Masuk

Tips

Beranda / Tips
Desain Modern Tropis Minimalis, Ciptakan Suasana Rumah yang Sejuk dan Kekinian #TanyaPakJago
Desain Bangunan | 08 Sep 2018

Oleh: Luluk Widayanti

Sahabat Jago Bangunan, Indonesia yang beriklim tropis dan memiliki dua musim, menjadi salah satu faktor pendorong munculnya desain bangunan rumah tropis. Awal mula perkembangan rumah tropis identik dengan penggunaan material kayu. Namun kini kayu makin sulit ditemukan, adakah solusi desain yang tepat untuk mengatasi kondisi ini?

Itulah masalah yang akan dibahas dalam edisi #TanyaPakJago kategori Konsultasi Desain ini. Simak penjelasan Pak Jago, yuk.

Salah satu gaya desain yang cocok untuk daerah tropis namun material utamanya bisa digantikan dengan material yang terjangkau saat ini, terlebih dapat menyesuaikan perkembangan zaman, ialah desain modern tropis minimalis. Desain ini memadukan konsep rumah tropis yang dipadukan dengan sentuhan gaya modern dan minimalis.

Karakteristik desain ini ialah menciptakan kesejukan dan kenyamanan rumah yang menyatu dengan alam. Rumah ini memiliki banyak jendela untuk sirkulasi udara dan ruangan tidak pengap. Juga memberi pencahayaan alami yang bisa membuat ruangan tampak lebih lega dan menghemat listrik.

Contoh kasus dalam Konsultasi Jago Bangunan yang menggunakan desain modern tropis minimalis ini merupakan rumah berukuran 10m x 11m. Bangunan berdiri di atas lahan berukuran 20m x 40m, namun dengan berbagai pertimbangan pemilik rumah akhirnya hanya menggunakan tanah 14m x 16m. 

Spesifikasi bangunan 1 lantai ini terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, dapur, taman belakang, tempat jemur, 1 kamar tidur utama (kamar mandi di dalam), 2 kamar tidur biasa, 1 kamar mandi luar, dan mushola. Sementara di bagian depan bangunan, terdapat area carport yang cukup untuk 2 mobil, taman depan, serta teras.

Desain tampak depan diberikan sentuhan batu alam, terdapat banyak jendela kaca untuk memberi kesan modern, dipadukan dengan model pintu kupu tarung minimalis. Desain pagar yang dipilih pun bergaya abstrak dan terlihat menyatu dengan sentuhan batu alam pada sisi depan bangunan.

Demikian penjelasan tentang desain rumah modern tropis minimalis hasil konsultasi Jago Bangunan. Semoga bisa menginspirasi dan sampai jumpa di edisi #TanyaPakJago berikutnya.

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani