Masuk

Tips

Beranda / Tips
Jangan Remehkan, 5 Kesalahan Mandi Ini Biasa Dilakukan Tanpa Sadar
Kesehatan | 27 Mar 2018

Oleh: Evelyn Davsy 

Sebagai pekerja konstruksi yang biasa terpapar debu dan panas di luar ruangan, kebersihan tubuh mutlak menjadi syarat untuk selalu sehat. Menjadi salah satu aktivitas yang pasti dilakukan semua orang, mandi bukanlah pekerjaan yang sulit. Namun rupanya, tanpa disadari, seringkali kita melakukan kesalahan pada saat mandi yang dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Berikut adalah 5 kesalahan yang biasa Anda lakukan tanpa sadar saat mandi:

1. Tidak mengganti handuk atau sepon mandi.

pexels.com

Dengan kondisi yang lembab dan sering digunakan, bakteri pun berkembang dengan cepat di sepon dan handuk mandi. Handuk sebaiknya dicuci seminggu sekali, serta direndam dengan air panas sebelum dicuci. Sedangkan sepon mandi idealnya diganti 3-4 minggu sekali. 

2. Menggosok kulit dengan krim pembersih setiap hari.

pixabay.com

Mungkin Anda berpikir bahwa menggosok kulit dengan krim tertentu setiap hari akan membawa dampak baik bagi kesehatan Anda. Namun nyatanya, melakukan hal tersebut setiap hari malah akan membuat kulit Anda semakin berminyak dan membuat kotoran menjadi terperangkap di kulit Anda. Alangkah baiknya apabila Anda menggosok kulit dengan krim yang lembut seminggu sekali.

Baca Juga: Waspada, 7 Bidang Pekerjaan Ini Rawan Gangguan Kesehatan, Anda Juga?

3. Mencuci rambut tanpa menyisirnya terlebih dahulu.

pexels.com

Untuk menghindari kerusakan, sebaiknya Anda menyisir rambut terlebih dahulu sebelum mencucinya. Hal ini bertujuan untuk menghindari kekusutan dan kerontokan rambut. 

4. Menyikat gigi sambil mandi. 

pixabay.com

Jika terburu-buru, seringkali kita menyikat gigi sambil mandi. Padahal sikat gigi yang maksimal membutuhkan waktu 2 menit penuh. 

5. Mencuci rambut setiap hari.

pixabay.com

Mencuci rambut setiap hari akan membuat kulit kepala Anda berminyak dan dapat menyebabkan ketombe. Alangkah baiknya, Anda mencuci rambut 2 hari sekali, agar minyak alami rambut dapat membuat rambut Anda tampak lebih lembab  dan sehat.

Baca Juga: 4 Material Pilihan untuk Rumah Minimalis, Tampil Mewah Tak Harus Mahal