Masuk

Tips

Beranda / Tips
Cara Mudah Atasi Bocor di Pertemuan Atap-Dinding Menggunakan Plester Waterproof
Konstruksi Sipil | 10 Feb 2021

Cara Mudah Atasi Bocor di Pertemuan Atap-Dinding Menggunakan Plester Waterproof

 

Kebocoran menjadi masalah yang sering dikhawatirkan di musim hujan. Kebocoran dapat terjadi karena berbagai hal. Bisa karena genteng yang retak atau genteng geser. Bahkan, genteng yang nampaknya baik-baik saja, bisa menjadi penyebab kebocoran

 

Sumber kebocoran yang sering dijumpai ada pada pertemuan atap dan dinding. Untuk kebocoran jenis ini, air tidak jatuh layaknya hujan turun, melainkan merembes pada dinding. Rembesan air ini dapat mengganggu kualitas furnitur rumah yang menempel pada dinding. Bahkan jika hujan deras, rembesan ini dapat menyebabkan genangan dalam rumah!

 

Jika rumah, kantor, ruko, atau bangunan Anda bocor pada pertemuan atap dan dinding, Anda bisa memperbaikinya dengan memasang plester waterproof membrane. Berikut langkah-langkah pemasangannya.

 

1.Ukur Tinggi Pemasangan Plester

Sebelum memasang plester, buatlah garis lurus dengan pensil di dinding. Tinggi garis dari permukaan atap setidaknya 10 hingga 12 cm. Jangan lupa untuk membersihkan permukaan dinding terlebih dahulu agar plester dapat melekat sempurna.

 

2.Pasang Plester Waterproof Membrane

Letakkan plester pada pertemuan atap-dinding dengan menekuk plester sesuai ukuran tinggi yang telah dibuat sebelumnya. Setelah itu, lepas plastik pelindung perekat pada bagian belakang plester waterproof. Secara perlahan, rekatkan plester ke dinding sambil menepuk-nepuk permukaan plester agar dapat merekat sempurna. Ulangi langkah ini hingga seluruh plester menempel ke permukaan dinding.

Setelah menempel di permukaan dinding, Anda perlu membuka lapisan pelindung perekat untuk bagian atap. Namun sebelum merekatkan, Anda perlu memukuli plester waterproof menggunakan palu agar bentuk plester mengikuti bentuk lekukan genteng. Hal ini diperlukan karena plester waterproof memiliki lapisan aluminium tipis di dalamnya. Plester waterproof perlu dipasang mengikuti bentuk lekukan genteng agar mendapatkan hasil terbaik. Setelah itu, lepaskan lapisan pelindung perekat plester waterproof lalu rekatkan plester sambil menepuk-nepuk permukaannya agar dapat merekat sempurna.

Jika panjang plester ternyata belum menutupi panjang permukaan dinding bocor yang ingin Anda tutup, pastikan untuk memasang plester waterproof dengan jarak overlapping 7 hingga 10 cm. Dengan kata lain, plester waterproof perlu direkatkan di atas plester waterproof yang telah tertempel sepanjang 7 hingga 10 cm.

 

3.Kuatkan dengan Besi Tempel

Mengandalkan perekat dari plester waterproof saja mungkin tidak cukup. Agar plester waterproof tahan lama, rekatkan lagi menggunakan besi tempel. Gunakan bor untuk melubangi dinding. Lalu, pasang wall plug pada tiap lubang. Jarak lubang pada dinding hendaknya disesuaikan dengan jarak lubang yang ada pada besi. Setelah wall plug terpasang, tempelkan besi sesuai posisi lubang, kemudian baut satu persatu. 

 

4.Tutup Pertemuan Permukaan Besi dengan Dinding Menggunakan Sealent

Untuk menambahkan perlindungan ekstra, tutup permukaan antara besi dengan dinding menggunakan sealent awning. Agar terlihat rapi, gunakan silikon dengan warna yang sama dengan warna besi.  

 

5. Tutup dengan Cat Waterproof

Langkah terakhir ini merupakan opsional. Dengan mengecat permukaan plester dan besi yang telah terpasang, Anda dapat mempercantik tampilan atap. Selain itu, dengan menggunakan cat waterproof, Anda memberikan perlindungan ekstra untuk atap Anda dari kebocoran.

Sebelum melakukan pengecatan, pastikan permukaan plester dan dinding bersih. Jika Anda mengecat saat musim hujan, sebaiknya pilih cat waterproof yang cepat kering. Pasalnya, jika cat belum kering sempurna tapi hujan turun, cat akan mengelupas dan tidak dapat melindungi atap Anda dengan baik

 

Konsultasi Jago Bangunan

Mencegah kebocoran pada pertemuan dinding dan atap tidak cukup menggunakan cat waterproof saja. Anda lebih baik menggunakan plester waterproof membrane sebelum menggunakan cat waterproof. Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai kebocoran bangunan atau hal seputar konstruksi lainnya, silahkan langsung menghubungi kami melalui website Jago Bangunan dan Facebook Jago Bangunan.