Masuk

Tips

Beranda / Tips
Ciri Tukang Profesional : Handal dan Bisa Dipercaya - Bagaimana Caranya?   
Kisah Inspirasi | 07 Apr 2021

Ciri Tukang Profesional : Handal dan Bisa Dipercaya - Bagaimana Caranya?   

Keterampilan bekerja merupakan bekal utama untuk mendapatkan prestasi. Kemampuan secara teknis sangat diperlukan agar hasil pekerjaan yang baik dapat dicapai dengan maksimal. 

Namun kita juga sering mendapati dalam kehidupan ini, bahwa ada faktor lain yang juga berpengaruh selain faktor-faktor di atas. 

Anda pasti pernah mendengar atau bahkan mengalami sendiri bahwa suatu kesempatan emas yang tidak disangka bisa didapatkan bukan karena faktor terampil bekerja.

Bisa jadi keterampilan itu bisa bertambah seraya waktu berlalu. Jadi, apakah faktor lain itu?  Anda benar, faktor lain itu adalah kepribadian diri kita. Sikap kita sewaktu bekerja juga berperan penting.

Dalam dunia pekerjaan konstruksi, menjadi tukang bangunan yang handal dan bisa dipercaya dapat menciptakan reputasi kerja yang baik bagi Anda.

Dengan reputasi bagus, Anda akan lebih mudah mendapat banyak tawaran pekerjaan. Sebab, sebelum memberikan penawaran, klien akan selalu mengecek rekam jejak pekerjaan yang sudah Anda selesaikan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjadi tukang bangunan yang handal dan bisa dipercaya. Penasaran bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini ya. 

 

1. Bersikap Jujur dalam Segala Hal

Kejujuran adalah kunci utama menjadi tukang bangunan yang handal dan bisa dipercaya. Anda bisa memulainya dengan mengatakan keahlian atau kemampuan yang dimiliki sesuai kapasitas. Selain itu, Anda juga harus jujur dalam menjelaskan proses pembangunan, kebutuhan material, dan semua hal terkait proyek yang akan dikerjakan. Jangan sampai membuat klien merasa dirugikan sehingga tidak lagi menggunakan jasa yang Anda tawarkan di kemudian hari.

 

2. Disiplin dan Bertanggung Jawab

Reputasi tukang bangunan pada dasarnya dapat dilihat dari kedisiplinan dan tanggung jawab saat menyelesaikan suatu proyek. Tunjukkan kepada klien bahwa Anda mampu memenuhi target, baik dari sisi kualitas bangunan yang diharapkan maupun tenggat waktu pengerjaan. 

Disiplin kerja meliputi disiplin dalam hal waktu : datang dan pulang tepat waktu, pekerjaan selesai sesuai tenggat waktu dengan kualitas baik. Hal lain adalah disiplin menaati peraturan (prosedur operasi standar) terkait proses bekerja maupun keselamatan kerja. 

Seorang tukang yang dapat diandalkan juga sangat bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Dia berupaya keras untuk memberikan hasil yang sesuai dengan kesepakatan, dan  berupaya mencari solusi  jika ada kendala. 

Dengan begitu, klien akan mendapat kepuasaan sebagai pelanggan Anda. 



 Pekerja yang disiplin lebih mudah mendapatkan peluang kerja yang bagus.

 

3. Meminimalisir Kesalahan Kerja

Untuk bisa menjadi tukang bangunan yang handal dan terpercaya, berusahalah untuk menghindari kesalahan kerja. Hal ini bisa dilakukan dengan : 

  • Terus meningkatkan keterampilan Anda agar semakin ahli. 

       Memang Anda tidak diminta untuk menguasai seluruh keahlian pekerjaan bangunan. Namun, Anda bisa mempelajari satu             per satu keahlian dengan tekun. Ketika sudah menguasai banyak keahlian, maka akan ada banyak orang yang mempercayai         Anda untuk mengerjakan proyek yang dimiliki. 

  • Bukalah komunikasi yang baik, dengan pemberi pekerjaan maupun rekan kerja lain, agar tidak ada istilah gagal memahami perintah kerja. Hasil yang dicapai pun akan sesuai dengan yang diharapkan. 

Jadi bagi para Sahabat yang masih baru dalam pekerjaan konstruksi, lakukan dengan baik pekerjaan Anda yang masih sederhana. Apabila dalam proyek kecil Anda sukses dan minim kesalahan, kemungkinan besar Anda akan dipercaya untuk mendapatkan proyek yang lebih besar. 





Kurangi kesalahan bekerja dengan meningkatkan keterampilan dan menjaga komunikasi yang baik.

 

 

4. Siapkan Perkakas Kerja Sesuai Tugas Pokok Anda

Sebagai tukang bangunan yang handal, Anda wajib memiliki perkakas kerja sesuai dengan tugas pokok. Misalnya meteran, bor, gergaji tangan, palu, sendok semen, roskam, dan sebagainya. Ini penting untuk dipersiapkan. 

Sebab, klien lebih menyukai tukang bangunan yang membawa perkakas kerja sendiri. Jadi, mereka tidak terbebani biaya tambahan atas kebutuhan segala perkakas dalam menyelesaikan proyek. 

Pastikan perkakas dalam kondisi baik, dan sudah disiapkan sehari sebelumnya ya. 



Persiapkan perkakas Anda sendiri

 

5. Selalu Menjaga Kesehatan Diri

Berprofesi sebagai tukang bangunan membuat Anda harus pandai menjaga stamina tubuh. Pekerjaan sebagai tukang bangunan membutuhkan energi dan stamina yang baik, karena bisa dikatakan termasuk pekerjaan fisik yang berat.

Maka upayakan jangan sampai jatuh sakit karena kurang beristirahat dan tidak memperhatikan kesehatan diri.

Tips sederhananya : 

  • Makanlah secara teratur dengan nilai gizi yang seimbang, yakni : cukup karbohidrat, rendah lemak jenuh, cukup minum air putih, rutin makan sayur dan buah. 
  • Jika memungkinkan, di akhir pekan sempatkan berolahraga ringan, mungkin ditemani anak dan istri agar lebih semangat ya. 
  • Hindari begadang terutama jika besoknya Anda masih harus bekerja. 

Dengan pola hidup sehat dan teratur ini, maka tubuh Anda akan lebih fit.  Pekerjaan pun dapat  selesai tepat waktu karena Anda tidak harus izin libur karena sakit.

Biasakan pola hidup sehat dan teratur untuk menjaga performa fisik dan mental yang prima

 

Nah, itulah tadi beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk menjadi tukang bangunan yang handal dan bisa dipercaya. Ada kata pepatah “kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil”. Apapun yang terjadi, harus tetap semangat dan berpikir positif ya.   Semoga berhasil. 

 

Konsultasi Jago Bangunan

Butuh informasi lain terkait tips pekerjaan konstruksi bangunan? Baca artikel lain yang sesuai kebutuhan bangunan Anda di website JagoBangunan  atau hubungi kami melalui tulis Pesan di Facebook Jago Bangunan