Masuk

Tips

Beranda / Tips
Desain Minimalis Modern Sederhana, Bikin Rumah Tampak Kekinian dan Elegan Meski Lahan Terbatas #TanyaPakJago
Desain Bangunan | 17 Sep 2018

Oleh: Aullia Adyan NawangWulan

Sahabat Jago Bangunan, keterbatasan lahan terutama di daerah perkotaan seakan tak pernah luput dari kendala pembangunan rumah. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi hal tersebut tentu dengan menambah jumlah lantai. Namun bagaimana jika pemilik rumah hanya ingin membangun 1 lantai saja?

Masalah itulah yang ditanyakan oleh salah satu Sahabat dalam konsultasi desain. Mari kita bahas solusinya dalam edisi #TanyaPakJago berikut ini.

Ingin Punya Banyak Ruang Tapi Lahan Terbatas? Coba Desain Rumah Bergaya Klasik Modern 2 Lantai Ini #TanyaPakJago

Keterbatasan lahan yang dibenturkan dengan banyaknya ruangan, terlebih jika bangunan hanya 1 lantai, bisa diatasi dengan memilih desain modern minimalis sederhana. Desain ini akan membuat lahan yang terbatas tidak terkesan sempit atau kecil, bangunan pun tampak lebih kekinian karena bisa disesuiakan dengan perkembangan zaman.

Dalam arsitektur, desain bangunan minimalis modern berfungsi untuk menyampaikan pesan-pesan kederhanaan. Karakter khasnya terletak pada bentuk dasar geometris, tidak ada hiasan, dan menggunakan material bangunan yang sederhana. Ditambah pencahaan alami yang maksimal, membuat bangunan terkesan sederhana dan bersih.

Perencanaan Konstruksi Tangga Beton Tak Hanya Harus Benar, Tapi Juga Nyaman Untuk Dilewati #TanyaPakJago

Ciri utama dalam desain minimalis modern sederhana diantaranya bentuk denah kotak, bentuk bangunan kubus, deret jendela yang terbentang dengan horizon kotak-kotak, semua sudut façade 90 derajat, dan menggunakan material fabrikasi seperti baja, kaca, dan beton.

Desain minimalis modern sederhana inilah yang Pak Jago pilih untuk memenuhi permintaan salah satu Sahabat Jago Bangunan. Desain ini diterapkan untuk bangunan dengan luas tanah 10m x 12m dan terdiri dari 1 lantai. Spesifikasi bangunan terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan 3 kamar tidur dengan 1 kamar tidur yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Selain itu juga terdapat mushola, 1 kamar mandi luar, dapur, dan taman di belakang rumah. Pada bagian depan rumah terdapat cartport, taman depan, lengkap dengan pagar minimalis.

Dalam penerapannya, desain minimalis modern sederhana tidak selalu hanya untuk mengatasi keterbatasan lahan. Desain ini difungsikan terutama pada pemenuhan kebutuhan ruangan yang paling mendasar. Minimalis dalam arsitektur menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional.

Tidak Rumit Kok, Begini Cara Menghitung Luas Permukaan Kubah Masjid Berbentuk Setengah Lingkaran #TanyaPakJago

Demikian penjelasan Pak Jago terkait desain minimalis modern sederhana. Semoga bisa menambah wawasan Anda dan menginspirasi untuk memilih desain yang paling tepat untuk bangunan rumah Anda. Sampai juma di edisi #TanyaPakJago berikutnya.

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani