Masuk

Tips

Beranda / Tips
Jangan Disepelekan, Ini Pentingnya Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Kerja Bangunan
Kesehatan | 31 Jul 2017

Oleh: Dhafintya Noorca

Tak jarang terjadi, #SahabatJagoBangunan sudah mengetahui sumber bahaya tetapi tidak mengerti bagaimana upaya pertolongan pertamanya, sehingga menyebabkan kecelakaan kerja tak tertangani dengan baik, bahkan berakibat fatal.

Karenanya #PakJago ingin berbagi tentang bagaimana pelaksanaan P3K di tempat kerja, guna menangani kecelakaan kerja yang bisa berdampak lebih buruk. Jangan salah, pertolongan pertama dengan sedikit tindakan dan peralatan sederhana justru banyak manfaatnya untuk mengurangi rasa sakit, hingga menyelamatkan nyawa rekan kerja #SahabatJagoBangunan. 

Beberapa kecelakaan yang sering terjadi di tempat kerja diantaranya luka dan perdarahan; patah tulang; luka bakar; cipratan bahan kimia; gangguan pernafasan, peredaran darah dan kesadaran; sengatan listrik; kekurangan oksigen; paparan suhu ekstrim; dan adanya gas beracun. Penyediaan fasilitas P3K di tempat kerja yang didukung petugas P3K akan menekan atau mengurangi konsekuensi yang ditimbulkan.

Fasilitas P3K

Penting bagi #SahabatJagoBangunan untuk mengetahui fasilitas P3K yang ideal pada kerja konstruksi bangunan. Sebaiknya pada tempat kerja dengan resiko tinggi seperti konstruksi, perkapalan, hingga pabrik kimia dengan kapasitas pekerja mencapai lebih dari 100 orang, harus disediakan satu orang petugas P3K.

Fasilitas P3K di tempat kerja meliputi : ruang P3K, kotak P3K beserta isinya, alat evakuasi, alat transportasi, dan fasilitas tambahan berupa alat pelindung diri atau peralatan khusus di tempat kerja yang memiliki potensi bahaya bersifat khusus.

Alat pelindung diri khusus disesuaikan dengan potensi bahaya yang ada di tempat kerja dan digunakan dalam keadaan darurat, misalnya alat untuk pembasahan tubuh cepat (shower) dan pembilasan atau pencucian mata.

Kotak P3K harus terbuat dari bahan yang kuat dan mudah dipindahkan atau diangkat dari tempatnya jika ada kecelakaan dan harus diberi label. Kotak P3K juga harus ditempatkan pada tempat yang mudah dilihat dan dijangkau, diberi tanda arah yang jelas serta cukup cahaya.

Penempatan dan jumlah minimum kotak P3K disesuaikan dengan jenis tempat kerja dan jumlah pekerjanya. #SahabatJagoBangunan juga harus memastikan peralatan medis yang wajib ada di Kotak P3K ini, diantaranya kasa steril, perban, plester, gunting, dan alkohol.

Pelaksanaan P3K di tempat kerja harus menjamin sistem penanganan kecelakaan di tempat kerja. Paling tidak sampai korban kecelakaan mendapat rujukan ke fasilitas pelayanan kesehatan sesuai dengan sifat pekerjaan. Fasilitas pelayanan yang menjadi rujukan P3K dapat diberikan pada klinik perusahaan atau kerjasama dengan rumah sakit di luar perusahaan.

Nah, Sahabat, itulah penjelasan betapa pentingnya pertolongan pertama bagi korban kecelakaan di tempat kerja. Selain P3K, Anda juga harus mengetahui cara pertolongan pertama untuk berbagai jenis kecelakaan di tempat kerja. Ingin tahu penjelasan lengkapnya? Nantikan di artikel kami berikutnya, ya.

#SahabatJagoBangunan juga bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dan berdiskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun callcenter – Bebas Pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya.