Masuk

Tips

Beranda / Tips
Ini Cara Cepat Mengobati Luka Memar Akibat Benturan Benda Keras di Tempat Kerja
Kesehatan | 07 Nov 2017

Oleh: Tya Achni

Bagi #SahabatJagoBangunan, benturan atau tertimpa benda keras bisa jadi sudah biasa. Akibat dari terbentur atau tertimpa benda keras, akan meninggalkan bekas luka pada tubuh. Biasanya berupa luka memar atau lebam.

Memar terjadi akibat ada darah yang merembes ke bawah kulit akibat benturan. Memar dapat berwarna merah, biru, hingga ungu kehitaman. Bagian tubuh yang mengalami memar akan berubah warna menjadi merah kebiruan, yang disertai bengkak dan nyeri.

Sebenarnya memar akan memudar dan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari hingga beberapa minggu bergantung pada luas dan tingkat keparahan memar. Sel darah mati yang merembes akan terserap oleh tubuh secara bertahap hingga memar memudar.

Namun untuk membantu proses penyembuhan memar, Sahabat bisa melakukan beberapa langkah dari #PakJago berikut ini:

1. Mengompres memar dengan menggunakan es

(Sumber: disini)

Kompres dengan es sesegera mungkin. Jika Anda kompres pembuluh darah di sekitar daerah memar, maka darah yang keluar ke jaringan sekitar akan sedikit. Cukup gunakan kain yang sudah direndam dalam air dingin dan tempelkan pada daerah memar selama kurang lebih 10 menit.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah gunakan kantong berisi es batu, lalu bungkus dalam handuk. Tempelkan pada bagian lebam selama 10 menit, kemudian lepaskan. Kompres lagi kira-kira 20 menit kemudian. Sahabat juga bisa membalutnya dengan perban elastis di sekitar daerah memar. Balutan akan mencegah pembuluh darah bocor sehingga memar tidak akan bertambah parah.

Baca Juga: Tanpa Obat, Lakukan 8 Tips Ini Untuk Meredakan Sakit Kepala yang Tiba-Tiba Menyerang

2. Kompres hangat

(Sumber: disini)

Setelah mengobati memar dengan kompres es, hari berikutnya Anda perlu mengompres hangat untuk melancarkan sirkulasi darah pada area memar dan membantu membersihkan darah yang tersendat. Tempelkan kantong pemanas atau kain khusus selama 20 menit, dan ulangi beberapa kali dalam sehari. Bila tak punya kantong atau kain pemanas, Anda bisa memakai botol yang diisi air panas untuk mengobati memar tersebut. Kompres hangat tentunya membuat Anda menjadi sangat nyaman karena dapat mengurangi bengkak, meredakan nyeri, dan mempercepat regenerasi sel.

3. Kompres cuka

(Sumber: disini)

Cuka yang dicampur dengan air hangat akan membantu proses penyembuhan memar. Cuka dapat meningkatkan aliran darah di dekat permukaan kulit, sehingga bisa membantu meredakan darah yang telah terkumpul di daerah memar. Campur air dan cuka dalam mangkuk dan basahkan waslap atau kain handuk bersih dengan larutan tersebut. Tempelkan di daerah memar selama 10-15, ulangi jika diperlukan sampai memar mulai memudar.

4. Oleskan salep

(Sumber: disini)

Bila mengompres memar sudah dilakukan, Anda bisa menghilangkan nyeri dan bekasnya dengan menggunakan salep. Cukup oles salep pada memar selama beberapa hari. Oleskan salep/gel yang mengandung heparin sodium pada memar. Obat memar ini dapat Sahabat beli secara bebas di apotek.

Baca Juga: Banyak Bahaya di Proyek Konstruksi, Gunakan Pelindung Kaki Ini Agar Anda Tak Cedera

Obat-obatan lain yang ampuh adalah krim vitamin K. Krim vitamin K dapat membantu pembekuan darah. Oleskan krim ini dua kali sehari pada area lebam untuk mencegah perdarahan lebih lanjut. Sekali lagi, perhatikan kemasan produk sebelum membeli krim di toko atau apotek. Pastikan produk tersebut sudah mengantongi izin edar BPOM ya Sahabat !

Bila ternyata semua langkah ini sudah dilakukan namun masih saja timbul memar, Anda perlu waspada. Ada beberapa kondisi tubuh yang membuat memar mudah muncul. Diantaranya kekurangan vitamin yang berperan untuk membuat darah, menutup luka, dan menyembuhkan luka. Selain itu mengangkat beban yang terlalu berat dan olahraga berlebihan juga dapat membuat pembuluh darah robek dan menimbulkan memar.

Selalu kenali kondisi tubuh Sahabat, agar dapat meminimalisir potensi penyakit dalam tubuh. Itu dia cara mengatasi luka memar yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba.

#SahabatJagoBangunan, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, pertukangan, dan kesehatan lainnya Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Ada souvenir menarik untuk 30 penanya terbaikk selama November 2017. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya.

Editor: Damae Wardani