karat yang Sudah Terbentuk

Jika besi terlanjur berkarat, kemungkinan kondisinya terbagi dalam dua jenis. Pertama, pagar besi yang belum dicat tetapi berkarat karena terpapar udara terbuka. Kedua, pagar besi yang sudah dicat karena sebagian atau seluruh cat terkelupas, besi terpapar udara hingga terjadi korosi dan terbentuk karat.

(Sumber: disini)

#SahabatJagoBangunan dapat mengatasi karat tersebut dengan menerapkan beberapa langkah berikut.

- Bersihkan karat yang terbentuk. Gosoklah karat dengan sikat kawat, kape, atau ampelas. #SahabatJagoBangunan juga dapat memakai gerinda (pengampelas elektrik). Jika seluruh bagian pagar hendak dicat ulang, pembersihan karat dapat dilakukan bersamaan dengan pengerokan cat lama.

- Bersihkan debu karat, kupasan cat, debu dan kotoran lain. Sempurnakan pembersihan dengan lap yang telah dilembapkan dengan thinner atau mineral spirit. Untuk memastikan karat benar-benar bersih, usapkan lap yang telah direndam air sabun hangat seraya menyemprotkan air dengan bantuan penyemprot bertekanan tinggi.

Usaplah pagar dengan lap kering dan bersih, kemudian diamkan hingga kering sempurna. Jangan lupa periksa kembali kondisi pagar. Jika ternyata masih terdapat retak atau muncul pori-pori pada permukaan pagar, aplikasikan dempul untuk menutup atau meratakannya. Lalu ampelas lagi untuk meratakannya dan bersihkan sisa kotoran dengan lap bersih.

(Sumber: disini)

Aplikasikan cat primer besi secara merata pada seluruh permukaan pagar. Kemudian diamkan hingga benar-benar kering, setidaknya selama satu hari. Setelah cat primer kering sempurna, aplikasikan cat besi sebagai top coat secara merata hingga menutup seluruh permukaan pagar. Biarkan cat mengering sempurna, lalu aplikasikan lapisan cat kedua.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

- Pembersihan karat atau pelapisan pagar besi harus dilakukan saat udara cerah.

- Pilih cat besi eksterior yang sesuai untuk jenis pagar yang ada. Cat antikarat berdaya tahan tinggi akan membuat pagar terlihat indah dan tidak mudah berkarat meski terpapar cuaca.

- Selama proses kerja, terutama saat pembersihan karat, #SahabatJagoBangunan harus mengenakan perlengkapan K3, seperti sarung tangan, masker, dan kacamata pengaman. Ketahuilah, karat yang mudah larut dan diterbangkan udara sangat berbahaya bagi kesehatan.

Demikian berbagai tips dari #PakJago terkait pengatasan karat pada pagar besi. Semoga bermanfaat.

Jika #SahabatJagoBangunan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Jangan lupa simak artikel #PakJago yang lain.

Editor: Damae Wardani