Masuk

Tips

Beranda / Tips
Jangan Asal Kenyang, Konsumsi 7 Makanan Ini Agar Stamina Tetap Terjaga
Kesehatan | 31 Aug 2017

Oleh : Dhafintya Noorca

Aktifitas yang banyak kerap membuat tubuh mudah lelah, terlebih bagi para pekerja konstruksi yang mengandalkan kekuatan fisik seperti #SahabatJagoBangunan. Asupan energi yang dibutuhkan untuk bisa bekerja ini umumnya didapatkan dari makanan dan minuman. Tentu #SahabatJagoBangunan tak boleh asal pilih dan asal makan agar kesehatan tetap terjaga.

Sahabat juga perlu tahu makanan apa saja yang membuat tubuh lebih berenergi. Bila dulu sering terdengar 4 Sehat 5 Sempurna, kini istilahnya diganti dengan Gizi Seimbang. Ini berarti makan bukan lagi soal kenyang saja, namun bagaimana nilai gizi seimbangnya dapat diserap oleh tubuh.

Nah, berdasar riset kesehatan, ada 7 makanan yang dipercaya mampu mengembalikan energi secara cepat bila dikonsumsi. Apa sajakah ke 7 makanan tersebut? Berikut #PakJago berikan ulasannya.

  1. Kacang-kacangan 

Sumber: disini.

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati dan serat yang baik untuk menjaga energi di tengah aktifitas Anda yang padat. Perpaduan unik vitamin B dan E serta mineral seperti magnesium dan zat besi baik untuk menangkal kelelahan. Sesibuk apapun aktifitas #SahabatJagoBangunan, energi bisa cepat dipulihkan dengan memakan kacang-kacangan.

  1. Cabai 

Sumber: disini.

Senyawa yang terkandung dalam cabai seperti capsaicin yang berfungsi untuk memberikan sensasi rasa panas saat dicerna, dapat membantu untuk meningkatkan sirkulasi. Kandungan ini dipercaya dapat melawan rasa lelah dan mengirim sinyal ke otak, sehingga tubuh tetap bersemangat.

Namun penting untuk diingat, bila #SahabatJagoBangunan memiliki gangguan pencernaan seperti maag, mengkonsumsi makanan pedas sebaiknya dikurangi atau dihindari. Jika dipaksakan, usahakan ada makanan lain untuk menetralkan pencernaan yang bereaksi saat makan pedas.

  1. Sayur-sayuran hijau

Sumber: disini.

Sayuran hijau seperti bayam, arugula, lobak, dan kale besar adalah penghalau lelah yang paling baik, terutama pada #SahabatJagoBangunan yang menderita anemia. Sayuran hijau ini tidak hanya kaya akan zat besi yang berperan untuk membangun sel-sel darah merah, tapi juga tinggi vitamin C. Vitamin ini bertugas untuk memudahkan tubuh dalam menyerap zat besi.

  1. Rempah-rempah

Sumber: disini.

Jika #SahabatJagoBangunan membubuhkan rempah-rempah seperti jahe atau kunyit pada sajian makanan disaat kondisi tubuh sedang kurang baik, tubuh akan kembali bugar. Bahan aktif yang ada pada rempah-rempah yakni kurkumin dan gingerolis, keduanya membantu mengurangi peradangan. Mengkonsumsi tanaman berbuku ini dapat membuat tubuh lebih kebal dan tidak mudah sakit.

  1. Pisang

Sumber: disini.

Sejumlah penelitian telah mengungkap manfaat dari buah berwarna kuning ini. Pisang adalah makanan yang mudah dan dapat secara cepat memberikan rasa kenyang saat dikonsumsi. Kandungan serat yang tinggi pada pisang dapat menjaga kadar gula tetap stabil sepanjang hari. Selain itu kalium yang terkandung di dalamnya bisa menyalakan semangat #SahabatJagoBangunan saat bekerja.

  1. Biji gandum

Sumber: disini.

Biji gandum atau quinoa adalah alternatif tambahan makanan yang biasanya ditambahkan saat membuat sajian seperti pasta. Biji gandum pada dasarnya mengandung karbohidrat yang cukup rendah, sehingga baik untuk yang sedang diet karbo. Tapi di lain sisi kandungan protein dalam quinoa bagus untuk menjaga energi tetap tinggi.  Nutrisi seperti vitamin B-kompleks, magnesium, potasium, dan zat besi akan melawan kelelahan juga.

  1. Kopi

Sumber: disini.

Kopi adalah sahabat akrab #SahabatJagoBangunan. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi kopi mampu meningkatkan ketahanan dan stamina tubuh. Kopi akan membantu Anda saat bekerja tanpa mudah merasa lelah.

#SahabatJagoBangunan, itu dia tujuh makanan yang dapat membuat energi bertahan lebih lama dalam tubuh. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan, Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya.

Editor: Damae Wardani