Masuk

Tips

Beranda / Tips
Ingin Ikut Pelatihan Konstruksi Dimanapun dan Kapanpun? Klik SIBIMA Saja!
Konstruksi Sipil | 06 Jan 2018

Oleh: Hildatun Najah

Pemerintah sedang gigih berusaha meningkatkan Program Percepatan Pembagunan Infrastruktur. Salah satu cara yang ditempuh pemerintah adalah dengan membuat sistem pelayanan jarak jauh di bidang konstruksi berbasis online yang dapat diakses dari seluruh Indonesia. Sistem ini dinamakan SIBIMA Konstruksi atau Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi.

SIBIMA Kostruksi ini tidak hanya bermanfaat bagi tukang ataupun mandor yang ingin meningkatkan kemampuannya. Tapi juga sebagai prasyarat pemenuhan pelatihan minimum bagi lulusan S1 yang ingin mengikuti uji kompetensi Ahli Muda. Dalam artikel ini, #PakJago akan membahas dengan tuntas mengenai SIBIMA Konstruksi.

Asal Mula Tercetusnya SIBIMA Konstruksi

(Sumber: disini)

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan pelatihan konstruksi bagi masyarakat luas, khususnya bagi para kontraktor dan konsultan, sejak tahun 1979. Namun, baru pada tahun 2013 konsep e-learning atau belajar melalui internet ini dicanangkan. Sistem pembelajaran jarak jauh ini sendiri baru dapat benar-benar dipergunakan masyarakat pada tahun 2014.

Baca Juga: Kunci Utama Konstruksi Indonesia, Jangan Remehkan Rantai Pasok

Sistem ini bermula dengan pembuatan mailing list dan grup facebook sebagai sarana pendampingan selama proses pelatihan dan  mengkoodinir peserta yang akan berkonsultasi mengenai materi yang diajarkan. Mulanya, minat masyarakat atas pelatihan ini tidak begitu tinggi, mengingat banyak masyarakat yang lebih terbiasa belajar konstruksi secara otodidak.

(Sumber: disini)

Baru pada pertengahan tahun 2015 ketertarikan masyarakat akan program ini meningkat. Saat itu, meski pelatihan mulai berbasis mandiri tanpa adanya instruktur yang mendampingi. Tetapi ujian dan pemberian sertifikat pelatihan masih dilakukan secara konvensional. Setahun kemudian barulah inovasi layanan publk ini berjalan secara online sepenuhnya.

Semua hal yang berhubungan dengan pembelajaran dilakukan secara mandiri, baik pendaftaran atau pun pengunduhan materi. Bahkan ujian dapat dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi pada website pjjak.net. Di tahun 2017 SIBIMA Konstruksi, mengalami penyempurnaan. SIBIMA Konstruksi telah menambahkan produk spesifikasi teknis, menejemen pembelajaran serta beberapa materi seminar.

Manfaat SIBIMA Konstruksi

Saat ini, setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja di bidang Jasa Konstruksi diwajibkan memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja sesuai dengan Undang-Undang No. 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Adanya SIBIMA Konstruksi yang memungkinkan belajar materi ujian secara online atau jarak jauh ini, akan lebih memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sertifikat.

SIBIMA Konstruksi juga bermanfaat bagi mahasiswa yang baru lulus S1 yang ingin mengikuti uji kompetensi Ahli Muda. Sertifikat Pelatihan Jarak Jauh ini berguna sebagai prasyarat pemenuhan pelatihan minimum 50 JPL, sehingga lulusan S1 tersebut dapat melakukan ujian kompetensi tanpa melalui proses magang kerja selama setahun terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, melalui pelatihan yang berlangsung selama sebulan ini, juga masyarakat dapat memperoleh pengetahuan di bidang konstruksi sesuai dengan standar kompetensi. Inovasi ini membuat sistem pembelajaran di bidang konstruksi bisa lebih modern, fleksibel, dan tidak terbatas ruang maupun waktu. Sistem pelatihan ini tidak hanya memberi kemudahan tetapi juga meringankan pembiayaan pelatihan karena tidak berbayar.

Cara Mengikuti Pelatihan

(Sumber: disini)

Untuk bisa mengikuti program ini, peserta pelatihan harus membuka aplikasi sibima.pu.go.id pada Mozilla ataupun Google Chrome. Kemudian, peserta melakukan pendaftaran sesuai  prosedur yang tertera di website tersebut. Setelah mendaftar, peserta akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran. Peserta harus mengklik link yang ada dalam email konfirmasi pendaftaran sebagai penyempurna proses pendaftaran.

Selanjutnya, peserta dapat mendaftar pelatihan. Terdapat beberapa jenis pelatihan yang dapat dipilih oleh peserta, antara lain pelatihan mengenai Jalan dan Jembatan, Menejemen Konstruksi dan Peralatan, Pengembangan Wilayah, Perumahan dan Pemukiman serta Sumber Daya Air. Sayangnya, setiap pesertha hanya dapat mendaftar pada satu bidang pelatihan saja.

Baca Juga: Mengenal SIPJAKI, Sistem Pembinaan Jasa Konstruksi Nasional

Peserta dapat mengikuti ujian dalam setiap modul pembelajaran. Jika nilai ujian yang didapatkan kurang memuaskan, peserta dapat mengulangi ujian dengan syarat masih tersedianya waktu ujian. Peserta akan mendapatkan sertifikat ujian bagi setiap modul pembelajaran. Sertifikat yang berupa file PDF ini dapat diunduh dan dicetak sendiri oleh peserta pelatihan.

Jadi, apa #SahabatJagoBangunan tertarik mengikuti pelatihan online dari SIBIMA Konstruksi? Jika masih ada yang belum dipahami, #SahabatJagoBangunan dapat mengunjungi website resmi SIBIMA Konstruksi di sibima.pu.go.id. Selamat mencoba.

#SahabatJagoBangunan ingin mendapatkan informasi lebih banyak atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Sampai bertemu di artikel-artikel #PakJago yang lain.

Editor: Damae Wardani