Masuk

Tips

Beranda / Tips
Hati-Hati, Bahaya Ini Bisa Timbul dari Perkakas Kerja Anda
Kesehatan | 29 Jul 2017

Oleh: Dhafintya Noorca

#SahabatJagoBangunan, peralatan atau perkakas kerja bagaikan bekal utama saat bekerja. Sayangnya masih banyak yang belum tahu bila perkakas kerja ini dapat menimbulkan bahaya. Terlebih bila peralatan ini tidak terjaga dengan baik, tentu rentan menyebabkan kecelakaan kerja.

Alat perkakas ini dapat menjadi sumber bahaya apabila didalam pemakainya tidak sesuai prosedur pemakaian yang benar. Kecelakaan yang terjadi terkadang tak terduga, tak dikehendaki, serta menyangkut orang, obyek, atau bahan.

Kenali Sumber Bahaya dari Perkakas Kerja

Menurut #PakJago, sumber bahaya antara lain disebabkan oleh bahan yang tidak baik, konstruksi bahan yang tidak tepat, penggunaan dari alat yang tidak tepat, dan alat perlengkapan yang telah rusak. Juga bisa disebabkan tata cara penggunaan yang salah, tanpa menggunakan alat pelindung diri, dan faktor pekerja yang tidak terlatih atau tidak trampil dalam menggunakan alat kerja.

Pahami Tata Cara Penggunaan Perkakas Kerja 

Karenanya, #SahabatJagoBangunan harus sudah mahir dan mengetahui kegunaan, tata cara pengerjaan, dan digunakan untuk apa perkakas kerja tersebut. Melalui sejumlah latihan, dan pengetahuan yang mumpuni, resiko kecelakaan kerja yang bersumber dari perkakas kerja tentu bisa ditekan sekecil mungkin.

 
Selain itu, penggunaan alat pelindung diri yang sesuai dengan bahaya sifat pekerjaannya juga sudah jadi hal yang tidak bisa ditawar lagi. Kaca mata atau pelindung lain dapat melindungi tubuh dari pecahan material yang berterbangan. #PakJago menyarankan untuk mengenakan respirator dan helm apabila bekerja di daerah yang penuh debu dan membahayakan. 

Pastikan Perkakas Berkualitas & Aman Digunakan

Beberapa persyaratan umum yang harus dijadikan pacuan untuk memilih perkakas kerja diantaranya, harus terbuat dari bahan yang bermutu baik dan sesuai dengan pekerjaan dimana alat itu dipergunakan.

Misalnya, palu biasa atau besar, pahat, kikir, dan alat hentak sejenisnya harus dibuat dari baja pilihan yang cukup untuk menahan pukulan tanpa mengalami kerusakan. #SahabatJagoBangunan tentu tidak mau kan bila palu tiba-tiba melayang saat digunakan dan mencelakai teman kerja lain?

Sedangkan dari sisi alat perkakas tangan harus terbuat dari bahan berserat lurus dan mutu yang terbaik. Pilihlah ukuran dan bentuk yang sesuai dengan pengerjaan yang akan #SahabatJagoBangunan lakukan. Lalu permukaan perkakas yang halus dan tepi yang tidak tajam juga harus diperhatikan. Perkakas tangan bertepi tajam seperti gergaji harus dilengkapi dengan pelindung tepi atau ujung.

Simpan Perkakas Kerja dengan Rapi di Tempat Khusus

Seusai menggunakan perkakas ini juga jangan diletakkan berserakan dilantai, jalan, atau tempat dimana orang berlalu lalang atau bekerja. #SahabatJagoBangunan tentu tidak mau kan kelalaian Anda mencelakai rekan pekerja yang lain, kan? Harus disediakan lemari, rak, dan gantungan yang sesuai dengan perkakas dan ditempatkan dekat dengan jangkauan Anda di tempat kerja.

#SahabatJagoBangunan, itu dia tips menggunakan perkakas dengan aman agar terhindar dari bahaya yang mengancam kesemalatan kerja. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil, dan pertukangan Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun callcenter Bebas Pulsa di nomor 0800-188- 5656. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya, ya.