Masuk

Tips

Beranda / Tips
Konstruksi Bangunan Rumah Sederhana
Konstruksi Sipil | 28 Feb 2017

Rumah Sederhana adalah rumah yang tidak bersusun tipe 36 atau tipe 45 dan dibangun di atas tanah dengan luas kaveling antara 54m2 sampai dengan 200m2.

Meskipun disebut rumah sederhana, konstruksi bangunan tetap harus menggunakan perhitungan matang dan diterapkan sebaik mungkin, karena berpengaruh terhadap keindahan, fungsi, kekuatan dan umur bangunan itu sendiri. Dengan konstruksi bangunan yang baik dan kokoh, maka umur bangunan akan lebih lama dan aman untuk digunakan.

content image
Foto : Je-Design

Berikut ini kita akan membahas konstruksi bangunan rumah sederhana, terdiri dari:

  1. PONDASI
content image

Umumnya menggunakan pondasi batu kali dengan ukuran 30x80-80cm atau bisa juga dengan pondasi beton bertulang (dikenal umum dengan pondasi cakar ayam) dengan ukuran 50x50-25cm.

 

content image
 
  1. SLOOF
    content image

Sloof yang berukuran 15x20cm, dengan ukuran besi tulangan polos ø12mm dan ø6mm.

 

  1. KOLOM

Kolom utama berukuran 15x20cm, dengan ukuran besi tulangan polos ø12mm dan ø6mm untuk jarak kolom 3,5M’. Menggunakan kolom praktis berukuran 15x15cm, untuk bentangan pendek jarak antar kolom di bawah 3M’.

 

  1. LANTAI
content image

Lantai ditutup dengan lantai ubin atau lantai keramik biasa berukuran 30x30cm.

 

  1. DINDING

Material dinding yang dipakai bisa batu bata atau batako, dengan tebal plasteran dinding 1–1,5cm dan acian. Campuran adukan semen biasanya 1 semen : 5 pasir atau bahkan ada campuran yang 1 semen : 7 pasir.

 

  1. PINTU DAN JENDELA
content image

Kusen serta daun pintu dan jendela biasanya menggunakan kayu seperti kempas, meranti, nyatoh, durian, balam dan gerunggang. Untuk daun pintu bisa menggunakan double tripleks dan dicat minyak

.

  1. BALOK LATEI

Balok gantung yang berada persis di atas kusen pintu dan jendela ini, berukuran 15x15cm dengan ukuran besi tulangan polos ø12mm dan ø6mm.

 

  1. BALOK RING
content image

Balok ring dengan beton bertulang berukuran 15x15cm, dengan ukuran besi tulangan polos ø12mm dan ø6mm. Tinggi balok ring dari permukaan lantai, biasanya dibuat 3M’.

 

  1. PLAFOND
content image

Langit – langit atau plafond menggunakan eternit 1x1M2 atau bisa dengan gypsum 9mm dengan rangka plafond kayu usuk 5/7cm atau hollow galvalum 4/4cm dan 2/4cm.

 

  1. KUDA KUDA

Kuda kuda untuk atap, biasanya menggunakan kayu seperti bangkirai, kamper, kruing, mahoni yang masuk kayu kelas pemakaian III. Bahkan ada juga yang menggunakan kayu kelapa (glugu) sebagai kuda kuda / konstruksi atap nya.

content image
  1. ATAP
    content image

Sebagai penutup atap biasanya menggunakan genteng beton atau genteng keramik biasa.

Hanya saja bila menggunakan genteng beton, beban atap genteng beton berat dan pada cuaca / suhu tinggi lebih terasa panas dibanding genteng keramik (PYF)