Masuk

Tips

Beranda / Tips
Dapur Multifungsi untuk Rumah Minimalis
Desain Bangunan | 31 Mar 2021

Dapur Multifungsi untuk Rumah Minimalis

Dapur multifungsi dapat menjadi solusi terbaik untuk rumah minimalis. Ukuran lahan terbatas bisa disiasati melalui penggunaan ruang dengan beberapa fungsi sekaligus. Anda dapat menjadikan dapur multifungsi sebagai ruang makan sekaligus mini bar. Dengan begitu, rumah minimalis yang Anda huni tetap terasa leluasa untuk beraktivitas.

Tertarik untuk memiliki dapur multifungsi di rumah Anda? Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu.

 1. Pilih Furnitur yang Tepat

  Pemilihan furnitur menjadi hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam menata dapur multifungsi di rumah minimalis. Pilih furnitur yang dapat digunakan untuk memenuhi beberapa kebutuhan sekaligus.

-       Konsep Meja Bar. Meja jenis ini memungkinkan Anda mendapatkan meja makan yang terintegrasi dengan kitchen set pada satu furnitur. Dapur multifungsi di rumah Anda akan terasa lebih lapang karena tidak membutuhkan banyak ruang untuk meletakkan meja dan kursi makan.

-        Gunakan Meja Lipat

     Meja lipat bisa menjadi pilihan ketika Anda tinggal di rumah hanya dengan beberapa anggota keluarga. Sebab, meja makan hanya dipakai orang itu-itu saja. Meja makan akan semakin jarang digunakan ketika Anda lebih lama di kantor dan hanya menggunakannya seusai pulang kerja.

Dengan meja lipat, Anda dapat menghemat tata letak ruangan. Anda hanya perlu membentangkan meja ketika ada tamu. Cukup gunakan meja berukuran kecil saat anggota keluarga jarang menggunakan meja makan.




Meja Bar 

 

2. Gunakan Dapur Model L (Single Line)

Dapur multifungsi untuk rumah minimalis dianjurkan menggunakan desain single line atau model L.  Ruang dapur dengan desain ini memungkinkan Anda memiliki area meracik dan memasak, area mencuci piring, serta area makan hanya memanfaatkan satu kitchen set.

Kitchen set biasanya dirancang dengan dua garis. Umumnya, bagian lebih tinggi digunakan untuk memasak dan meracik. Sedangkan bagian yang pendek digunakan sebagai area makan. 

 

 Dapur model L 

 

3. Menggabungkan Dapur dan Area Laundry

Menggabungkan dapur dan area laundry (cuci) pada satu ruang juga cukup efektif untuk menghemat ruangan di rumah minimalis.

Anda hanya perlu menyediakan area dengan tinggi sekitar 85-90 cm dan lebar 65-70 cm untuk meletakkan mesin cuci bukaan pintu depan (front loading) pada kitchen set. Menariknya, Anda juga dapat meletakkan peralatan mencuci pakaian, seperti detergen di atasnya. Jangan lupa, persis di belakang mesin cuci harus disediakan saluran air bersih dan pembuangan.

 

Dapur menyatu dengan ruang cuci

 

4. Memanfaatkan Dapur Sebagai Area Kerja

Bila ingin memanfaatkan dapur sekaligus sebagai area kerja, Anda bisa menggunakan dapur model U.

Model dapur ini memungkinkan Anda bergerak lebih efisien selama proses memasak.

Untuk memanfaatkannya sebagai area kerja, Anda bisa meletakkan built in table. Yakni  meja yang dirancang khusus agar bisa digunakan sebagai meja makan sekaligus meja kerja. Jika memungkinkan, tambahkan laci pada bagian atas untuk meletakkan perlengkapan memasak. Juga laci di bagian bawah meja sebagai lokasi penyimpanan dokumen.

 

 Meja makan sekaligus meja kerja

 

5. Menghubungkan Dapur dan Ruang Terbuka

Anda ingin lebih senang memasak sambil menikmati pemandangan di luar ruangan? Cukup hubungkan dapur dan ruang terbuka di rumah. Misalnya teras depan atau belakang. Dengan begitu, suasana memasak jadi lebih menyenangkan karena Anda mendapat angin segar serta pencahayaan alami di siang hari.

 

Dapur menghadap ruangan terbuka

 

Konsultasi Jago Bangunan

Apakah Anda tertarik mewujudkan dapur multifungsi untuk rumah minimalis Anda? Pastikan untuk tidak melewatkan setiap poin yang sudah dijelaskan tadi. Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait desain interior dan konstruksi bangunan, segera hubungi kami melalui situs website JagoBangunan dan Facebook Jago Bangunan.