Masuk

Tips

Beranda / Tips
Kenali Fungsi Ganda Jendela, Tak Hanya Soal Ventilasi Saja

Oleh: Redaksi

Secara harfiah, jendela adalah lubang atau bukaan pada dinding bangunan yang memungkinkan masuknya cahaya alami atau terjadinya sirkulasi udara dalam ruang. Jendela juga bisa dijadikan sarana untuk menikmati pemandangan luar tanpa harus beranjak keluar. Secara arsitektural, jendela pun dimanfaatkan sebagai elemen dekoratif untuk memperindah tampilan bangunan. Bagaimana agar jendela rumah Anda fungsional sekaligus dapat mempercantik tampilan rumah? 

Rumah sehat semestinya dilengkapi cukup jendela sehingga ruang dalam senantiasa mengalami pergantian udara dan mendapat cukup sinar matahari, untuk penerangan sekaligus mematikan kuman. Agar fungsi-fungsi tersebut terpenuhi secara maksimal, jendela harus dirancang dengan memperhatikan dua hal berikut:

1. Aspek fungsional jendela yang harus diperhitungkan

diynetwork.com

• Sesuaikan jenis jendela dengan kebutuhan, pilih jendela mati yang hanya dapat memasukkan cahaya atau jendela dengan bukaan (daun jendela atau jalusi) yang dapat mengalirkan udara.
• Pastikan jendela ada pada sisi rumah yang tepat agar berfungsi baik tanpa mengurangi kenyamanan ruang karena dampak panas dan silau. Jika perlu, tambah konstruksi pelindung.  
• Pertimbangkan ukuran lubang dan tinggi jendela sesuai kebutuhan dan aktivitas dalam ruang. Misalnya untuk dapat menikmati pemandangan di luar, mungkin perlu bukaan lebar dan lebih rendah.  
• Gunakan material agar awet (meski terpengaruh cuaca) dan aman (kuat/kokoh dan mendukung privasi, jika perlu pasanglah teralis pengaman).

Baca Juga: 5 Hal Ini Harus Dilakukan Saat Anak Batuk Pilek, Agar Tak Makin Parah

2. Aspek estetika yang juga harus diperhatikan agar jendela tampak indah

modernize.com

• Ada beragam bentuk jendela, antara lain persegi/persegi panjang, bundar, oval, setengah lingkaran, trapesium, segitiga, oktagonal, atau kombinasi beberapa bentuk. Pilihlah model jendela yang menarik dan serasi dengan gaya rumah Anda.
• Serasikan warna jendela dengan warna bangunan. Anda juga dapat membuat permainan warna ataupun pembedaan warna menciptakan aksen.   
• Pilih material yang tidak sekadar aman dan awet, tetapi juga estetis. Kombinasikan dua atau lebih material atau pilih material unik untuk menciptakan desain menarik. Misalnya, jendela kaca patri/hias warna-warni; jendela krepyak kayu; dan sebagainya.
• Rancanglah pelengkap jendela yang dapat menambah nilai estetika, seperti teralis bermotif klasik, geometris ataupun nongeometris; tirai/gorden dengan warna dan/atau motif menarik; kerai (window blind); dsb.

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda terlebih dahulu mempertimbangkan berbagai aspek di atas sebelum merancang jendela untuk setiap sisi rumah Anda. Dengan demikian Anda akan mendapatkan jendela yang tidak hanya fungsional tetapi juga menambah keindahan baik fasad maupun interior rumah Anda.

Baca Juga: Mau Pakai Kaca untuk Pengganti Dinding Bata? Simak 4 Faktanya Berikut