Masuk

Tips

Beranda / Tips
Berbahaya, Ini 5 Kebiasaan Penyebab Kolesterol Menumpuk dalam Tubuh
Kesehatan | 04 Jun 2018

Oleh: Tya Achni

Bukan hanya dari makanan, ternyata kolesterol makin betah bersarang dalam tubuh bila kita terus-terusan melakukan kebiasaan buruk ini! Agar 2018 Anda lebih baik dari tahun lalu, sebaiknya mulai kontrol kebiasaan sehari-hari. Sebab jika tidak, kondisi kesehatan Anda tidak akan meningkat tahun ini. 

1. Tidak pernah melakukan pemeriksaan rutin

pxhere.com

Jangan terbuai, usia muda bukan berarti tidak ada potensi kolesterol tinggi dalam tubuh. Pemeriksaan rutin atau Medical Check Up (MCU) perlu dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya potensi penyakit-penyakit jahat. Dengan mengetahui kondisi tubuh, Anda bisa mengupayakan pengobatan dan perubahan gaya hidup.

2. Terus makan tanpa melihat nilai gizi

pxhere.com

Bisa jadi Anda memang menghindari gorengan dan makanan berlemak lainnya. Tapi secara sembarangan Anda mengonsumsi makanan yang nengandung lemak jenuh tinggi. Sebelum membeli makanan, periksa terlebih dahulu nilai gizinya.

Baca Juga: Mengenal 2 Jenis Mutu Beton, Material Umum dengan Beragam Fungsi

3. Berat badan tidak ideal

wikimedia.org

Tubuh memiliki dua kolesterol yang saling bertolak belakang, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Jika indeks massa tubuh Anda lebih dari 30, tandanya kolesterol jahat di badan tinggi. kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Jaga berat badan tetap ideal, jangan terlalu kurus atau gemuk.

4. Kurang olahraga

pxhere.com

Bila badan jarang diajak bergerak, maka tidak ada lemak jahat yang terbakar. Orang yang kurang, atau sama sekali tidak olahraga, tubuhnya tidak akan sebugar mereka yang rutin berolahraga.

5. Terus memelihara kebiasaan buruk

pexels.com

Kebiasaan buruk yang dimaksud adalah merokok. Tetap memelihara kebiasaan buruk ini tak akan membawa manfaat sedikit pun untuk tubuh. Jika Anda masih memiliki kebiasaan merokok, hal ini bisa memengaruhi kolesterol di dalam tubuh. Rokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, ini berarti kadar kolesterol jahat (LDL) dapat dengan mudah meningkat.

Baca Juga: Mengenal Micin. Penyedap Rasa yang Disebut Bikin Daya Berpikir Menurun