Masuk

Tips

Beranda / Tips
Desain Rangka Atap Baja Ringan, Biaya Pemasangan & Keuntungannya
Konstruksi Sipil | 16 Mar 2017

Atap berfungsi sebagai pelindung, sebagai privasi serta keamanan bagi penghuni bangunan di bawahnya.

Ada berbagai bentuk desain atap dengan material yang berbeda – beda. Variasi desain bentuk atap pada rumah tinggal umumnya adalah atap datar, atap pelana, atap perisai, atap panggang, atap kubah, atap kerucut, atap hyperbolic, atap busur, atap payung dan atap membran.

Pemilihan desain atap ini dipengaruhi oleh material yang dipakai, ketersediaan material di daerah lokal serta tenaga / tukang ahli yang akan membuatnya. Material rangka atap yang biasa digunakan seperti rangka atap beton, rangka atap baja, rangka atap kayu, rangka atap besi sampai rangka atap baja ringan.

 

ATAP BAJA RINGAN

Kali ini akan dibahas tentang desain rangka atap baja ringan. Rangka atap baja ringan saat ini sudah banyak dipakai baik untuk rumah tinggal, gudang, perkantoran, hotel, bangunan ibadah, restoran dan sebagainya. Konstruksi yang dipakai pada rangka atap baja ringan dinamakan “steel truss” yang merupakan kuda kuda atap dengan kekuatan dan kualitas tertentu untuk melindungi serta menjaga kesatuan struktur rangka atap pada bangunan.

Beberapa syarat yang harus diketahui dan dipenuhi, sebelum desain rangka atap baja ringan dibuat:

 1. Denah rencana atap
Gambar denah rencana atap harus ada untuk mengetahui desain bentuk atap yang diterapkan pada bangunan. Bila perlu terdapat gambar 3D sebagai visualisasi desain bentuk atap untuk memudahkan perencanaan rangka atap baja ringan.

content image

2. Denah balok ring
Gambar denah balok ring juga harus dilampirkan untuk mengetahui konstruksi bangunan atas, karena kuda kuda /rangka atap baja ringan nantinya akan berada di atas balok ring.

content image

 3. Sudut kemiringan atap
Sudut kemiringan atap yang didesain juga harus diketahui, yang lebih mudah dengan dilampirkan gambar potongan bangunannya. Apakah kemiringan atap 15° atau  30° atau 45°, yang akan berpengaruh pada desain rangka atap baja ringan.

content image

4. Overhang
Overhang ini adalah sosoran atap pada bangunan yang bisa berfungsi sebagai atap teras samping maupun atap teras depan. Overhang umumnya pada rumah tinggal, dari balok ring berjarak 80cm atau 90cm atau 100cm. Overhang ini juga berpengaruh pada desain rangka atap baja ringan.

5. Jenis & Merek genteng yang dipakai
Nah jenis dan merek genteng pun juga berpengaruh pada desain rangka atap baja ringan. Seperti ukuran genteng (pengaruh pada jarak reng), material genteng (pengaruh pada beban atap dan jarak kuda kuda) dan merek genteng (pengaruh pada bentuk dan jarak pasang genteng).

6. Beban tambahan di atas 200Kg
Ada kemungkinan beban tambahan pada atap bangunan, yang harus diberitahukan di awal perencanaan rangka atap, yang berpengaruh pada desain rangka atap baja ringan. Beban tambahan yang dimaksud seperti: pemanas air, lampu hias gantung, maupun pernak pernik display lainnya yang melebihi beban di atas 200Kg.

