Masuk

Tips

Beranda / Tips
Hadir di Ponorogo, Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Benahi Selokan Untuk Cegah Banjir dan Genangan Air

Oleh: Amin Zainullah

Sukses mewujudkan Kota Tanpa Kumuh di Madiun, program KOTAKU yang diselenggarakan oleh Kementrian PUPR hadir di kota Reog, Ponorogo, Jawa Timur, pada 6-7 September 2018. Tepatnya di kelurahan Jingglong, sebanyak 36 pekerja konstruksi bergotong royong membenahi selokan agar tidak terjadi banjir saat musim hujan.

Keberadaan saluran di tepi jalan sangat penting karena seringkali banjir yang terjadi di jalan diakibatkan oleh saluran air yang tidak lancar dan tersumbat sampah. Disamping itu, lancarnya saluran air juga akan mencegah genangan yang kerap menjadi sarang nyamuk, sehingga penyebaran penyakit seperti malaria dan penyakit lainnya bisa dicegah.


Peserta program KOTAKU berfoto bersama (Dokumentasi Jago Bangunan)

Siap Wujudkan Kota Tanpa Kumuh, Kementrian PUPR Gelar Program KOTAKU di Madiun

Program pembenahan saluran terbuka dengan ukuran kecil dilaksanakan dengan 2 cara, yakni konstruksi batu belah dan konstruksi beton bertulang. Penampang saluran perkotaan dengan konstruksi batu belah yang dibuat di kota Ponorogo berbentuk seperti gambar potongan di bawah ini:


Gambar potongan saluran batu belah (Dokumentasi Jago Bangunan)

Pasangan batu belah menggunakan campuran dengan perbandingan 1 semen : 5 pasir, ukuran dalamnya lebar 40 cm dan tinggi 65 cm. Tebal pasangan kanan-kiri adalah 25 cm, dan masuk dari dasar saluran sedalam 30 cm. Pada bagian dasar saluran setebal 20 cm.

Proses pemasangan batu belah (Dokumentasi Jago Bangunan)

Model lainnya untuk pembuatan saluran ini ialah dengan konstruksi beton bertulang seperti gambar potongan di bawah ini:


Gambar potongan saluran beton (Dokumentasi Jago Bangunan)

Lebar dalam saluran 40 cm dan dalamnya 60 cm. Tebal dinding kanan-kiri maupun dasarnya semua berukuran sama yaitu 12 cm dengan beton kualitas K-200. Penulangan yang berbentuk U menggunakan besi diameter 12 mm serta tulangan memanjang berjumlah 15 diameter 8 mm, terdiri dari 5 buah bagian bawah dan kanan-kiri masing-masing 5 buah.

Tidak Rumit Kok, Begini Cara Menghitung Luas Permukaan Kubah Masjid Berbentuk Setengah Lingkaran #TanyaPakJago

Bekisting dibuat dari triplek 12 mm, dengan rangka kau 4/6 sebagai rangkanya. Pengecoran menggunakan molen dengan campuran 1 semen : 2 pasir : 3 kerikil akan tetapi kualitas kerikilnya bagus sehingga bisa memenuhi K-200.

Kesulitan pada pengerjaan saluran justru membuat bekisting yang rapat, lurus, rata, tegak, dan tidak lengket ketika dibuka karena akan dipakai berkali-kali. Pengolesan dengan oli secukupnya sangat membantu ketika membuka bekisting sehingga hasilnya rata, padat, dan tidak keropos.

Proses pemasangan bekisting pada saluran beton (Dokumentasi JagoBangunan)

Selama proses pengerjaan saluran secara padat karya ini dimanfaatkan oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya dan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Jawa Timur untuk menyelenggarakan Sertifikasi Tukang. Berdasar hasil penilaian Asesor LPJK, semua tukang bangunan yang berjumlah 36 orang ini dinyatakan kompeten/lulus dan berhak untuk mendapatan Sertifikat Keterampilan Kerja (SKT).

Sertifikat tersebut nantinya bisa digunakan untuk syarat lelang pembangunan gedung pemerintah. Upah kerja yang diterima oleh tukang bersertifikat juga berbeda (lebih tinggi) ketimbang tukang yang belum bersertifikat. Selain itu, sertifikasi ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk menyiapkan tenaga kerja konstruksi Indonesia yang mampu bersaing dengan tenaga asing di era MEA.

Menyatukan Dua Fungsi, Begini Desain Modern Minimalis 2 Lantai untuk Toko dan Indekos Ukuran 7m x 10m #TanyaPakJago

Tak hanya sampai Ponorogo, dalam waktu dekat program KOTAKU juga akan berjalan di kota lain, seperti Probolinggo, Gresik, Sidoarjo, Bojonegoro, Tulungagung, Malang, Jember, dan Pasuruan. Setiap kota tersebut juga akan diupayakan untuk sekaligus diadakan sertifikasi tukang agar bisa memberikan manfaat berlapis, bagi lingkungan, masyarakat, dan bagi pekerja konstruksi yang berada di sebaran wilayah program KOTAKU.

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani