Masuk

Tips

Beranda / Tips
Gemuk Tak Berarti Sehat, Hindari Obesitas dengan 3 Cara Mudah Ini
Kesehatan | 20 Mar 2018

Oleh: Redaksi

Metabolisme yang baik adalah yang berjalan sesuai fungsinya, dalam artian hormon dan enzim baik jumlah dan fungsinya berjalan normal. Ada beberapa cara untuk menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh, salah satunya adalah menyeimbangkan energi yang masuk dan keluar. Energi yang masuk dapat terlihat dari asupan yang masuk melalui makanan, sementara energi yang keluar terlihat dari aktifitasnya. Pada orang dengan berat badan berlebih atau obesitas, energi yang masuk dan keluar tidak seimbang. Karena itu, gemuk tak selalu berarti sehat.

Sudah normalkah metabolisme tubuh Anda? Ada beberapa langkah mudah untuk mengetahuinya sebagai berikut:

Pertama, dari bentuk tubuh, tinggi dan berat badan.

pixabay.com

Pada tubuh yang metabolismenya normal, bentuk tubuh, tinggi dan berat badan sesuai dengan standar. Anda bisa menghitung dengan Rumus BMI (Body Mass Index) yang kerap menjadi acuan untuk mengetahui kondisi normal seseorang. WHO menetapkan indeks normal BMI yaitu berkisar di angka 18-25. Rumusnya adalah sebagai berikut:

Berat badan ideal : Berat badan (kg) : (tinggi badan X tinggi badan)

Baca Juga: Tak Bisa Asal, Begini 4 Langkah Memasang Plafon Agar Tak Mudah Jebol

Kedua, dari pemeriksaan fisik. Semisal tekanan darah, detak jantung, dan nadi.

unsplash.com

Apakah peredaran dan detakannya sesuai ukuran normal. Tekanan darah normal biasanya 120/80 sampai 140/85mm Hg, jika tekanan darah dibawah angkat tersebut berarti dia mengalami darah rendah sedangakan untuk orang yang memiliki tekanan darah melebihi batas tersebut dia bisa dikatakan memiliki tekanan darah yang tinggi.

Ketiga, dari pemeriksaan laboratorium.

pixabay.com

Saat merasa tubuh dalam kondisi normal, tidak ada keluhan, tidak ada gejala akan tetapi saat pemeriksaan di laboratorium ternyata kadar gula atau kadar lemak meningkat.

Para pekerja konstruksi adalah salah satu kelompok yang rentan mengalami gangguan kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya mulai untuk mengatur apa saja yang Anda konsumsi. Semoga selalu sehat!

Baca Juga: Tingkatkan Skill Pekerja Konstruksi, Ini 5 Channel Youtube Bermanfaat