Masuk

Tips

Beranda / Tips
Dapur Multifungsi untuk Rumah Mungil, Lebih Hemat Ruang dan Efisien
Desain Bangunan | 06 Nov 2017

Oleh: Dwi Klarasari

Dapur boleh disebut jantung hunian, karena di sini dilakukan semua kegiatan untuk menyiapkan makanan bagi keluarga. Sayangnya, pada rumah mungil, dapur cenderung mendapat porsi ruang terbatas sehingga berpotensi mengurangi mood dalam melakukan aktivitas memasak.

Menurut #PakJago, solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat dapur multifungsi. Dapur multifungsi tidak sekadar mewadahi aktivitas menyiapkan makanan. Namun juga bisa disatukan dengan ruang makan, bahkan bisa juga ditambah fungsi lain yang sesuai.

#SahabatJagoBangunan dapat membantu klien merencanakan dapur multifungsi yang efisien dan nyaman dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Penataan Ruang

(Sumber: Majalah Rumahku)

Agar terkesan lapang dan nyaman, rancanglah dapur multifungsi dengan konsep terbuka yang memungkinkan terciptanya koneksi visual maupun fisik antara dapur dan ruang makan. Idealnya hanya ada satu atau dua dinding masif pada area dapur, dan selebihnya terbuka. Namun, lay out pada area memasak harus memperhatikan efisiensi kerja yang mencakup 3 aktivitas berikut: mengambil/menyimpan bahan; mencuci/meracik; dan memasak.

Untuk dapur memanjang, misalnya bisa dipilih layout bentuk huruf I, yang memanfaatkan satu dinding dengan satu jalur sirkulasi. Bisa juga dipilih galley kitchen yang memanfaatkan dua dinding paralel dengan satu jalur sirkulasi di antaranya. Salah satu sisinya dapat dimanfaatkan sebagai meja makan model mini bar dengan stools (kursi tinggi biasanya tanpa sandaran).

Untuk dapur mungil persegi dapat dipilih layout bentuk huruf L, di mana bagian terbuka menghadap set meja makan dengan 2-4 kursi. Bisa juga bentuk huruf U, di mana salah satu sisinya dapat dimanfaatkan sebagai meja makan model mini bar dengan stools.

Baca Juga: Sistem Ventilasi Silang Ini Bikin Rumah Lebih Sejuk Meski Berada di Daerah Panas

2. Pilihan kitchen set dan perabot

(Sumber: disini)

Ukuran kitchen set dan perabot lain harus disesuaikan dengan luas dapur. Jangan terlalu besar agar dapur tidak terkesan sempit. Selain itu perabot yang terlalu besar akan mengurangi area untuk aktivitas memasak.

Idealnya, lebar jalur aktivitas adalah ±0,9–1,5 meter. Tentukan layout yang memungkinkan tercapainya ukuran tersebut agar orang yang memasak dapat bergerak leluasa. Demikian pula aktivitas di meja bar atau ruang makan. Hindari bentuk meja makan bundar yang cenderung memakan tempat.

3. Maksimalkan ruang simpan

(Sumber: disini)

Agar terkesan lebih lapang, ciptakan dapur multifungsi yang bersih dan rapi. Caranya dengan menyediakan ruang simpan yang cukup memadai.
• Buat kitchen set dan kabinet dengan memanfaatkan dinding hingga setinggi plafon.
• Lengkapi meja dapur dengan laci-laci penyimpanan hingga batas lantai.
• Buat atau pilih furnitur multifungsi dan/atau yang memiliki ruang simpan.

Kesan lapang juga didukung dengan memilih desain furnitur yang simpel tanpa banyak ornamen. Selain itu, model kitchen set dan kabinet tertutup juga mendukung dapur terjaga kebersihan dan kerapiannya sehingga terkesan rapi dan lebih lapang.

4. Pilihan Warna

(Sumber: disini)

Sebaiknya terapkan warna senada pada dapur dan area makan, sehingga meskipun ruang berbeda fungsi akan tercipta kesan menyatu dan saling terintegrasi. Sementara untuk mengantisipasi kesan sumpek pada dapur mungil, hindari penggunaan warna gelap.

Pilih warna-warna netral, seperti putih, krem, dan beige, yang akan memberi kesan bersih, higienis serta lapang. Jika klien ingin warna cerah, pilihlah warna pastel atau yang bernuansa lembut. Padukan dengan warna kuat yang menarik perhatian sebagai aksen, seperti warna merah, oranye, hijau, atau kuning.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Kesan Lapang dengan Efek Pantulan Cermin

5. Pencahayaan

(Sumber: disini)

Pastikan area dapur dan ruang makan memiliki cukup penerangan dan sirkulasi udara alami. Kalaupun tidak pada kedua sisi ruang, setidaknya ada satu jendela dan ventilasi di area dapur. Tambahkan pencahayaan buatan yang memadai, terutama di sekitar meja kerja.

Semoga tips dari #PakJago untuk merancang dapur multifungsi ini dapat bermanfaat. Jika #SahabatJagoBangunan ingin mendapatkan informasi lebih banyak atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Sampai bertemu pada artikel-artikel #PakJago yang lain, ya.

Editor: Damae Wardani