Masuk

Tips

Beranda / Tips
Bulan Sabit Pada Kuku Anda Hilang? Sebaiknya Waspadai Hal Berikut Ini
Kesehatan | 03 Apr 2018

Oleh: Redaksi

Pakar kesehatan di Tiongkok menyatakan semua jari kuku harus memiliki tanda bulan sabit (pengecualian untuk jari manis boleh ada, boleh tidak). Bulan sabit yang dalam bahasa medisnya disebut Lunula ini bisa menjadi tolok ukur kesehatan Anda. Wah, bagaimana ya? Simak penjelasan berikut:

1. Orang yang tak memiliki sabit pada kukunya bisa dikatakan kesehatannya sedang bermasalah!

arbamedia.com

Mayoritas orang tak peduli pada tanda bulan sabit yang ada pada kuku mereka. Namun ternyata bulan sabit tersebut tidak bisa diremehkan begitu saja. Idealnya, bulan sabit yang sehat adalah yang berwarna merah muda transparan karena pembuluh darah di bawahnya berbayang.

2. Apakah sabit bisa hilang dan muncul kembali?

acapoenya.blogspot.com

Orang yang sehat memiliki sabit hingga 1/5 bagian kukunya. Biasanya sabit ini akan hilang jika kita mengalami sakit dan akan muncul kembali jika orang tersebut sudah sehat. Begadang juga mengakibatkan sabit menghilang dan sulit kembali. Jadi, waspadalah bagi Anda yang sering begadang!

Baca Juga: Jangan Remehkan, 5 Kesalahan Mandi Ini Biasa Dilakukan Tanpa Sadar

3. Beberapa penyakit bisa dideteksi melalui tanda bulan sabit di kuku

alodokter.com

Banyak yang tidak mengetahui bahwa penyakit tertentu bisa dideteksi melalui bulan sabit yang ada pada kuku mereka. Penyakit anemia, ditandai dengan tak adanya bulan sabit pada ibu jari. Diabetes Melitus bisa dilihat dari tanda sabit yang berwarna biru pucat. Sedangkan sabit yang berwarna terlalu merah bisa menunjukkan seseorang terindikasi penyakit kardiovaskular, penyakit pembuluh darah kolagen dan kanker darah.

4. Apa yang harus dilakukan agar tanda bulan sabit kembali?

health.liputan6.com

Jika bulan sabit pada kuku Anda menghilang, yang harus dilakukan adalah memperbanyak konsumsi protein dan makanan yang berwarna gelap seperti jamur hyuk dan beras merah.

Karena kesibukan sebagai pekerja konstruksi, kesehatan kuku sering dilupakan. Padahal kuku menjadi indikator penting kondisi tubuh. Karena itu, tetap jaga kesehatan dengan berolahraga secara teratur agar kesehatan Anda tetap kokoh dan tak tertandingi, ya!

Baca Juga: 4 Tips Cek Ketahanan Rumah, Penting Dilakukan Saat Musim Hujan