Masuk

Tips

Beranda / Tips
Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Terlalu Lama Membungkuk Saat Memasang Bata
Kesehatan | 02 May 2017

Pengerjaan konstruksi adalah pekerjaan yang mengandalkan kekuatan fisik. Mengecor, mengecat, memasang batu bata, mengaduk semen dan sejumlah aktifitas lainnya. Jika fisik ambruk, kerja bisa berantakan. Pentingnya menjaga kondisi fisik menjadi sebuah keharusan bagi pekerja bangunan.

Memasang batu bata adalah salah satu pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja bangunan. Terlalu lama membungkuk saat memasang bata tentu dapat menyebabkan kelelahan pada sendi atau tulang punggung. Cidera-cidera ini bisa mempengaruhi otot dan jaringan pada tulang.  Dalam beberapa kasus, cidera ringan ini berakibat pada piringan sendi dan susunan tulang belakang jika terlalu di paksakan. Di beberapa kasus, cidera tulang punggung disebabkan oleh aktifitas berulang yang mengerahkan tenaga mengangkat atau memindahkan benda.

Hal yang paling mendasar sebelum melakukan pengerjaan memasang bata adalah memastikan kemanan diri sudah terpasang. Meliputi helm pekerja, kacamata, juga masker. Bila memasang bata di bangunan yang tinggi, jangan ragu untuk menggunakan tangga atau scaffolding dan material pengaman lainnya.

Usahakan semua material bangunan ada dalam jangkauan, sehingga Anda tidak perlu naik turun atau membuang energi untuk mengambilnya. Saat sudah mulai bekerja, hindari posisi yang tidak berubah. Sesekali lakukan peregangan agar otot tidak terlalu tegang. Memasang bata membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan dilakukan dari bawah hingga ke atas, bergantian. Karena Anda sendiri yang mengerti kondisi tubuh, jika mulai merasa lelah, gantilah posisi dengan yang lebih nyaman.