Masuk

Tips

Beranda / Tips
Lakukan Ini Agar Cat Dinding Tidak Mengelupas
Desain Bangunan | 16 Feb 2021

Lakukan Ini Agar Cat Dinding Tidak Mengelupas

 

Cat tembok yang cepat mengelupas dapat menyebabkan anggaran perawatan bangunan membengkak. Ada banyak penyebab cat cepat mengelupas. Di antaranya dinding yang lembab, penggunaan cat dasar yang tidak tepat, hingga dinding yang tidak dibersihkan sebelum mengecat. Agar cat tembok bangunan Anda lebih awet dan tahan lama, perhatikan hal-hal penting berikut.

 

1.Gunakan Cat Eksterior

Jika cat bangunan rumah yang cepat mengelupas ada di bagian luar, Anda bisa menggunakan cat khusus luar ruang atau cat eksterior. Dibandingkan cat biasa atau cat interior (dalam ruang), cat eksterior mempunyai ketahanan yang lebih tinggi.

Bahkan, beberapa merek tertentu mempunyai zat pelindung khusus untuk mencegah tumbuhnya jamur. Cat eksterior pada dasarnya lebih tahan terhadap cuaca ekstrem dan cahaya matahari. Dengan begitu, warna cat tidak mudah pudar. Cat pun tidak mudah terkelupas.

 

Gunakan cat Exterior

 

2.Gunakan Cat Dasar, Bukan Plamir

Plamir tembok merupakan material untuk melapis tembok berupa cairan putih yang merupakan campuran dari kalsium, lem, dan air.

Fungsi utama plamir adalah meratakan dinding yang akan dicat. Namun pada umumnya produk plamir di pasaran hanya disarankan untuk penggunaan pada dinding interior. Pada dinding eksterior, plamir cenderung cepat mengelupas terkena terpaan hujan dan panas.

 

Sedangkan cat dasar diaplikasikan pada seluruh dinding sebelum dilakukan pengecatan dengan cat tembok. Dalam kaitannya mencegah cat dinding mengelupas, cat dasar berfungsi untuk :

  •   Menutup pori-pori atau permukaan yang tidak rata. Setelah penggunaan plamir masih dimungkinkan adanya pori-pori kecil pada dinding dan kurang rata, maka dibutuhkan cat dasar untuk menyempurnakannya.
  •   Menyekat antara lapisan dinding dalam dan luar, sehingga kandungan alkali tidak akan masuk ke lapisan cat. Dengan mencegah alkali masuk ke lapisan cat, maka cat akan terhindar dari pengapuran. 

 

 Gunakan cat dasar untuk semua permukaan dinding  (interior maupun eksterior)

  3.Pilih  Cat Warna Cerah

Cat warna cerah seperti merah muda, hijau muda, dan kuning lebih tahan lama dibandingkan cat warna gelap. Cat warna gelap lebih cepat pudar dan mengelupas karena lebih menyerap panas terik matahari. Bila menghendaki warna gelap, Anda dapat memilih warna pastel abu-abu sebagai alternatif. Merek cat sekarang memiliki pilihan warna beragam. Bahkan Anda dapat memesan warna cat. Pabrik cat akan mencampurkan setidaknya 2 warna untuk membuat warna cat tersebut. Jadi, bilapun tidak menyukai warna cerah, Anda tidak kekurangan pilihan warna cat.

 

  

 

 

4.Gunakan Roller Saat Mengecat

Untuk menghindari cat tidak terlalu tipis atau tebal saat diaplikasikan ke tembok, Anda sebaiknya menggunakan roller. Selain membuat cat lebih rata, penggunaan roller juga mempercepat proses pengecatan.

Saat mengecat menggunakan roller, pastikan pola pengecatan Anda menyerupai huruf MS atau WS.

 

 Gunakan Stroller

 

5.Periksa Kebocoran Bangunan

 

Selain kesalahan pemilihan cat atau penggunaan alat saat mengecat, kondisi bangunan juga dapat menjadi penyebab cat cepat mengelupas.

Coba periksa semua bagian bangunan, terutama di area dinding yang catnya mengelupas. Apabila kondisi permukaan dinding tersebut lembab, biasanya di sekitarnya ada rembesan air. Jika itu masalahnya, maka segera cari titik asal kebocoran dan segera perbaiki dahulu sebelum Anda memperbarui cat tembok.

 

Periksa kebocoran

 

Konsultasi Jago Bangunan

Bagaimana #SahabatJagoBangunan? Apakah penyebab cat tembok Anda dapat terjawab melalui artikel pembahasan ini? Jika Anda masih memiliki pernyataan mengenai cat tembok atau hal seputar konstruksi lainnya, Anda dapat menghubungi kami melalui website Jago  Bangunan dan Facebook Jago Bangunan.