Masuk

Tips

Beranda / Tips
Jangan Emosi, Lakukan 8 Tips Ini Jika Sakit Gigi Menyerang Tiba-Tiba
Kesehatan | 27 Oct 2017

Oleh: Dhafintya Noorca

#SahabatJagoBangunan pernah mengalami sakit gigi? Pasti sensasi ngilu dan nyeri yang ditimbulkan sampai ubun-ubun kepala. Bayangkan jika Anda sedang sibuk bekerja di tempat konstruksi dengan tuntutan tenggat waktu yang mepet, tiba-tiba sakit gigi menyerang. Bisa jadi tak hanya pekerjaan Anda yang terbengkalai, tapi juga emosi berlebihan lantaran kesal akan memicu solusi yang tak tepat untuk menyelesaikan pekerjaan.

Nah, jika sakit gigi tiba-tiba menyerang Anda di tempat kerja, jangan buru-buru emosi ya, Sahabat. Coba 8 tips berikut ini untuk meredakannya.

1. Berkumur menggunakan air hangat

(Sumber: disini

Sebelum berkumur, pastikan tidak ada sisa makanan yang membuat bagian gigi sakit, dan jangan gunakan air yang terlalu dingin atau terlalu panas, gunakan air hangat.

2. Konsumsi obat penghilang nyeri

(Sumber: disini)

Obat penghilang nyeri ini bisa Anda beli secara bebas di apotek terdekat. Obat ini dianggap sebagai jalan pintas untuk meredakan rasa sakit gigi sesaat. Ada beberapa tipe obat generik yang bisa Sahabat konsumsi, seperti Aspirin dan Parasetamol. Aspirin dan Parasetamol ini banyak digunakan untuk mengobati rasa sakit dan mampu mengatasi banyak masalah kesehatan.

3. Kumur dengan air garam

(Sumber: disini

Campurkan segelas air hangat dengan kurang lebih 5 sendok teh garam untuk meredakan sakit gigi. Air garam ini bisa membunuh bakteri dan membuat gigi terasa lebih baik. Caranya, kumur air dalam mulut, lalu keluarkan. Pastikan untuk tidak menelannya, ya, sahabat!

4. Kompres bagian pipi dengan air dingin

(Sumber: disini)

Bila rasa sakit gigi tak kunjung usai. Anda bisa mengompres pipi tepat pada bagian gigi yang sakit untuk meredakannya. Gunakan air dingin saat mengompres. Anda bisa membeli alat kompres atau memasukkan ke dalam kantung plastik.

5. Tempelkan kantung teh celup hangat ke area yang sakit.

(Sumber: disini)

Zat tanin alami yang terkandung dalam teh dapat membantu mematikan rasa sakit. Ini sangat baik untuk meredakan pembengkakan atau iritasi gusi Anda. Pastikan kantung teh celup tidak terlalu panas, agar tidak melukai area dalam mulut lainnya. Namun perlu diwaspadai, penggunaaan teh secara terus-menerus dapat menodai gigi, jadi gunakan seminimal mungkin.

6. Bersihkan gigi secara teratur

(Sumber: disini)

Bersihkan gigi secara teratur. Ini benar-benar langkah yang paling penting untuk menjaga gigi Anda sehat dan bebas dari rasa sakit. Jika Anda tidak membersihkan gigi setiap hari dan membersihkannya dengan benar, plak dan bakteri akan menumpuk dan menyebabkan masalah seperti gigi berlubang dan infeksi. Sikat gigi setidaknya dua kali sehari, 30 menit sebelum atau sesudah makan. Terlalu cepat interval waktu menyikat gigi sebelum atau setelah makan dapat merusak enamel pada gigi Anda.

7. Makan makanan yang sehat.

(Sumber: disini)

Apa yang Anda makan akan menentukan seberapa sehat gigi Anda. Tidak hanya itu, beberapa makanan juga lebih sulit keluar dari sela-sela gigi. Perhatikan apa yang Anda makan sehingga kualitas gigi Anda akan lebih baik. Hindari gula dan pati sebisa mungkin. Kedua zat ini, terutama gula, hanya memberi makan bakteri dan kuman yang ada di mulut. Jika Anda akan makan makanan yang mudah terjebak di antara gigi, pastikan bahwa Anda membawa persediaan benang atau tusuk gigi.

8. Periksakan gigi Anda setidaknya dua kali setahun ke dokter gigi.

(Sumber: disini)

Ini sebenarnya solusi yang sangat penting, namun banyak orang tidak melakukannya, dan hanya pergi ke dokter gigi ketika masalah gigi mereka sudah parah. Dokter gigi akan bisa melihat rongga dan mendeteksi masalah gigi Anda sejak awal sehingga bisa ditangani sebelum lubang bertambah besar atau makin parah.

Selalu jaga kebersihan mulut dengan berkumur dan menggosok gigi yang benar. Semoga Sahabat terhindar dari sakit gigi.

Jika #SahabatJagoBangunan ingin mendapatkan informasi lebih banyak atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Sampai bertemu pada artikel-artikel #PakJago yang lain.

Editor: Damae Wardani