Masuk

Tips

Beranda / Tips
Jaga Produktivitas, Suhu Tempat Kerja Jangan Terlalu Panas
Kesehatan | 22 Jul 2017

#SahabatJagoBangunan, bekerja di tempat yang bersuhu terlalu panas dapat berakibat buruk bagi tubuh. Ketika suhu berada di atas atau bawah batas normal, bukan hanya dehidrasi yang akan dialami, tapi juga penurunan produktivitas kerja sebagai respon alami pada tubuh.

Hal ini bukan saja bisa membuat target pekerjaan molor, tubuh pekerja pun akan terasa tidak nyaman, kurang fokus, pusing, dan semangat kerja mengendor. Terlebih pekerja bangunan yang kesehariannya tak lepas dari panas matahari.

Karenanya diperlukan iklim kerja yang sesuai bagi pekerja bangunan. Agar tubuh dapat berfungsi maksimal, suhu di lokasi pekerjaan harus tetap berada dalam suhu normal. Perpaduan suhu, kelembaban, kecepatan gerakan udara, dan panas radiasi dengan tingkat panas dari tubuh perlu dijaga agar iklim kerja nyaman dirasakan.

Iklim kerja berdasar suhu dan kelembaban ditetapkan dalam Kepmenaker No. 51 tahun 1999. Diatur dengan memperhatikan perbandingan waktu kerja dan waktu istirahat setiap hari, serta berdasarkan beban kerja yang dimiliki tenaga kerja (beban ringan, sedang, atau berat). Pada beban kerja berat, suhu maksimalnya 30° Celcius. Bila harus bekerja terus-menerus atau lebih dari 8 jam, maka suhu di tempat kerja sebaiknya 25° Celcius.

Trik Menjaga Produktivitas dalam Suhu Panas

Namun, jika kondisi di lapangan memaksa bekerja dalam suhu panas, berikut trik yang bisa dilakukan agar produktivitas tetap terjaga.

• Gunakan penutup kepala atau helm pekerja. Selain sebagai pelindung dari potensi kecelakaan kerja, penutup kepala berfungsi untuk mencegah sengatan matahari mengenai kepala secara langsung.

• Perbanyak minum air mineral agar tidak dehidrasi.

• Bila tubuh terasa lelah, beristirahatlah sejenak agar produktivitas kerja dapat bangkit kembali.

Menjaga produktivitas kerja menjadi faktor penting agar bisa mencapai target pekerjaan sesuai harapan. Bila suhu di tempat kerja tidak normal, stamina pekerja akan menurun dan berakibat pula pada penurunan kinerja. Maka trik di atas sangat perlu dilakukan agar bisa tetap produktif meski bekerja dalam suhu panas.

#SahabatJagoBangunan, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun callcenter – Bebas Pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel-artikel #PakJago berikutnya, ya.