Masuk

Tips

Beranda / Tips
Hindari Cedera, Begini Cara yang Tepat untuk Menggunakan Mesin Bor
Kesehatan | 30 Jul 2019

Oleh: Dhafintya Noorca

Mengebor adalah kegiatan yang akrab dikerjakan oleh #SahabatJagoBangunan. Mesin bor adalah mesin perkakas yang digunakan untuk membuat lubang, memperluas lubang, mengetap pada logam, kayu atau bahan lain. Menurut jenisnya, mesin bor dibedakan menjadi mesin bor meja, mesin bor tangan, mesin bor radial, mesin bor tegak, mesin bor koordinat, dan mesin bor lantai.

Bagaimana panduan yang tepat agar #SahabatJagoBangunan tetap aman selama menggunakan mesin bor saat bekerja? Ini tips dari #PakJago.

1. Selalu gunakan peralatan keselamatan saat bekerja

(Sumber: disini)

Bor biasa digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan berat yang rentan dengan kecelakaan kerja, sebaiknya saat Sahabat melakukan pekerjaan ini agar selalu menggunakan alat keselamatan, seperti sarung tangan atau sepatu safety untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja saat bekerja.

Bila Anda tidak yakin dengan karet pegangan mesin bor, Anda bisa menggunakan sarung tangan dan pastikan bila sarung tangan itu terbuat dari material yang tidak licin. Sebaiknya Anda juga melengkapi perlengkapan pengamanan diri dengan kacamata. Kacamata ini untuk melindungi mata Anda dari serpihan-serpihan material akibat aktivitas melubangi menggunakan mesin ini.

Baca Juga: Lakukan 6 Cara Angkat Beban yang Benar Ini Agar Punggung Bebas Cedera

2. Kenali bor yang akan dipakai, sebelum digunakan

(Sumber: disini)

Anda juga harus memerhatikan hal lainnya seperti mata bor. Ukuran dan jenis mata bor beragam dan lumayan banyak. Agar makin mengenali bor yang akan digunakan, dan tak menimbulkan kerugian saat pengerjaan, baiknya Sahabat mengetahui beberapa jenis mata bor, seperti berikut ini

a. Hole saw

(Sumber: disini)

Merupakan mata bor yang digunakan untuk melubangi benda-benda yang terbuat dari material seperti kayu dan plat besi.

b. Flat drill bit

(Sumber: disini)

Mata bor ini juga berguna untuk melubangi material yang terbuat dari kayu, tetapi bedanya dengan hole saw, mata bor jenis ini untuk membuat lubang yang besar pada material kayu atau tripleks.

c. Counter sink drill bit

(Sumber: disini)

Agar sekrup bisa masuk dan muat di material kayu, mata bor jenis ini bisa Anda andalkan untuk pekerjaan itu.

3. Pegang mesin bor dengan erat

(Sumber: disini)

Seperti senjata api, mesin bor juga memiliki pegangan dan tombol untuk menjalankan mesin. Cari bor yang dilengkapi dengan pegangan karet sehingga tidak licin saat melakukan pengeboran. Genggam gagang pegangan bawah mesin bor dengan erat menggunakan tangan kanan Anda.

Tangan kiri memegang bagian mesin yang dekat dengan ujung mesin bor itu. Tujuannya agar mesin bor ini tidak melenceng ke berbagai arah saat digunakan. Konsentrasi penuh juga diperlukan agar Anda melubangi bagian yang tepat pada material.

4. Posisikan Mesin Bor dengan Tepat

(Sumber: disini)

Posisi mesin bor juga merupakan faktor yang harus Anda pikirkan. Posisi pengeboran harus tegak lurus terhadap permukaan yang akan dibor. Mengapa? Agar daya tekan lebih sempurna. Bila pengeboran memakan waktu lama, berhenti sejenak untuk meregangkan tangan Anda agar otot tidak kejang.

Baca Juga: Anda Menggunakan Bahan Kimia Di Tempat Kerja? Cegah Bahayanya Dengan Cara Ini

5. Sesuaikan Kecepatan Putaran Mesin Bor

(Sumber: disini)

Mesin bor dilengkapi dengan motor yang berguna sebagai penggerak mata bor untuk menembus berbagai jenis material. Agar pekerjaan mengebor lebih efisien, kecepatan juga merupakan hal paling penting untuk diperhatikan.

Sangat berbahaya bila Sahabat memakai kecepatan yang tidak sesuai dengan diameter mata bor. Tangan akan menjadi tidak stabil, akibatnya mesin bor akan luput dari material yang ingin Anda lubangi. Bukan selamat, justru celaka yang didapat.

#SahabatJagoBangunan, itu dia tips aman menggunakan mesin bor saat bekerja. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan, Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya.

Editor: Damae Wardani