Masuk

Tips

Beranda / Tips
Jangan Konsumsi Minuman Penambah Energi Terlalu Sering, Ini Bahayanya
Kesehatan | 17 Nov 2017

Oleh: Dhafintya Noorca

Minuman energi sebenarnya merupakan minuman yang diharapkan dapat menimbulkan energi bagi peminumnya. Artinya jika minuman energi ini dikonsumsi secara benar dan tepat, secara umum tidak akan merusak kesehatan. Benar dalam hal ini adalah mengonsumsinya tidak berlebihan. Sementara pengertian tepat ialah diminum pada kondisi pada saat yang memang dibutuhkan.

Misalnya, saat memerlukan stimulasi karena harus bekerja ekstra, menjaga agar tidak mengantuk karena sedang menyetir, mengerjakan tugas lembur dan lainnya. Saat merasa loyo dan lelah, mengonsumsi minuman energi dijadikan solusi agar semangat bekerja kembali menggelora.

Tapi tahukah Sahabat, kandungan yang ada di dalam minuman energi ini berbeda dengan minuman dalam kemasan lainnya. Semisal kafein, kafein juga terdapat dalam kopi. Tapi dalam minuman energi, kafein berjumlah lebih tinggi tiga kali ketimbang kopi atau soda.

Baca Juga: Waspada, Keringat yang Menempel di Badan Anda Bisa Berbahaya

Akibatnya? Risiko kesehatan yang lebih besar dapat mengancam tubuh Anda. Kafein bisa menyebabkan tekanan darah meningkat dan jantung terasa berdebar-debar, terutama bagi mereka yang sensitif. Reaksi yang berbahaya pada minuman energi yang bisa terjadi antara lain rasa pusing, mual, sakit mag, tremor, serta mati rasa.

Selain kafein, beberapa jenis minuman energi juga mengandung taurin. Taurin ini sering ditambahkan ke produk minuman karena dapat meningkatkan kinerja saat melakukan aktivitas fisik. Yang semula loyo, akan kembali jadi semangat. Tapi Sahabat juga harus tahu bila taurin ini dapat memengaruhi detak jantung. Karenanya taurin juga diresepkan untuk orang dengan tekanan darah tinggi, penyakit hati, dan tinggi kolesterol.

(Sumber: disini)

Tambahan bahan lainnya yakni gula. Kandungan gula yang tinggi pada minuman energi juga bisa menyebabkan penyerapan air ke dalam tubuh terhambat sehingga menimbulkan risiko dehidrasi.

Dehidrasi justru memperburuk performa, baik saat sedang beraktivitas maupun duduk di belakang meja. Selain itu, gula tinggi pada minuman energi bisa memicu peningkatan kadar gula darah, merusak gigi, dan menyebabkan pertambahan berat badan.

Setelah mengetahui komposisi utama dibalik minuman energi yang Sahabat sering konsumsi, perlu diketahui pula resiko kesehatan apa yang mengintai bila mengonsumsinya tanpa memerhatikan kondisi tubuh dan waktu. Apa saja bahaya yang dapat menimpa Anda? Ini informasi dari #PakJago

1. Gangguan pada beberapa organ tubuh

(Sumber: disini

Hal ini mungkin dialami oleh Sahabat yang sebelumnya memiliki gangguan jantung. Kandungan kafein berlebih yang masuk pada tubuh bisa memicu tekanan darah tinggi. Hal lain yang perlu diperhatikan bahwa pasien dengan tekanan darah tinggi ketika mengonsumsi minuman energi yang mengandung kafein tentunya akan meningkatkan tekanan darahnya.

Lalu pada pasien kencing manis akan menyebabkan gula darah meningkat karena metabolisme yang tinggi. Sebenarnya, minuman energi tidak menyebabkan kerusakan pada organ tubuh secara langsung. Tapi potensi penyakit ini akan mengendap dalam tubuh bila dikonsumsi sembarangan. Anda tentu tak mau masa depan jadi suram kan, Sahabat?

2. Susah tidur

(Sumber: disini)

Minuman energi bermanfaat dalam menjaga seseorang agar tetap terjaga dan merasa bersemangat. Namun, jika dikonsumsi berlebih, Sahabat tidak akan merasa mengantuk sama sekali. Kondisi susah tidur atau insomnia akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan fisik dan mental terutama gangguan berkonsentrasi.

Akibatnya? Waktu tidur yang harusnya digunakan untuk istirahat justru terpakai untuk terjaga. Sehingga keeseokan harinya saat bekerja, Sahabat jadi tidak bergairah.

3. Ketergantungan

(Sumber: disini)

Kondisi ini hampir sama dengan kondisi ketergantungan kafein pada umumnya. Namun, ketergantungan pada minuman energi juga dapat disebabkan karena kandungan lainnya sehingga tubuh memerlukan minuman energi untuk melakukan pekerjaan berat.

Ketergantungan dalam dosis tinggi sulit dihilangkan, akibatnya Sahabat yang ketergantungan mungkin akan mengkonsumsi minuman berenergi kembali lagi dan lagi. Selagi terus mengonsumsi, tanpa disadari bahaya yang mengendap dalam tubuh juga makin besar.

Baca Juga: Hindari Cedera, Begini Cara yang Tepat untuk Menggunakan Mesin Bor

Minuman energi merupakan suplemen untuk membantu seseorang yang sedang membutuhkan penyemangat agar pekerjaannya cepat selesai. Tapi yang harus digaris bawahi adalah tidak boleh terlalu sering. Sebagai gantinya Sahabat bisa menggantinya dengan minum air putih yang banyak.

#SahabatJagoBangunan juga bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dan berdiskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan, melalui website maupun call center – bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya.

Editor: Damae Wardani