Masuk

Tips

Beranda / Tips
Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan Saat Tubuh Terkena Serpihan Kayu dan Kaca
Kesehatan | 20 Sep 2017

Oleh: Tya Achni

Kayu dan kaca merupakan bahan yang sering ditemui oleh pekerja bangunan di tempat konstruksi. Saat bekerja menggunakan serat kayu dan kaca ini harus berhati-hati, karena serpihannya yang kecil dan tajam akan mengakibatkan rasa sakit bila mengenai tubuh.

Serat yang sangat tipis dan tajam ini akan membuat iritasi kulit jika masuk ke dalamnya. Bila tak ditangani dengan benar, serpihan yang menancap ini bisa menyebabkan infeksi. Lakukan 5 tips dari #PakJago ini untuk mengatasi saat tubuh terkena serpihan serat kayu dan kaca di tempat kerja:

1. Manfaatkan selotip untuk mengeluarkan serpihan ini

(Sumber: disini) 

Selotip ini bisa dilakukan untuk menarik keluar serpihan kayu atau kaca yang menancap di kulit. Caranya, siapkan gulungan selotip yang tebal dan lengket. Tekan selotip kuat-kuat ke bagian yang tertusuk serpihan kaca serat selama beberapa menit. Lepaskan selotip dengan satu gerakan lembut. Melepaskan selotip secara tiba-tiba atau dengan paksa akan membuat kulit terkelupas, atau mengakibatkan luka terbuka. Lepaskan selotip sedekat mungkin dengan kulit, kemudian lepaskan.

2. Cabut serpihan serat kayu atau kaca yang menancap di tangan

(Sumber: disini

Hal pertama yang harus dilakukan ialah memastikan tangan yang akan digunakan untuk mencabut serpihan bersih dan bebas bakteri. Agar bersih, tangan dicuci menggunakan sabun terlebih dahulu. Bersihkan bagian yang terkena serpihan serat kayu atau kaca dengan mengalirkan air sabun di atasnya, namun jangan usap atau gosok bagian tersebut. Anda justru akan membuat serpihan tersebut masuk semakin dalam pada kulit.

3. Gunakan benda tajam seperti penjepit dan jarum untuk menarik serpihan keluar

(Sumber: disini)

Pastikan alat yang digunakan untuk menarik serpihan ini steril dari bakteri dengan membersihkannya menggunakan alkohol. Bakteri dan kuman yang melekat pada benda tajam ini dapat menimbulkan infeksi. Tarik lembut serpihan hingga keluar dengan penjepit.

Fokuslah untuk mengambil ujung serat, kemudian menariknya keluar perlahan-lahan dari kulit. Usahakan untuk tidak menekannya semakin dalam ke lapisan kulit. Gunakan jarum jika hal ini terjadi, atau jika seluruh serpihan serat kayu atau kaca telah masuk ke bawah kulit.

4. Perhatikan adanya kemerahan pada kulit yang tertusuk serpihan kaca serat.

(Sumber: disini)

#SahabatJagoBangunan harus jeli untuk membedakan antara iritasi dan infeksi pada kulit, karena perawatan untuk keduanya berbeda. Serpihan serat kayu dan kaca ini dapat menyebabkan radang pada kulit. Kulit mungkin akan memerah, terasa sangat gatal, dan ada luka kecil di permukaan kulit.

Anda hanya perlu menunggu luka ini sembuh dengan sendirinya. Apabila kemerahan pada kulit disertai dengan peningkatan suhu tubuh atau keluarnya nanah, kemungkinan Anda mengalami infeksi kulit. Carilah pertolongan medis untuk mengetahui apakah Anda membutuhkan terapi antibiotik.

5. Selalu gunakan Alat Pelindung Diri saat bekerja

(Sumber: disini)

Selalu lindungi tubuh Anda dari bahaya serat kaca dan kayu setiap waktu. Kenakan sarung tangan atau pakaian yang dapat mencegah kontak langsung antara serat kaca dan kayu dengan kulit. Jangan menggaruk atau menggosok bagian yang terkena serpihan. Jangan menyentuh mata selama bekerja, dan kenakan kaca mata pelindung dan masker agar serpihan-serpihan tidak masuk ke dalam mata atau paru-paru.

Itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk menangani serpihan kayu atau kaca yang mengenai tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

#SahabatJagoBangunan, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan, Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya.

Editor: Damae Wardani