 

BIAYA PEMASANGAN

Biaya pemasangan rangka atap baja ringan dihitung sesuai luas atap yang dikerjakan (M2) dikalikan dengan dengan harga yang sudah ditentukan oleh pelaksana / aplikator rangka atap baja ringan. Biaya pemasangan dipengaruhi oleh luas atap, ketebalan rangka atap baja ringan yang dipakai, jenis dan merek penutup atap, sudut kemiringan atap, overhang, serta beban tambahan atap dan merek (kekuatan dan kualitas material).

content image

Pelaksana / Aplikator yang baik dan terpercaya akan membuat surat penawaran, gambar rencana atap, surat perjanjian kerja sampai sertifikat garansi. Biaya pemasangan dihitung di awal dan bersifat sementara. Ketentuan total biaya pemasangan yang dibayarkan disesuaikan dengan kondisi nyata di lapangan berdasarkan hasil opname pekerjaan setelah selesai dikerjakan. Pada proyek rumah tinggal pembayaran umumnya dilakukan dalam 2 tahap : tahap-1 (50%) saat penandatanganan surat perjanjian kerja dan tahap-2 (50%) setelah pekerjaan selesai.

CONTOH PERHITUNGAN RANGKA ATAP BAJA RINGAN

content image

Biaya rangka atap baja ringan terpasang = Rp 120,000,- x 91 M2 = Rp 10,920,000,-
Setelah dilakukan opname pekerjaan di lapangan, hasil opname pemasangan rangka atap baja ringan luasnya adalah 85.50 M2, maka total biaya pemasangan rangka atap baja ringan akan berubah menjadi Rp 120.000,- x 85.50 M2 = 10.260.000,-.

Perlu diketahui juga apa kelebihan dan kekurangan menggunakan rangka atap baja ringan, nah berikut ini ulasannya.

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan rangka atap baja ringan :

1. Harga relatif terjangkau
Harga / biaya pemasangan rangka atap baja ringan relatif lebih murah dibanding material bangunan lainnya. Contoh: rangka atap kayu dengan kayu kelapa terpasang ± Rp 170.000,- / M2 sedangkan rangka atap baja ringan terpasang ± Rp 120.000,- / M2.

2. Kualitas material terbaik
Kualitas material rangka atap baja ringan termasuk terbaik khususnya dibanding dengan material kayu, karena ketahanan rayap / serangga, ketahanan karat, ketahanan rambat api, dampak perubahan suhu, sisa material yang sedikit, berat jauh lebih ringan dan tidak perlu pekerjaan finishing.

3. Tepat waktu
Adanya pelatihan tenaga / tukang ahli dan kecepatan pekerjaan pada rangka atap baja ringan, membuat pelayanan pengiriman material serta pemasangan menjadi tepat waktu dan sesuai yang dijadwalkan / diinginkan owner.

4. Keuntungan sisi ekologis
Karena penggunaan kayu untuk rangka atap berkurang, maka penebangan pohon di hutan juga berkurang, sehingga hutan tetap lestari dan berfungsi sebagai paru-paru dunia.

5. Usia Material
Dengan jaminan kualitas material terbaik, rangka atap baja ringan rata-rata usia material lebih lama dan bebas perawatan. Usia rata-rata material rangka atap baja ringan bisa mencapai 25 tahun.

 

Kekurangan rangka atap baja ringan :

1. Tenaga / tukang ahli
Rangka atap baja ringan harus dikerjakan oleh tenaga / tukang ahli, karena butuh presisi dan teknis pemasangan yang akurat.

content image

2. Gambar rencana atap (desain atap)
Harus ada gambar rencana atap (desain atap) yang akan dipakai, sedangkan pada rangka atap kayu atau rangka atap beton bisa ada atau tidak ada gambar.

3. Perhitungan struktur yang akurat
Aplikator rangka atap baja ringan biasanya mempunyai program komputer khusus untuk mendesain serta melakukan perhitungan struktur rangka atap baja ringan pada suatu bangunan. Bahkan pada produk yang berkualitas, ada uji laboratorium untuk pengujian material baja ringan tersebut, baik uji tarik, uji kekerasan sampai uji api dan perubahan suhu.

Setelah mengetahui ulasan ringkas rangka atap baja ringan di atas, sekarang pilihan desain bentuk atap dan rangka atap ada pada Anda. Pertimbangkan dan pilihlah yang terbaik untuk rumah tinggal Anda (Cahyadi)