Masuk

Tips

Beranda / Tips
Dari Eksklusif Hingga Sederhana, Ini 3 Inspirasi Desain Rumah Toko (Ruko) yang Hemat Biaya #TanyaPakJago
Desain Bangunan | 27 Sep 2018

Oleh: Amin Zainullah

Sahabat Jago Bangunan, merebaknya bangunan rumah dan toko (ruko) kini terjadi tak hanya di daerah perkotaan saja, namun sudah merambah hingga pelosok desa. Bangunan ini disebut ruko lantaran terdiri dari 2 lantai yang memiliki 2 fungsi berbeda, bagian bawah untuk perniagaan dan atasnya untuk hunian/tempat tinggal. Meski pada perkembangannya tak jarang yang menambah jumlah lantai sesuai kebutuhan.

Alasan utama orang membangun ruko ialah efisiensi biaya, tenaga, dan waktu dibanding jika tempat usaha dengan rumah terpisah atau berjauhan. Pemilik ruko tak lagi harus naik kendaraan sehingga mengurangi biaya operasional sehari-hari. Pertimbangan lain adalah semakin mahalnya harga tanah, apalagi tanah yang terletak di tepi jalan raya. Biaya membuat dak/lantai 2 dirasa lebih murah dibanding membeli tanah lagi. Misal, biaya membuat dak jatuhnya per m2 Rp.1,2 juta masih lebih murah dibanding membeli lahan di tepi jalan yang harganya mencapai 7 jutaan/m2.

Batako atau Bata Merah, Mana yang Lebih Bagus untuk Membuat Tembok? #TanyaPakJago

Daya tarik ruko ini kian terbukti dengan banyaknya permintaan desain bangunan ruko yang masuk dalam Konsultasi Jago Bangunan. Berikut beberapa pilihan hasil desain bangunan ruko yang pernah diminta oleh Sahabat Jago Bangunan, dengan ukuran luas 40 m2, 60 m2, dan 70 m2.

Ruko Berukuran 5m x 8m (40 m2), Mini Tapi Eksklusif

Desain Modern Tropis Minimalis, Ciptakan Suasana Rumah yang Sejuk dan Kekinian #TanyaPakJago

Mari kita mulai dengan desain ruko yang luasnya terbilang relatif kecil. Bagian bawah berupa los untuk toko, bagian atasnya pun demikian. Pada lantai 2 sama sekali tidak dibuatkan sekat-sekat karena fungsinya masih menunggu kebutuhan, bisa untuk penyimpanan stok barang, untuk hunian, atau bisa juga atas bawah merupakan toko. Desain ini cocok untuk butik kecil dengan kualitas dagangan yang ekslusif.



Pemilik ruko menginginkan kenyamanan pelanggan dapat dilayani dengan baik sehingga lahan parkirnya diberi atap agar kendaraan yang parkir tidak kehujanan atau kepanasan, karena pangsa pasar yang dibidik adalah pelanggan kelas menengah.

Ruko Berukuran 5m x 12m (60 m2), Mewah Tapi Ekonomis

Program KOTAKU Hadir di Gresik, Sebanyak 141 Tukang Bangunan Bergotong Royong Membangun Saluran Air

Permintaan berikutnya adalah Ruko yang pada lantai pertama tidak sepenuhnya untuk keperluan niaga, namun ada 1 kamar tidur dan dapur. Sehingga bagian depan yang digunakan untuk toko tak begitu luas, hanya 5m x 5m saja. Sementara pada lantai 2 terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan ruang keluarga. Konstruksi strukturnya menerus dari bawah ke atas sehingga stabil, juga kamar mandinya dibuat segaris guna mempermudah instalasi airnya.

Bentuk arsitekturnya minimalis modern sehingga mengesankan bangunan tersebut sebagai bangunan mewah dengan pilihan warna yang tegas tapi tidak norak dan tetap bisa dibangun dengan biaya ekonomis.

Ruko Berukuran 7m x 10m (70 m2), Sederhana Tapi Manis

Ada salah satu sahabat yang memiliki lahan terbatas dengan ukuran lebar 7 meter dan panjang 10 meter dan ingin dibuatkan desain ruko. Pada bagian bawah untuk jualan/toko yang dilengkapi dengan 1 kamar mandi. Sedangkan bagian atas untuk kamar kost yang terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan ruang santai untuk membaca, menulis atau menerima tamu. Letak kamar mandi di lantai 2 dibuat satu garis dengan kamar mandi bawah guna memudahkan pemasangan instalasi air.

Bentuk arsitekturnya sederhana dengan sentuhan garis-garis vertikal untuk mengesankan bangunan yang tinggi dan manis dipandang. Posisi tangga sengaja dibuat di luar agar penghuni kost tidak harus melewati toko. Pilihan atap juga sederhana, hanya miring ke depan dan ke belakang saja. Namun untuk pemasangan talang belakang agak rumit dan harus ekstra hati-hati agar tak bocor.

Ingin Punya Banyak Ruang Tapi Lahan Terbatas? Coba Desain Rumah Bergaya Klasik Modern 2 Lantai Ini #TanyaPakJago

Nah, dari ketiga desain ruko tersebut, mana yang paling menarik bagi Anda? 

Itulah penjelasan Pak Jago tentang desain rumah toko (ruko) hasil Konsultasi Jago Bangunan. Semoga bisa menginspirasi dan menambah wawasan Sahabat jago Bangunan. Sampai jumpa di edisi #TanyaPakJago berikutnya.

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani