Masuk

Tips

Beranda / Tips
Konsumsi Suplemen Agar Tetap Bugar
Kesehatan | 21 Jun 2017

Puasa Bukan Alasan Kehilangan Semangat Kerja, Ini Tipsnya !         

Bulan puasa adalah bulan penuh rahmat. Di bulan yang selalu ditunggu-tunggu kedatangannya oleh umat muslim sedunia ini, aktifitas harus tetap jalan. Bekerja harus tetap semangat dan jangan sampai kendor. Apalagi untuk pekerja bangunan yang mengutamakan fisik saat bekerja. Para pekerja tetap bisa kok semangat kerja sambil berpuasa dengan melakukan tips berikut:

Konsumsi suplemen agar tetap bugar

            Pekerjaan yang mengandalkan fisik seperti pekerja bangunan tentu harus memperkuat tubuhnya dengan asupan selain dari makanan dan minuman. Saat berpuasa, konsumsi suplemen atau vitamin dapat membantu kebugaran tubuh. Suplemen dapat membantu Anda memastikan telah terpenuhinya kebutuhan tubuh akan nutrien-nutrien penting yang diperlukan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Disiplin saat bekerja

            Maksudnya adalah ketika bekerja sesuaikan dengan jadwal yang telah ditetapkan. Penuhi jam masuk dan jam pulang. Bila tiba waktu bekerja, bekerjalah semaksimal mungkin. Begitu pula bila tiba waktu istirahat, gunakan untuk melepas penat dan beristirahat. Jangan buang energi untuk melakukan hal yang sia-sia dan hanya menguras tenaga.

Memaksimalkan waktu berbuka dan sahur

            Memaksimalkan bukan berarti kemudian Anda gelap mata, dan kalap memasukkan apa saja sebelum memasuki waktu puasa. Menyegerakan waktu berbuka misalnya. Bila terdengar kumandang adzan maghrib, segeralah tinggalkan aktifitas dan berbuka. Begitu pula saat sahur, mengakhirkan waktu sahur berarti Anda memiliki waktu yang lebih singkat untuk berpuasa. Berilah asupan yang dapat menghasilkan energi seperti karbohidrat dan protein.

Kenali asupan yang masuk ke dalam tubuh Anda

                Semisal saat sahur jauhi makanan yang digoreng, karena dengan makanan yang digoreng Anda menutup pintu untuk nutrisi lain masuk dalam tubuh. Selain itu hindari minum teh atau kopi berlebihan karena  teh mengandung zat tanin yang membuat zat besi dan protein tidak terserap oleh tubuh. Minum minuman isotonik saat sahur dapat mencegah tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.