Masuk

Tips

Beranda / Tips
Beri Kesan Ruangan Modern dan Mewah Dengan Lantai dan Dinding Batu Granit
Desain Bangunan | 05 Mar 2019

Oleh: Hildatun Najah

Granit merupakan batuan beku yang berasal dari magma yang membeku. Batu ini mengandung setidaknya 20% kuarsa dan feldspar alkali hingga 65%. Granit juga memiliki kuat tekanan diatas 200 Mpa, sehingga sering kali dimanfaatkan sebagai bahan dasar konstruksi bangunan. Teksturnya yang anti slip juga membuat batu granit digunakan secara turun temurun untuk pembangunan gedung, jembatan, monumen, dan bangunan lainnya.

Selain aspek ketahanan, granit juga dapat dimanfaatkan dalam interior bangunan. Warnanya yang beragam dapat memperindah sekaligus memberikan kesan mewah pada ruangan. Bagaimana pemanfaatan batu granit sebagai bagian dari interior rumah? Berikut ulasannya.

Lantai Granit

Sumber gambar: di sini.

Baca Juga: Selain Tipe dan Desain, Ini 3 Faktor Penentu Berapa Biaya Membangun Rumah

Penggunaan lantai granit banyak dipilih karena dapat memberikan kesan mewah dan elegan pada ruangan. Terutama hunian dengan desain minimalis yang akan terlihat berkelas dan lebih luas dengan sentuhan granit pada lantainya. Tekstur lantai granit yang halus dan mengkilat membuat kesan ruangan menjadi lebih glamor.

Lantai granit juga memiliki sambungan nat yang tipis, bahkan terlihat seperti tanpa sambungan. Hal ini dapat membuat kesan ruangan yang lebih luas dan sempurna. Selain itu, lantai granit bersifat anti slip dan kedap udara sehingga tidak licin dan tidak mudah rusak saat terkena air. Jenis batuan ini juga tidak mudah retak dan rapuh. Batu granit dapat bertahan setidaknya 10 tahun sejak pemasangan pertama. Meski begitu, pemasangan lantai granit cenderung lebih rumit dan sulit, sehingga dibutuhkan tukang khusus untuk memasangnya.

Dinding Granit

Sumber gambar: di sini.

Baca Juga: Selain Anti Rayap, Ini 3 Kelebihan Atap Galvalum yang Bisa Menggantikan Rangka Atap Kayu

Selain dimanfaatkan untuk lantai, batu granit juga dapat digunakan sebagai pelapis dinding ruangan. Batu granit juga dapat menyerap suhu udara yang panas dan membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Selain itu, granit juga tahan terhadap goresan dan noda. Noda yang menempel pada dinding granit juga lebih mudah dibersihkan.

Warna batu granit yang beragam dapat meningkatkan kesan estetik dan artistik pada ruangan. Bagian dinding menjadi lebih indah dengan corak unik dari batu granit. Berpadu dengan berbagai perabotan rumah dan membuat konsep ruangan menjadi lebih sempurna. Misalnya perpaduan warna gelap batu granit sangat cocok dengan peralatan masak berbahan stainless steel yang tidak hanya memberikan kesan mewah, tapi juga modern.

Perawatan batu granit

Sumber gambar: di sini.

Baca Juga: Inilah Cara Cepat Menghitung Biaya Pembuatan Rangka Plafon

Sifat batuan yang tahan terhadap air, cuaca, bahkan jamur, membuat interior batu granit lebih awet. Meski begitu, untuk memperpanjang keawetan batu granit, diperlukan perawatan khusus. Untuk membersihkan lantai ataupun dinding batu granit, tidak perlu menggunakan air. Cukup dengan lap yang lembab (bukan basah), dan segera dikeringkan dengan lap kering.

Beberapa minggu sekali, gunakan cairan pembersih khusus batu granit agar tidak ada noda yang menjadi kerak. Usahakan hindari dinding atau lantai granit dari cairan asam seperti air perasan jeruk atau lemon. Alasi bagian ujung furniture agar tidak menggores dan mengurangi keindahan lantai serta dinding granit.

=====
Mau konsultasi gatis seputar konstruksi, desain bangunan, atau RAB? #TanyaPakJago saja.

Pak Jago nantikan konsultasi Anda melalui call center 0800 108 8888 (bebas pulsa), kotak pesan di Fanpage Jago Bangunan, atau menu konsultasi di website jagobangunan.com.
=====

Editor: Damae Wardani