Masuk

Tips

Beranda / Tips
Ini yang Harus diperhatikan Saat Mengerjakan Instalasi Listrik dan Air di Rumah
Desain Bangunan | 20 Mar 2017

     Bagaimana sebaiknya kita memasang instalasi listrik dan air yang benar? Dikutip dari buku Rumah Kokoh Semen Gresik, ini tips dan triknya :

     Agar hasil pemasangan instalasi listrik dan air terlihat rapi, sebelum tembok diplester harus ditanam dahulu pipa-pipa instalasinya. Upayakan jangan membobol tembok lagi setelah plesteran dikerjakan hanya untuk memasang pipa air maupun listrik, karena akan merusak permukaan plesteran. Hal ini membuat hasilnya tidak rata. Demikian pula untuk instalasi pipa air semua diupayakan diinstal sebelum diplester. Untuk instalasi horizontal, penarikan kabel-kabel dilaksanakan ketika rangka plafon terpasang, sebelum ditutup dengan eternit/ triplek.

content image

    Pemasangan instalasi air baik air dingin, air panas maupun air kotor harus dipasang oleh tukang plumbing yang berpengalaman agar hasilnya sempurna. Demikian juga pemasangan instalasi listrik harus dikerjakan oleh instalatur yang bersertifikat. Pada instalasi air kotor, kemiringan pipa pembuangan / pipa WC harus diusahakan minimal 3% agar alirannya lancar, sedangkan untuk air kotor dari KM minimal 1%. (keluargakokoh.com)

content image