Masuk

Tips

Beranda / Tips
Lakukan 4 Aktivitas Ini Agar Kesehatan Tulang Tetap Terjaga
Kesehatan | 17 Nov 2017

Oleh: Dhafintya Noorca

Tulang berfungsi penting pada tubuh. Bukan hanya sebagai penggerak badan, fungsi penting lainnya adalah sebagai pembentuk struktur tubuh serta pelindung otak, sistem saraf, dan menjaganya dari benturan dan cedera. Tulang juga berperan sebagai tempat menyimpan mineral, seperti kalsium dan fosfor yang menjaga tulang makin kuat.

Semakin bertambah usia, kita harus fokus adalah menjaga dan melindungi tulang agar tetap kuat karena pengeroposan dan kerapuhan tulang juga makin besar. Bila tak diantisipasi, penyakit seperti osteoporosis dan kiposis mengancam masa tua #SahabatJagoBangunan.

Baca Juga: Jangan Emosi, Lakukan 8 Tips Ini Jika Sakit Gigi Menyerang Tiba-Tiba

Pekerja bangunan yang banyak bertumpu pada aktifitas fisik harus menjaga kesehatan tulangnya. Salah posisi saat mengangkat dan mengangkut material bahan bangunan dalam waktu dekat mungkin akan berbuah pegal di badan, tapi lama kelamaan hal ini bisa mempengaruhi kesehatan tulang.

Agar tulang bisa tetap dalam kondisi prima ditengah gempuran pekerjaan fisik #SahabatJagoBangunan, ini tips dari #PakJago:

1. Pastikan tubuh mendapat cukup asupan kalsium dan vitamin D

(Sumber: disini) 

Kalsium dan vitamin D adalah makanan utama untuk tulang. Anda dapat menemukan kalsium dan vitamin D dalam makanan seperti susu, kuning telur, kacang-kacangan, kedelai, brokoli, juga ikan seperti salmon, dan tuna. Ada juga sumber vitamin D yang bisa didapatkan dengan gratis yaitu paparan sinar matahari.

Sinar matahari pagi merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah berbagai penyakit. Tapi jangan berada di paparan sinar matahari saat sedang terik, rentang waktu sampai dengan pukul 9 pagi adalah waktu terbaik.

2. Perbanyak aktivitas fisik

(Sumber: disini)

Untuk yang satu ini, Pak Jago yakin Sahabat adalah ahlinya. Setiap hari fisik ditempa dengan aktivitas yang membuat tulang tidak hanya sehat, tetapi juga menjaga kebugaran tubuh. Aktivitas fisik melatih tulang agar tetap bergerak aktif.

Bagi para pekerja dengan aktifitas fisik yang tinggi, resiko terkena penyakit lebih rendah dibanding pekerja kantoran. Tapi Sahabat juga jangan lupa membekali tubuh dengan asupan yang bergizi, dan pengetahuan yang memadai tentang teknik dalam bekerja.

3. Mengenali cara kerja cerdas, bukan kerja keras

(Sumber: disini)

Sahabat juga harus tahu saat bekerja, ada beberapa pengetahuan dasar tentang teknik dasar dalam bekerja dan alat yang dapat digunakan untuk memperingan beban kerja. mengangkat dan mengangkut beban jika tidak dilakukan dengan benar dan hati-hati dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja.

Bagian tubuh yang paling beresiko terkena dampak adalah tulang belakang, karenanya teknik yang benar serta alat yang ergonomis sangat diperlukan untuk efektivitas dan efisiensi kerja. Seperti cara mengangkat beban yang telah dibahas di artikel sebelumnya.

4. Jauhi rokok dan alkohol

(Sumber: disini

Merokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Jika Anda merokok, Anda dianjurkan untuk berhenti. Pasalnya, merokok dapat mengganggu penyerapan kalsium sehingga kalsium yang disimpan dalam tubuh justru terbuang sia-sia.

Akibatnya, tulang Anda tidak dapat berfungsi dengan baik. Tidak hanya rokok, alkohol juga membawa pengaruh buruk bagi tulang Anda. Pecandu alkohol berat terbukti berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis.

Baca Juga: Bahaya, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan, Ya!

Bagaimana, Sahabat? Ternyata menjaga kesehatan tulang tak serumit yang Anda pikirkan, bukan? Coba kembali tengok pola hidup Anda yang sekarang, dan rubah yang tidak bermanfaat agar di masa depan Sahabat bisa tetap bugar seperti sekarang.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan, Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya.

Editor: Damae Wardani