Masuk

Tips

Beranda / Tips
Kegagalan Dalam Konstruksi
Konstruksi Sipil | 28 Feb 2017

Kalau kita perhatikan saat ini banyak proyek pembangunan yang berhenti di tengah jalan (istilahnya mangkrak), atau pelaksanaannya molor dari waktu yang sudah ditentukan, kualitas pekerjaan yang buruk. Hal ini adalah contoh-contoh  kegagalan konstruksi, yaitu pembangunan tidak sesuai dengan perencanaan.

KEGAGALAN DALAM KONSTRUKSI

content image

Ada beberapa penyebab yang biasa terjadi, pada artikel kali ini akan dijelaskan dan kita bisa belajar agar untuk menghindari terjadinya kegagalan kontruksi.

Penyebab kegagalan konstruksi yang umum terjadi:

  1. PRODUKTIFITAS YANG RENDAH
content image
Image: sps70

Pada pelaksanaan pembangunan konstruksi, sering kali terjadi produktifitas kerja cenderung menurun yang mengakibatkan hasil akhir pekerjaan berbeda dengan rencana semula. Dalam hal ini proses pencatatan dan pengontrolan sangat penting untuk mempertahankan supaya produktifitas kerja tidak sampai menurun

 

  1. KESALAHAN DALAM PROSES STUDI KELAYAKAN
content image
Image: interthemepark

Kesalahan dalam  tahapan studi kelayakan memberikan dampak yang cukup meluas ke beberapa aspek tidak hanya yang bersifat fisik tetapi non fisik juga. Bila proses ini tidak dilakukan dengan cermat apalagi untuk proyek yang berskala besar maka akan memberikan dampak yang nyata dalam tahapan ke depannya yang menyebabkan terjadinya kegagalan suatu konstruksi

 

  1. KESALAHAN DALAM PERENCANAAN
content image
Image: bangunrumahindo

 Bila dalam perencanaan dan perancangan pihak konsultan salah membuat perhitungan atau menganalisis maka konsekuensi dan dampak yang dapat ditimbulkan ke depan akan sangat besar terhadap kegagalan fisik bangunan. Perencanaan yang harus dilakukan secara tepat meliputi:

- Desain fisik / ukuran dan keamanan
- Perencanaan anggaran
- Perencanaan mutu
- Perencanaan waktu pelaksanaan
- Perencanaan manfaat / benefit
- Perencanaan fungsi dan
- Perencanaan yang mendukung terhadap produk konstruksi yang akan dihasilkan

 

  1. KESALAHAN DALAM PELAKSANAAN