Masuk

Tips

Beranda / Tips
Ini Rahasianya Agar Badan Tetap Sehat Pasca Lebaran
Kesehatan | 26 Jun 2017

Pasca lebaran, kondisi tubuh yang biasa berpuasa selama sebulan penuh akan tergantikan dengan kondisi ketika tidak di bulan Ramadhan. Kita akan kembali ke rutinitas sebelum puasa. Juga tradisi untuk saling bersilaturahmi ke sanak saudara menjadi waktu yang dinanti-nantikan. Berkumpulnya keluarga besar tak jarang dijadikan momen makan besar, baik dari segi porsi yang mungkin sampai 2 kali lipat per orang dan menu yang disajikan di luar menu makan harian.

Perhatikan tips berikut agar tetap sehat pasca lebaran:

Minum air putih

Saat lebaran, banyak jenis minuman dalam kemasan yang disuguhkan. Diantara banyak jenis minuman, seperti sirup, teh, hingga soda pilihlah air putih. Ingat, selama lebaran konsumsi air putih dalam sehari minimal 8 gelas perhari tetap harus dipenuhi.

Banyak bergerak

Sebagai pekerja bangunan, aktifitas fisik sudah tentu mereka ahlinya. Usahakan pasca lebaran tubuh tetap beraktifitas, namun bukan aktifitas yang berat. Pembakaran kalori dalam tubuh dapat dilakukan melalui gerakan-gerakan sederhana di dalam rumah. Seperti menyapu, mengepel, memasak, bahkan tidur siang mampu membakar kalori.

Perhatikan pola makan

Setelah lebaran banyak makanan dan camilan yang bisa dengan mudah ditemui di meja makan. Saat berpuasa, kita hanya makan di dua waktu, yaitu saat sahur dan berbuka. Setelah berpuasa, pola makan akan cenderung kembali ke sebelum berpuasa. Perhatikan pola makan agar berat badan tidak naik pasca lebaran dan tubuh tetap sehat.

Perhatikan kandungan gizi

Berbeda dengan waktu berpuasa, makanan yang masuk ke tubuh biasanya diatur. Namun, saat puasa usai, akan banyak makanan tersaji di depan kita. Mulai dari kue kering seperti nastar, castengel hingga hidangan khas lebaran seperti opor, dan rendang. Jangan lapar mata, maksudnya apa yang dilihat oleh mata dimasukkan ke dalam perut. Makan boleh, namun tetap imbangi dengan asupan cairan dan banyak aktivitas.