Masuk

Tips

Beranda / Tips
Jika 5 Tanda Ini Muncul Pada Wajah, Mulai Perhatikan Kesehatan Anda!
Kesehatan | 29 Mar 2018

Oleh: Redaksi

Jika sumber nutrisi yang didapatkan oleh tubuh berada dalam kondisi baik, maka hasilnya akan tampak selain pada aktifitas tubuh yang berjalan normal juga pada kondisi wajah. Layaknya bagian tubuh yang lain, wajah pun juga menunjukkan tanda-tandanya jika kekurangan sumber nutrisi seperti zat besi dan vitamin. Ini tanda-tanda yang akan ditunjukkan oleh wajah saat ada nutrisi yang kurang maksimal:

1. Bibir pucat

thenypost.files.wordpress.com

Jika mendapati bibir berwarna pucat tidak seperti biasanya, dapat diindikasikan tubuh sedang kekurangan zat besi. Sumber zat besi dapat diperoleh dari daging merah, bayam, kacang-kacangan dan ikan

2. Bibir pecah-pecah di bagian tengah

buzzfeed.com

Bibir yang pecah-pecah pada bagian tengah menandakan kondisi badan yang kekurangan nutrisi seperti zat besi, zinc dan vitamin B. selain itu ada kemungkinan juga tubuh tidak mendapat asupan protein dengan baik. Solusinya, Anda dapat mengembalikan kelembapan bibir dengan mengkonsumsi tiram, ikan salmon dan vitamin C.

Baca Juga: Jangan Remehkan, 5 Kesalahan Mandi Ini Biasa Dilakukan Tanpa Sadar

3. Ruam merah 

lightskincure.org

Ruam-ruam merah pada tubuh kerap disertai dengan rasa gatal yang amat sangat. Jika ruam-ruam merah ini ada muncul di beberapa bagian tubuh terutama wajah, hal ini dapat disebabkan tubuh sedang membutuhkan asupan vitamin B7 alias biotin. Sumber terbaik untuk biotin ada pada kuning telur.

4. Benjolan mirip jerawat berwarna merah dan putih di pipi

newkidscenter.com

Kekurangan asam lemak seperti omega 3, vitamin A dan D dapat menimbulkan munculnya benjolan-benjolan mirip jerawat yang berwarna merah dan putih di pipi. Omega 3 dapat diperoleh dengan banyak mengkonsumsi ikan seperti sarden, teri dan salmon. Sedangkan vitamin A bisa didapatkan melalui wortel.

5. Mata bengkak

healthylifestylenetwork.com

Saat mata bengkak disertai dengan kondisi kulit kering dan gangguan pada berat badan, itu tanda kekurangan yodium. Tubuh memerlukan yodium untuk memproduksi hormon tiroid. Pada umumnya, yodium dapat diperoleh secara langsung dengan membubuhkan garam beryodium pada masakan. Selain itu ada juga sumber yodium yang terdapat dalam jenis makanan laut seperti rumput laut, ganggang merah dan ganggang cokelat.

Baca Juga: 6 Tips Aman Meningkat Rumah, Anti Roboh dan Irit Biaya