Masuk

Tips

Beranda / Tips
Cara Mudah Menghitung RAB
Konstruksi Sipil | 19 Nov 2020

Cara Mudah Menghitung RAB

 

Anggaran untuk membangun rumah, kios, maupun bangunan lain, harus dihitung dengan baik agar bisa mencegah keluarnya biaya berlebihan. Oleh karena itu, Anda perlu untuk membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan terperinci. Melalui artikel ini, Jago Bangunan akan membahas bagaimana tahapan menyusun RAB dengan baik.

 

Mempersiapkan Gambar Kerja

Gambar kerja berfungsi sebagai rujukan dalam membuat RAB yang terperinci. Melalui gambar kerja, Anda bisa lebih mudah menentukan ukuran bahan bangunan, spesifikasi bahan bangunan, hingga jenis pekerjaan. Bahkan, gambar kerja juga dapat digunakan sebagai rujukan untuk mempersiapkan pengajuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), membuat surat perjanjian kontrak kerja, hingga menentukan item jenis pekerjaan yang nantinya perlu dilakukan dalam proses pembangunan.

 

Menghitung Volume Pekerjaan

Cara untuk menghitung volume pekerjaan cukup sederhana. Anda hanya perlu menentukan satuan volume pekerjaan, yakni dalam satuan m², m³, atau per unit, sesuai jenis pekerjaan masing-masing. Kemudian volume tersebut dapat dikalikan dengan harga satuan pekerjaan yang hasilnya adalah jumlah biaya pekerjaan.

 

Anda akan lebih mudah memahami cara menghitungnya melalui contoh pekerjaan sebagai berikut :

 

  • Sebuah rumah menggunakan batu kali sebagai pondasinya. Maka volume pekerjaan untuk pondasi batu kali tersebut dipaparkan sebagai berikut :

 

        Diketahui luas lahan 4 m x 8 m

        Maka, keliling lahan 4 + 4 + 8 + 8 = 24 m

        Dicari volume batu kali dari pondasi berbentuk trapesium

        = (luas atas + luas bawah) / 2 ) x tinggi

        = ( 0,3 + 0,6 ) / 2 ) x 0.8

        = ( 0,9 / 2 ) x 0,8

        = 0,45 x 0,8

        = 0,36 m³

 

       Jumlah volume batu kali adalah :

      = keliling lahan x volume pondasi

      = 24 x 0.36

      = 8,64 m³

     Jadi, volume pekerjaan pondasi batu kali rumah tersebut adalah 8,64 m³

 

Menentukan dan Membuat Harga Satuan Pekerjaan

Harga satuan pekerjaan adalah total jumlah harga bahan dan upah tenaga kerja berdasarkan perhitungan analisis.

 

Untuk harga bahan, sebaiknya Anda melakukan riset pasar di lokasi pekerjaan sehingga harga bahan bisa seakurat mungkin dengan kondisi sebenarnya. Harga bahan-bahan tersebut kemudian dikumpulkan dalam satu daftar, yakni Daftar Harga Satuan Bahan.

 

Hal yang sama dapat Anda lakukan dalam mencari upah tenaga kerja, yakni dengan melakukan riset di lokasi pembangunan terdekat di sekitar Anda. Upah-upah tersebut kemudian dicatat dalam satu daftar, yakni Daftar Harga Satuan Upah.

 

Setelah mendapatkan rincian tersebut, barulah Anda dapat menghitung harga satuan pekerjaan.

 

Harga Satuan Pekerjaan = Harga Bahan + Upah Tenaga Kerja.

 

Perlu diingat, harga bahan dan upah pekerja berbeda-beda menyesuaikan daerah masing-masing. Oleh karena itu, Anda sebaiknya melakukan riset pasar sendiri sehingga perhitungan Harga Satuan Pekerjaan benar-benar akurat.

 

Menghitung Jumlah Biaya Pekerjaan

 

Contoh untuk menghitung pembuatan pondasi batu kali.

 

Harga Satuan Pekerjaan per m³        = Rp. 300.000,-

Volume Pekerjaan                            = 10 m³

 

Jumlah Biaya Pekerjaan                =  Volume Pekerjaan x Harga Satuan Pekerjaan

                                                      = 10 m³ x Rp. 300.000,-

                                                      = Rp. 3.000.000,-

 

Rekapitulasi

Setelah menghitung Volume Pekerjaan dan Harga Satuan Pekerjaan, Anda perlu melakukan Rekapitulasi dengan menjumlah total masing-masing rincian pekerjaan yang ada. Misalnya saja pekerjaan persiapan, pekerjaan beton, dan pekerjaan pondasi.

 

Setelah menjumlah masing-masing rincian pekerjaan, Anda perlu menjumlah semua rincian tersebut sehingga diketahui Total Anggaran Pembangunan yang dibutuhkan.

 

Konsultasi Jago Bangunan

Demikian tahapan untuk menyusun RAB. Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai RAB atau hal seputar konstruksi lainnya, silahkan menghubungi kami melalui menu Konsultasi website Jago Bangunan maupun Facebook Jago Bangunan.