Masuk

Tips

Beranda / Tips
Lakukan 6 Hal Ini untuk Mewujudkan Konstruksi Berbasis Penataan Lingkungan
Konstruksi Sipil | 16 Sep 2017

Oleh: Riyaz Riyadi

#SahabatJagoBangunan, untuk proyek bangunan dengan skala besar tentu memiliki berbagai tahap konstruksi. Mulai dari penghitungan luas wilayah, teknis bangunan, dan hingga pertimbangan lingkungan sekitar. Karenanya, tukang bangunan harus mengetahui beberapa unsur lingkungan hidup yang dapat menimbulkan dampak buruk pada lingkungan selama tahap konstruksi.

Lau bagaimana langkah yang perlu dilakukan untuk menghindari dampak lingkungan dan sosial dalam sebuah proyek pembangunan? Berikut tips dari #PakJago.

1. Merekrut tukang bangunan setempat

(Sumber: disini)

Pengadaan tenaga kerja atau tukang bangunan berpotensi menimbulkan kerawanan sosial. Saat #SahabatJagoBangunan menerima proyek di kota A, misalnya, maka usahakan menggunakan tenaga kerja dari kota A tersebut, bukan dari kota lain. Ini dimaksudkan agar tidak membuat kecemburuan atau konflik internal dengan masyarakat sekitar lokasi pembangunan yang juga berprofesi sebagai tukang bangunan atau bekerja di bidang konstruksi.

2. Memilih alat konstruksi yang tepat

(Sumber: disini)

Menggunakan alat kontruksi yang tepat dan sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar, harus menjadi pertimbangan sebelum memulai proses kontruksi ya, #SahabatJagoBangunan. Jika peralatan yang digunakan sembarangan, bisa jadi akan menimbulkan dampak pencemaran udara, kebisingan, dan kerusakan jalan yang ada di lingkungan tersebut.

3. Pengadaan material dan proses konstruksi yang ramah lingkungan

(Sumber: disini)

Pengadaan material juga harus diperhatikan, #SahabatJagoBangunan. Bukan hanya soal material pembangunan yang ramah lingkungan, tapi proses penggarapan konstruksinya juga harus ramah lingkungan. Limbah material dari proses konstruksi yang tidak rapi akan menimbulkan penurunan keseimbangan lingkungan di kemudian hari. Karenanya, tukang juga dituntut untuk mampu menjaga kebersihan lingkungan kerja, mulai dari awal hingga akhir pengerjaan.

4. Tidak merusak konstruksi badan jalan

(Sumber: disini)

Proyek konstruksi yang besar jelas membutuhkan material yang tidak sedikit. Untuk mengangkut material tersebut, akan membuat banyak kendaraan material berlalu lalang dan bolak-balik melewati jalan yang sama. Ini bisa mengakibatkan kerusakan badan jalan jika dilakukan terus menerus.

Bahkan akan menimbulkan kemacetan, kebisingan, penurunan kualitas udara, dan kesehatan masyarakat. Karenanya, perlu diperhatikan bagaimana solusi pengangkutan material tidak berdampak buruk untuk lingkungan sekitar.

5. Penyiapan tanah dasar di siang hari

(Sumber: disini)

Penyiapan tanah dasar (pembersihan dan pengupasan tanah) akan menimbulkan pencemaran udara, kebisingan, dan penurunan kualitas air permukaan. Sehingga lebih baik jika #SahabatJagoBangunan tidak memilih waktu di malam hari untuk pemasangan ceker ayam pada banguna besar, karena akan menimbulkan kebisingan yang sangat mengganggu masyarakat sekitar.

6. Pembangunan struktural bangunan yang rapi

(Sumber: disini)

Dalam proses pengerjaan struktur bangunan ini diperkirakan akan menimbulkan gangguan lalu lintas, bising, polusi udara, hingga pencemaran lingkungan seperti peningkatan sedimen sungai. Usahakan semua gangguan itu sudah disiapkan solusinya jauh sebelum pembangunan dilaksanakan. Lantaran yang merasakan dampak bukan saja para tukang yang sedang bekerja, tapi juga masyarakat sekitar lokasi pembangunan.

#SahabatJagoBangunan, proyek pembangunan dapat dikatakan tidak layak jika mengakibatkan penurunan kualitas udara, kebisingan yang tidak memenuhi standar, maupun kerusakan tumbuhan dan habitat hewan di lingkungan sekitar.

Sebaliknya, jika pembangunan tersebut memberikan dampak positif dari sisi kebermanfaatan bangunan, seperti pembuatan irigasi sawah, pengendalian banjir, sarana pembangkit tenaga listrik, atau sarana pariwisata yang ramah lingkungan; dan proses pengerjaan konstruksi dilakukan dengan benar, tentu proyek pembangunan tersebut dapat dikatakan berhasil. Bagaimana pendapat Anda, Sahabat?

Jika #SahabatJagoBangunan ingin mendapatkan informasi lebih lanjut atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil, dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656.Dua penanya terbaik setiap bulan akan mendapat hadiah menarik dari Semen Gresik.

Sampai bertemu di artikel #PakJago yang lain ya, Sahabat.

Editor: Damae Wardani