Masuk

Tips

Beranda / Tips
Cek Kesehatan Tubuh Anda dengan Melihat 4 Tanda dari Kondisi Mata Ini
Kesehatan | 11 Jan 2018

Oleh: Dhafintya Noorca

Bila ada sesuatu yang tidak beres, tubuh akan segera mengirim sinyal-sinyal yang bisa dilihat kasat mata. Termasuk pada indra penglihatan yaitu mata. Bukan hanya masalah penglihatan, tapi juga gejala penyakit gawat lainnya seperti katarak hingga diabetes. Tentu #SahabatJagoBangunan tak mau aktivitas kerja terhambat, kan? Maka dari itu, ayo cek apakah tanda-tanda ini ada di mata Anda. Bila ada, segera periksakan, ya, Sahabat.

1. Bintik-bintik kuning

 (Sumber: disini)

Terkadang pada beberapa orang kerap mengabaikan kondisi mata, seperti mata yang berwarna atau berbintik kuning. Padahal itu bisa menandakan adanya retinopati diabetes, yaitu salah satu bentuk komplikasi diabetes melitus. Kondisi ini menunjukkan bahwa kadar gula yang tinggi pada tubuh mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah retina mata dan memengaruhi sirkulasi darah di mata.

Baca Juga: Tanpa Disangka, Kebiasaan Buruk Ini Buat Kolestrol Kerasan dalam Tubuh

2. Mata berkabut atau berawan


 (Sumber: disini)

Sahabat Jago Bangunan ada yang merasa matanya seperti diselimuti kabut atau berawan? Jika merasakan mata yang seperti itu bisa jadi itu adalah gejala dari katarak. Katarak tak hanya menyerang orang di usia senja, namun juga orang-orang yang masih berada di usia yang masuk kategori muda. Gejala lain dari katarak adalah lebih sensitif pada cahaya, cahaya redup membuat tidak nyaman, warna lensa mata berubah, dan penglihatan ganda.

3. Mata terlihat mengantuk


 (Sumber: disini) 

Kondisi ini biasa terlihat dari kelopak mata yang layu atau sayu. Biasanya ini disebabkan oleh otot mata belakang yang lemah. Namun lebih serius, bisa jadi menandakan risiko terkena stroke dan kanker. Atau bisa jadi memiliki penyakit autoimun, yaitu myasthenia gravis di mana ini adalah penyakit autoimun kronis dari transmisi neuromuskular yang menghasilkan kelemahan otot.

4. Urat mata memerah

 (Sumber: disini)

Bila mata dikucek biasanya menjadi memerah, ini disebabkan oleh melebarnya struktur pembuluh darah yang berada di konjungtiva, selaput lendir, atau selaput mukosa. Tetapi jika tidak dikucek tetap memerah, itu bisa jadi menandakan adanya masalah besar dengan sistem peredaran darah. Bahkan bisa memungkinkan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung.

Cara lain untuk mendeteksi kesehatan mata adalah dengan melakukan tes penglihatan, yang bisa Sahabat lakukan sendiri di rumah, atau dengan bantuan alat dan petugas medis. Sebetulnya mata manusia normal dapat melihat secara tajam penglihatan kurang dari tiga per 60. Artinya, bila Sahabat berdiri di jarak tiga meter mintalah seseorang untuk tes menghitung jari.

Minta ia untuk mengangkat jari tangan, dan Anda harus menyebutkan berapa jari yang ia angkat. Bisa 1, 2, atau 5, bahkan lebih. Lakukan minimal empat kali. Kalau Sahabat tidak bisa menyebutkannya, berarti ada masalah pada penglihatan. Atau bila Sahabat bisa menyebutkan tapi sulit karena tidak jelas, itu juga pertanda ada sesuatu yang tak beres di mata.

Baca Juga: Benda Asing Mengenai Mata Anda? Lakukan 6 Cara Aman Ini Untuk Mengeluarkannya

Pada anak-anak atau orang dewasa gangguan ini terjadi karena rabun jauh (miopi). Gangguan ini bisa diatasi dengan memakai kacamata atau operasi lasik. Pada orang yang berumur, umumnya menderita katarak dan solusinya adalah harus dioperasi.

Cara lain untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menjaganya sebaik mungkin. Konsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin A. Rutin memeriksa kondisi mata juga harus dilakukan ya Sahabat. Dan yang paling penting, jangan berlama-lama berada di depan layar handphone karena banyak masalah penglihatan yang berawal dari gadget.

Jika #SahabatJagoBangunan ingin mendapatkan informasi lebih banyak atau berdiskusi seputar arsitektur, sipil dan pertukangan, silakan kunjungi website kami atau hubungi call center bebas pulsa di nomor 0800-188-5656. Sampai bertemu pada artikel-artikel #PakJago yang lain.

Editor: Damae Wardani