Masuk

Tips

Beranda / Tips
Bukan Cuma Hasilnya Jelek, Salah Teknik Pasang Wallpaper Justru Merusak Dinding
Konstruksi Sipil | 27 Jul 2017

Oleh: Dwi Klarasari

Kertas dinding atau yang lebih populer sebagai wallpaper adalah salah satu jenis pelapis dinding yang paling disukai. Selain fleksibel, wallpaper juga memiliki banyak pilihan motif serta warna yang dapat disesuaikan dengan gaya interior rumah. 

Boleh dibilang pemasangan wallpaper relatif mudah dan cepat. Namun diperlukan ketelitian dengan mengikuti tahapan yang benar, sehingga akan dihasilkan dinding wallpaper yang rata, rapi, dan benar-benar menunjang keindahan interior.

#SahabatJagoBangunan, sebelum melakukan pemasangan wallpaper, mari kita pelajari apa saja bahan dan perkakas yang diperlukan serta tahap-tahap pemasangan yang benar. #PakJago akan membaginya untuk Anda.

Gambar 1. Wallpaper (sumber: Jadhmes.com)

Bahan dan Perkakas Wallpaper

Selain wallpaper yang telah dipilih sesuai dengan selera penghuni, diperlukan juga bahan perekat (lem) yang diproduksi khusus untuk wallpaper. Anda juga akan memerlukan air bersih untuk membuat pasta lem dengan kekentalan yang pas.

Lem harus dipilih sesuai dengan bahan wallpaper—kertas, vynil, atau fabrik. Siapkan pula ampelas untuk membersihkan dinding dan air bersih untuk membuat lem dan membasahi spons pembersih.

Berikut daftar perkakas utama dan tambahan yang Anda perlukan:

- Alat pembersih dinding: kape atau scraper, kemoceng, dan sapu

- Alat ukur dan penanda: meteran, pensil, penggaris, waterpass atau unting-unting

- Alat potong: cutter atau gunting tajam dan penggaris khusus untuk wallpaper

- Ember dan 2 buah nampan atau bak untuk wadah adonan lem

- Spons untuk menyerap kelebihan lem dan menghilangkan gelembung

- Kuas cat biasa dan roller

- Alat perata wallpaper atau penggaris akrilik

- Alas berupa plastik atau koran.

- Meja kerja, tangga, dan bangku, jika perlu.

Pemasangan Wallpaper

#SahabatJagoBangunan, ruangan yang akan dipasang wallpaper sebaiknya dikosongkan agar Anda dapat bekerja dengan lebih leluasa. Permukaan dinding juga harus bersih. Untuk pemasangan wallpaper pada dinding lama, Anda harus lebih dahulu melepas segala jenis dekorasi—lukisan, bingkai foto, kalender, jam dinding, dsb. Juga memastikan dinding tidak berlubang retak, cat tidak terkelupas, tidak berjamur, juga tidak terdapat rembesan atau lembap.

Selain harus mengikuti petunjuk khusus yang terdapat pada tiap-tiap produk wallpaper, secara garis besar tahap-tahap pemasangan wallpaper adalah sebagai berikut.

  1. Bersihkan permukaan dinding dari kotoran dan debu. Jika pemotongan wallpaper akan dilakukan setelah tertempel pada pada dinding, tandai lebar dinding sesuai lebar wallpaper, gunakan pensil untuk menandai posisi pemasangan wallpaper.

Gunakan unting-unting atau waterpass untuk mendapatkan garis tegak lurus. Lakukan pengulangan ukuran sebanyak yang diperlukan.  

Gambar 2. Mengukur dan menandai titik pemasangan wallpaper pada dinding. (Sumber foto: bunnings.com.au)

  1. Jika Anda akan memotong wallpaperb sebelum menempelkannya, ukur dan potonglah gulungan wallpaper sesuai ukuran dinding yang akan dilapisi; pada bagian sambungan berikan kelebihan sekitar 1-2 cm.

Jika Anda sekaligus memotong untuk beberapa bidang berbeda, tandai dengan nomor pada bagian belakangnya. Perhatikan kesesuaian motif pada bagian sambungan saat melakukan pemotongan lembaran kedua dan seterusnya.

Gambar 3. Mengukur dan memotong wallpaper sesuai ukuran dinding.(Sumber foto: vdm.bricocdn.be)

  1. Siapkan pasta lem dalam 2 buah nampan atau bak —satu untuk lem seluruh permukaan, dan satu lagi untuk lem pada bagian tepi dan sambungan. Lem untuk bagian tepi dan sambungan harus dibuat lebih kental daripada lem untuk keseluruhan permukaan.  

 Gambar 4. Pencampuran serbuk lem dengan air secukupnya untuk membuat pasta lem.(Sumber foto: www.bunnings.com.au)

  1. Sapukan lem secara merata pada bidang yang telah ditandai dengan bantuan kuas cat dan roller. Pada bagian tepi gunakan lem yang lebih kental.

Gambar 5. Menyapukan lem ke permukaan dinding yang akan dilapisi wallpaper.(Sumber foto: www.bunnings.com.au).

  1. Tempelkan wallpaper secara perlahan dengan memperhatikan tanda yang telah dibuat. Potong sisa wallpaper dengan hati-hati menggunakan cutter.

 Gambar 6. Penempelan wallpaper ke dinding dan pemotongankelebihannya dengan cutter.(Sumber foto: www.bunnings.com.au).

  1. Ratakan atau haluskan wallpaper dengan dengan bantuan alat khusus perata wallpaper atau penggaris akrilik. Gunakan juga spons untuk membersihkan dan menyerap sisa-sisa lem sekaligus menghilangkan gelembung.

Gambar 7. Meratakan wallpaper yang telah ditempel dengan perata wallpaper.(Sumber foto: www.bunnings.com.au). 

  1. Ulangi tahap-tahap penyapuan lem dan penempelan sampai seluruh wallpaper terpasang pada dinding. Setelah wallpaper terpasang pada seluruh permukaan dinding, lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kerataan dan kerapiannya.

Potong bagian yang kurang rapi, tekan-tekan bagian yang belum menempel, tambahkan lem pada bagian yang kurang melekat, bersihkan sisa-sisa lem dengan spons basah, dan pastikan tidak ada kotoran lain yang menempel.

Nah #SahabatJagoBangunan, selain mengetahui perlengkapan yang diperlukan, #PakJago juga sudah menjelasakan cara pemasangan wallpaper yang benar agar hasilnya indah dan rapi. Selamat berkarya, ya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan diskusi seputar arsitek, sipil dan pertukangan Anda bisa berkonsultasi melalui website maupun call center – Bebas Pulsa di nomor 0800-188-5656. Ikuti dan simak terus artikel #PakJago berikutnya.