Masuk

Tips

Beranda / Tips
Jangan Diremehkan, Ini 3 Manfaat Kerokan Untuk Kesehatan
Kesehatan | 28 Dec 2017

Oleh: Dhafintya Noorca

#SahabatJagoBangunan pasti pernah ber-kerokan ria. Saat tubuh sedang tidak enak badan, terutama saat masuk angin. Ambil uang koin, olesi punggung dengan minyak atau balsam, lalu di kerok.

Kerokan merupakan salah satu pengobatan yang sudah ada dari generasi ke generasi. Sebenarnya melakukan kerokan adalah sama dengan saat dilakukan pemijatan. Tujuannya adalah untuk melebarkan pembuluh darah. Masuk angin merupakan suatu gejala yang di dunia medis disebut dyspepsia. Dimana seseorang merasakan kembung dan biasanya disertai dengan adanya rasa pegal dan nyeri otot.

Lalu, apa saja manfaat kerokan untuk tubuh? Berikut informasi dari Pak Jago.

1. Membuat tubuh jadi lebih bugar

(Sumber: disini) 

Pada dasarnya kerokan untuk melebarkan pembuluh darah yang sempit. Udara atau angin dingin justru membuat pembuluh darah di kulit menyempit sampai-sampai otot- otot kekurangan oksigen. Otot yang tidak bisa bernapas inilah yang menimbulkan gejala masuk angin seperti rasa nyeri otot (mialga) dan pegal-pegal.

Baca Juga: Cara Efektif Memberikan Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Disamping paparan udara dingin, kekurangan gerak sehingga pembuluh darah kaku dan tidak luwes juga memiliki dampak yang sama. Maka dari itu, gerakan mengerok atau menggaruk kulit itu bukannya mendorong angin keluar, tapi memperlebar pembuluh-pembuluh darah di permukaan kulit yang menyempit karena dingin. Pelebaran pembuluh darah ini justru membuat aliran darah menjadi lancar dan menambah oksigen dalam darah.

2. Perasaan jadi lebih tenang

(Sumber: disini

Kerokan ternyata bisa meningkatkan hormon endorfin, Sahabat. Seperti yang jamak diketahui bila hormon endorfin memegang peran penting dalam menciptakan rasa senang dan nyaman pada seseorang. Pada orang yang usai melakukan kerokan, ternyata kadar endorfinnya naik secara signifikan. Peningkatan ini membuat nyaman dan menghilangkan rasa sakit, sehingga berdampak pada tubuh yang lebih segar dan bersemangat.

3. Kulit Semakin Banyak Mendapat Oksigen

(Sumber: disini)

Selayaknya bagian tubuh yang lain, kulit sebenarnya juga memiliki hak untuk mendapat oksigen secara cukup. Kerokan salah satu cara untuk membuka pori pori kulit Anda lebih lebar, dan tentu mempermudah kulit untuk mendapatkan oksigen dari luar. Oleh karena itu manfaat oksigen bagi manusia sangatlah penting, baik untuk dihirup kedalam tubuh, maupun penyerapan pada tubuh.

Lalu bagian tubuh mana yang paling ideal untuk memaksimalkan manfaat kerokan? Punggung jawabannya. Walaupun umumnya sebagian besar orang pasti kerokan di punggung, tapi masih banyak yang belum tahu mengapa kerokan sebaiknya di punggung. Agar mendapat manfaat optimal untuk memperlebar pembuluh dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, Sahabat harus memilih pembuluh darah yang panjang dan terhubung ke semua bagian tubuh.

Baca Juga: Ini Cara Cepat Mengobati Luka Memar Akibat Benturan Benda Keras di Tempat Kerja

Punggung adalah pusat syaraf terpadu dengan pembuluh darah yang paling panjang dan menyebar ke seluruh tubuh. Pembuluh darah tepi yang pecah di ujungnya akibat kerokan akan memaksa sekujur pembuluh darah tersebut untuk melebar. Sebaiknya kerokan juga dilakukan dengan arah miring mengikuti ‘dermaton’ yaitu arah syaraf menuju kulit yaitu di kanan-kiri tulang punggung.

Kerokan sebaiknya dimulai dari atas ke bawah di sisi kanan dan kiri tulang belakang, dilanjutkan dengan garis-garis menyamping di punggung bagian kiri dan kanan. Alat pengerok dipegang 45 derajat agar saat bergesekan dengan kulit tidak terlalu sakit.

Jika #SahabatJagoBangunan ingin mendapatkan informasi lebih banyak atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Sampai bertemu pada artikel-artikel #PakJago yang lain.

Editor: Damae Wardani