Masuk

Tips

Beranda / Tips
Kesalahan Fatal, 4 Kebiasaan Ini Bikin Warna Gigi Jadi Kuning
Kesehatan | 30 Apr 2018

Oleh: Tya Achni

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang punya tugas menghancurkan makanan. Gigi kita dilapisi oleh enamel, zat ini membuat gigi terlihat putih. Di balik enamel ada lapisan dentin yang berwarna kuning. Saat lapisan enamel terkikis, lapisan dentin akan tampak jelas dan membuat gigi terlihat kuning. Empat hal ini bisa membuat enamel terkikis dan gigi pun jadi tampak kuning.

1. Terlalu sering minum teh, kopi, dan minuman bersoda

 

huffingtonpost.com

Teh dan kopi mengandung kafein yang tinggi. Jika diminum terlalu sering, kafein pada teh dan kopi bisa merusak enamel gigi. Kalau minuman bersoda biasanya mengandung asam. Jika diminum berlebihan, asam dalam minuman bersoda juga bisa merusak enamel gigi.

2. Makan buah yang terlalu asam

 

pexels.com

Buah yang asam memang segar, apalagi kalau dijadikan jus. Buah yang asam juga punya banyak vitamin C yang baik untuk tubuh. Namun, buah yang terlalu asam biasanya mengandung asam yang tinggi pula. Asam ini bisa membuat enamel gigi terkikis dan gigi pun tampak kuning. Supaya hal ini tidak terjadi, jangan lupa minum air putih setelah makan buah, ya!

Baca Juga: Mau Tampilan Rumah Lebih Modern? Benahi 7 Bagian Fasad Ini

3. Terlalu sering menggunakan obat kumur

 

coredental.com.au

Obat kumur biasanya ada yang mengandung asam cukup tinggi. Kadar asam pada obat kumur bisa merusak enamel, jika terlalu sering digunakan. Tak hanya itu, obat kumur juga bisa membuat mulut kita jadi kering. Jadi, gunakanlah obat kumur seperlunya.

4. Tidak tahu cara menggosok gigi yang benar

pixabay.com

Setiap pagi dan malam hari kita pasti menggosok gigi. Saat menggosok gigi, sikatlah gigi secara perlahan dan lembut. Menggosok gigi secara cepat dan keras bisa merusak enamel gigi, lo. Kalau enamel rusak, gigi pun akan tampak kuning. Selain merusak enamel, menggosok gigi secara cepat dan keras juga bisa membuat gusi berdarah.

Baca Juga: 6 Hal Ini Wajib Dilakukan Saat Bangun Rumah Minimalis Berkonsep Tropis